Sunday, December 3, 2006

Petualangan irma

Irma udah mulai lelap tidur waktu masuk sms dari Danang Mr. DJ.  ‘Ma aq br baca pm km di mp. Bsk km ama taruna jd ikut ke dufan ? Qt ketemu di aw st kota jam 10 yach,’ gitu bunyi sms nya.  ‘Ok, sampai ketemu besok ya,’ balas irma.  Mudah-mudahan nggak salah nulis abisnya irma pencet-pencet keypad dengan mata setengah merem.  Danang neeeh, iseng banget kirim-kirim sms lewat jam sebelas malam.  Kan baru dimulai mimpinya.  Mimpi dibonceng vespa ama mas taruna.


 


‘Seep kl gt, ini nmr DJ simpen yach ! :p’ masuk lagi sms nya Danang.  Lha, jadi kalau irma nggak ikutan berarti nomor telpon irma bakalan dihapus gitu ?  Hi ih, Danang nyebelin !  Tapi irma balas aja, ‘Ya, simpen baek-baek ya, sapa tau ntar dapet doorprize.’  Irma lalu telpon Wahyudi buat kasih tau janjian ama Danang cs.  Tapi telpon nggak dijawab-jawab.  Akhirnya irma nyerah dan lanjut tidur.  Tapi mimpinya nggak bisa dilanjutin.  Hiks L 


 


Besok paginya irma telpon lagi.  Wahyudi yang juga baru bangun (katanya) langsung siapin peralatan tempur.  Maksudnya kamera dan teman-temannya, gitu.  Bawain batere buat kamera Di yang Coolpix 5700 itu ya.  Minggu lalu kameranya berhasil dibetulin Nikon Service Center.  Tapi charger dan batere nya masih ama Wahyudi.  Oh iya, bawain memory card juga.


 


Janjian sama Wahyudi langsung ketemu di Stasiun Kota.  Yang praktis aja deh.  Kan dari Bekasi Wahyudi bisa naik kereta Bekasi Express yang ke Kota.  Irma nanti naik KRL dari Stasiun Pasar Minggu.  Beres kan.  Cepat lagi.  Daripada Wahyudi harus ke Pejaten dulu jemput irma di tempat kost.


 


Menjelang jam sembilan irma udah di Stasiun Pasar Minggu.  Tring !  Masuk sms dari Wahyudi.  ‘Udah di stasiun bekasi. Dari sini naik kereta AC langsung menuju kota. Lima menit lagi berangkat,’ gitu bunyi pesannya.  Belum sempat irma balas, dari speaker terdengar pengumuman bahwa di jalur tiga akan segera masuk KRL tujuan Jakarta.  Jadi irma siap-siap mau naik kereta.


 


Keretanya datang.  Warna oranye alias jingga.  Tumben, keretanya nggak terlalu rame.  Begitu naik irma langsung dapat tempat duduk.  Asik, asik.  Irma lalu sms Wahyudi kasih tau irma udah di KRL.  Waktu lagi nulis gitu kereta baruuu aja lewat Stasiun Kalibata.


 


Di Stasiun Manggarai kereta berhenti agak lama.  Penumpang banyak yang turun.  Makin sepi aja keretanya.  Irma lalu pindah duduk ke sebelah pintu.  Biar bisa pemandangan keluar, biarpun pemandangannya cuma gedung perkantoran dan rumah aja.


 


Kereta jalan lagi.  Nggak berapa lama mbak-mbak penumpang di sebelah irma nanya, ‘Mbak, ini keretanya bukan yang ke Cikini ya ?!’  Haa ??  irma baru sadar keretanya masih di atas permukaan tanah.  Seharusnya setelah Stasiun Manggarai kan dia mulai nanjak dan akhirnya jalan di atas rel semacam jalan layang.


 


Wadugh !  Ternyata ini kereta menuju Tanah Abang !  Di Stasiun Sudirman waktu kereta berhenti terdengar pemberitahuan kalau kereta ini nanti akhirnya akan berhenti di Muara Angke.  Muara Angke !  Doooh, nanti dari sana ke Kota pake apa ?  Padahal tadi dengan pedenya irma bilang ke mbak-mbak yang mo ke Cikini itu, ‘Mbak, keretanya sampe Kota kok. Mbak ikut aja ke Kota, nanti dari sana naik kereta yang ke Bogor trus turun di Cikini.’


 


Boro-boro nyampe Kota, sekarang irma malah nggak tau nanti dari Muara Angke gimana caranya irma bisa sampe ke Kota.  irma bengong di bangku kereta duduk sendirian.  Di Stasiun Sudirman lebih banyak lagi penumpang yang turun.  Termasuk mbak-mbak yang mo ke Cikini itu. 


 


Lewat Stasiun Karet.  Abis gitu di kejauhan di sebelah kanan arah kereta menuju irma lihat  ada bangunan besar bentuk kubus dengan ornamen dan lengkungan persia.  Warnanya kuning hijau.  Cantik sekali.  Belakangan baru irma tau itu mesjid Tanah Abang.  Irma terkagum-kagum lihat bangunan itu sampai kereta berhenti di Stasiun Tanah Abang.


 


Hampir semua penumpang turun.  Di gerbong yang irma tumpangi cuma tinggal beberapa orang aja.  ‘Sampe Angke ! Sampe Angke !’ seru seorang pengasong yang naik ke dalam gerbong.  Irma ragu-ragu.  Lanjut ikut kereta, atau turun ?  Kalau lanjut sampai Muara Angke, dari sana mendingan nggak usah ke Kota.  Langsung aja ke Ancol.  Naik getek.


 


Akhirnya irma putuskan untuk turun.  Tepat saat kaki irma menapak ke bordes kereta bergerak pergi.  Uff, pas bener.  Irma mengikuti penumpang lain mendaki tangga trus keluar stasiun.  Di atas tangga yang menuju jalan depan stasiun irma telpon Wahyudi.


 


‘Hei gimana, kok bisa ke Tanah Abang ?’ tanya Wahyudi.  Nggak tau, tadi di Pasar Minggu nggak dibilang kereta itu ke sana.  Sekarang irma udah di situ.  Nggak usah dipikirin deh kok bisaa irma nyasar sampe ke Tanah Abang.  Mending dipikir gimana caranya biar irma bisa ke Kota.  Pake taksi ?  Itu sih sama aja bo’ong.  Mau ngirit malah pailit.  Mau untung malah buntung.


 


Tiba-tiba telpon terputus.  Gangguan sinyal.  Lagi usaha nyari-nyari sinyal irma lihat di salah satu mikrolet yang melintas depan stasiun ada yang bertuliskan, 'Tanah Abang – Kota’.  Haaa, ketemuuu !  irma pake itu aja.  Paling mahal ongkosnya tiga ribu perak.  Masih untung lah.  Nggak rugi-rugi amat.


 


‘Lho emang ada ya ? Ya udah, hati2 di mikrolet,’ sms balasan Wahyudi setelah irma sms dia kasih tau irma naik mikrolet 08 menuju Kota.  Naik mikrolet dengan perasaan agak cemas.  Abisnya supirnya tampangnya sangar banget.  Abis gitu nggak berapa lama dari stasiun ada naik satu penumpang dengan tampang galak juga.  Udah gitu dia ngeliatiiiin mulu ke irma.  Pandangannya tajam.  Itu kali yang disebut menatap tajam setajam tatapan elang memangsa anak ayam.  Dia elangnya di pojok belakang, irma anak ayamnya di pojok depan belakang pak supir.  Anak ayam itu sembunyikan kepala di balik sayapnya yang kecil warna kuning.  Ciap ciap ciap, katanya.  Artinya kurang lebih, tolong tolong … takuuuut …. 


 


Irma belum pernah sekalipun ke daerah Tanah Abang.  Eh pernah deng, ke Museum Tekstil di KS Tubun.  Tapi waktu itu kan sama Wahyudi.  Irma nggak berani ke sekitar Tanah Abang sendirian.  Udah jiper duluan dengar reputasinya yang katanya syerem penuh dengan copet dan preman.  Biarpun temen-temen bilang belanja kain yang bagus murah meriah di Tanah Abang, irma nggak pernah mau ke sana.


 


Dari stasiun, mikrolet masuk terminal depan Pasar Tanah Abang.  Trus ngetem di depan tempat orang jualan kambing.  Mbeeeeekkk … embik kambing hitam yang ngeliatin irma dari tepi pintu.  Kasihan deh lu, kali gitu dia bilang ke irma.  Kaki depannya melompat-lompat.  Maksudnya kali mo bergerak-gerak seperti anak sekarang gerakin telunjuk tangan ke atas ke bawah ngeledekin orang sambil bilang, ‘Kasihaaaan deh … !’


 


Nggak ada penumpang yang naik lagi.  Mikrolet lanjut jalan.  Lagi di depan jalan Tanah Abang II, masuk sms dari Wahyudi.  ‘Udah di stasiun kota. Baru ada Jendral kancil,’ gitu bunyi smsnya.  ‘Ok, aku baru lewat kantor walikota jakbar,’ balas irma.  Padahal irma nggak tau kantor walikotanya yang mana.  Tadi cuma ngelewatin papan tulisan yang nunjukin arah ke kantor walikota Jakarta Barat.


 


Akhirnya mikrolet sampai di Harmoni.  Trus Gedung Arsip.  Lega deh, irma udah sampai di daerah yang irma kenal.  Tinggal luruuuuss aja bakalan sampai di Stasiun Kota.  Menjelang Glodok jalan angkot tersendat macet.  Glotak, tiba-tiba terdengar suara benda jatuh.  Cowok mata tajam di pojok itu bersandar ke kaca.  Matanya terpejam.  Di dekat kakinya berserakan uang kertas dan uang logam.  Rupanya uangnya jatuh.  Tapi kok dia nggak tau ??


 


‘Dia mati ya ?’ tanya penumpang yang duduk di sebelah supir.  Degg, jantung irma serasa terjun bebas.  Masa’ seeh tu orang ujug-ujug mati di angkot gitu ??  irma yang tadinya udah mulai tenang jadi balik panik kembali.  Syerem amat sih petualangan irma kali ini ??


 


Kita yang di dalam mikrolet jadi ngeliatin cowok di pojok itu.  Tiba-tiba matanya terbuka.  Hoaaa … rupanya dia tidur !  ‘Mas mas, itu uangnya jatuh,’ ibu yang duduk di sebelah irma menunjuk ke arah kakinya.  Dia ambil uangnya.  Lalu matanya merem lagi.  Lewat Glodok dia turun.  Bareng sama penumpang yang duduk di sebelah pak supir.  Penumpang yang satu ini sepanjang jalan nyerocooooos aja.  Tapi ngobrolnya sama pak supir, bukan sama irma.  Bang, tau nggak Nabi pernah ditanya mana yang dose nye paling besar : zina, membunuh atau minum ?  Jawabannya minum Bang !  Karena dengan minum lu bisa ngelakuin yang due lagi.  Kalo kite sih udah tujuh tahun nggak minum.  Yaaah, biarpun kite jaga di Tanah Abang.  Di Priuk juge kite ade jage.  Tapi ye, kita pantang nadahin tangan !  Pantang kite mintain duit ke orang.  Tau nggak nih Bang, gini-gini aye punye mobil sendiri.  Mobil pribadi.  Tapi kite jarang pake.  Abis gimane, pagi kena three in one.  Siang, males, udah makin macet.  Sore three in one lagi.  Nih sekarang aye mo ke pinangsia ni Bang.  Mo liat mobil.  Kite lagi cari mobil yang kecil.  Yang bisa masuk gang.  Boss aye bilang pake kancil aje.  Yaaah, kancil !  Aye carinye mobil yang mesinnya tokcer Bang.  Macem panther gitu !  Yah, meskipun masih kalah ame Mitsubishi.  Tapi Mitsubishi ntu perawatannye mahal !  Kalo aye masih di kapal sih, gaji aye gede.  Dulu aje gajinye dua ratus dolar !  Jaman gitu, tahun 96, dolar kan cuma seribu sembilan ratus.  Kerja aye cuma ABK.  Tapi aye udeh ke mana-mana.  Ke Australi, ke Singapur.  Kalo di Singapur ye Bang, nggak ada tuh yang namenye mobil asep item macem ‘ono noh.  Udah diceburin ke laut !  Kalau di Singapur nih, mobil tuh ada umurnye.  Dah lewat lima tahun pajaknye makin tinggi.  Ude masuk kategori mobil antik.  Kalo di sini sih, aaaaahhh …


 


Begitu penumpang itu turun, kerasa banget mikrolet langsung sepiiiii.  Mikrolet masih terjebak macet.  Di depan irma sekarang ada bangunan mall baru.  Masih baru banget.  Kayaknya masih banyak space yang kosong.  Di sana irma lihat sesuatu yang bikin irma ketawa geli.  Di pojok halaman mall ada papan nama jalan.  Nggak sempat baca nama jalannya.  Tapi inget banget itu papan nama standar.  Yang warnanya ijo itu lho.  Cuman … mana jalannya ??  Di sekitar tiang papan nama itu sekarang udah jadi taman nya mall.  Yah, taman ecek-ecek sih.  Cuma rumput doang.  Nggak ada tanamannya.  Ih, sayang banget irma lagi nggak bawa kamera.  Bawa sih, tapi nggak ada batere dan memory card.  Ya sama aja bo’ong, nggak bisa motret papan nama jalan tanpa jalan itu.


 


‘Bang, Asemka pinggir ya,’ kata ibu di sebelah irma.  Mikrolet berhenti tapi nggak bisa menepi karena banyak sepeda motor.  Irma ikut turun.  Dari situ irma jalan kaki ke Stasiun Kota.  Udah deket kok.  Jam 10.45 irma masuk AW Stasiun Kota.  Celingak-celinguk cari rombongan yang mo ke Dufan.  Oh itu mereka duduk nempel dinding.  Horeeeeeee …. mereka bertepuk tangan lihat irma datang.  Horeee juga …  irma acungkan tangan tinggi-tinggi ke atas.  Abis gitu, nari tarian Dora ama Boots deh …  Berhasil !  Berhasil !  Hore !  Hore !


 


 


Citos, 3 Desember 2006


nongkrong di kedai kopi sambil buka laptop.  irma mengarang, Wahyudi ngedit foto.


Kita bikin buletin aja yook Di ??


 


 

18 comments:

  1. hihihi.. seru juga, Ma...
    pdhl harusnya elo bisa turun di sta Dukuh, nyambung busway :)
    tapi lebih seru begini kan

    ReplyDelete
  2. halte Dukuh lagi direnovasi kale! gpp lah ma, jadi ngerti yg namanya tanah abang kan? beneran murah loh kain2 disana

    ReplyDelete
  3. st dukuh = st sudirman ?? ih iya ya, kok nggak kepikir. tapi kalo nggak kayak gitu gw nggak bakalan tau yang namanya pasar tanah abang :D

    ReplyDelete
  4. cieeeee .... ipe bisa trenyuh juga ternyata ;)

    ReplyDelete
  5. Gimana ga terenyuh? Ada anak bebek diledekin kambing di tanah abang!
    Huehehuehe..

    ReplyDelete
  6. huuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ...............................

    ReplyDelete
  7. Hi..hi..kalo ga biasa naek kereta kayak gitu deh.
    Jadi inget waktu nani bingung naek kereta ke Citayam ;-)

    ReplyDelete
  8. malu bertanya yah jalan - jalan deh ... hehe

    ReplyDelete
  9. Maksudnya nomorqu yg km simpen Ir.., secara km blm py nmr qu kan??
    btw,, DJ dapet nmr km dari Dee2,, setelah sebelumnya mencoba ke Dhani dan Sansan dgn hasil yg nihil.. :)

    ReplyDelete
  10. Dhani mana tauuuuu .... kemarin dia baru nanya tuh :D

    ReplyDelete
  11. belum sempat diedit. tapi kemarin kan irma nggak banyak foto. lebih banyak minum air tajin, kata djendral kantjil mah

    ReplyDelete
  12. What?? air tajin?? emg minum air dmn ma??

    ReplyDelete
  13. wakakakakakakakakakaka....
    air tajin aja delapan rebu maratus (8500, red.)

    ReplyDelete
  14. dan aer tajin gue yg baru diseruput sedikit, ilang ntah kmana waktu minta tolong pegangin ama dhani... *sigh..*
    yg keminum baru seribu tuh, dhan...

    ReplyDelete
  15. ha-a, bukannya lima rebu ???
    Djendral, loe tu ye ngeledekin gw minum air tajin ternyata loe sendiri doyan. pake ngembat ipe punya lagi !
    DJ, makanya gabung ama kita-kita jangan hu-huy an mulu :p

    ReplyDelete
  16. air tajin kalengan itu? suka banget, Ma!

    ReplyDelete