Thursday, December 21, 2006

Selamat Hari Ibu

Ketika Rasulullah SAW ditanya siapakah yang harus dihormati, Beliau menjawab, ‘Ibumu. Ibumu. Ibumu.’  Tiga kali nama ibu disebut.  Setelah itu barulah beliau berkata, ‘Ayahmu.’


 


Hari ini tanggal 22 Desember.  Di Indonesia hari ini diperingati sebagai Hari Ibu.  Penetapan tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu berdasarkan kongres nasional wanita Indonesia di tahun … tahun berapa ya ??  Wah lupa.  Harus buka-buka buku sejarah lagi nih.


 


Waktu kecil dulu guru di sekolah ngasih tau kalau di hari ibu begini kita harus baik kepada Ibu.  Bersikap manis, banyak membantu, tidak menyusahkan.  Bantu-bantu nyuci, ngepel, dan meringankan pekerjaan ibu lainnya.  Padahal bukan cuma sehari itu aja kita harus bersikap santun dan menghormati ibu.  Di hari lain juga begitu kan.  Tiap hari.  Tiap saat.


 


Bu guru juga ngajarin untuk ngumpulin uang menjelang tanggal 22 Desember.  Nanti uangnya dipake beli bunga buat ibu.  Waktu udah besar baru tau ternyata Mama lebih suka mentahnya aja.  Apalagi menjelang akhir bulan begitu kan keuangan lagi seret-seretnya.  Hahaha.  Sebenarnya bukan bunga atau uang sih yang diharapkan para ibu.  Tapi perhatian dan dukungan kita kepadanya.  Di saat senang, di saat susah.  Terutama ketika beliau menjelang tua, sakit dan merasa sepi.


 


Selamat hari ibu, Mama


Selamat hari ibu, Teteh


Selamat hari ibu, Bu Isna


 


Selamat hari ibu, kepada para ibu di Pasar Minggu yang keluar rumah dini hari sebelum matahari terbit untuk berjualan


Meninggalkan anak-anak lelap dalam buaian


 


Selamat hari ibu, untuk semua perempuan yang mencurahkan lebih dari separuh waktunya untuk suami, anak-anak, dan orang lain tanpa harapkan pamrih dan balas jasa.


 


 


Ribuan kilo jalan yang kau tempuh


lewati rintangan demi aku, anakmu


Ibu ku sayang masih terus berjalan


walau tapak kaki penuh darah, penuh nanah


Seperti udara kasih yang engkau berikan


Tak mampu ku membalas


Ibu, ibu ...


(dari lagunya Iwan Fals)


 


 

2 comments: