Wednesday, December 20, 2006

trenyuh

Tadi audit pabrik kabel di Tangerang.  Dari awal udah kelihatan sistem di sana nggak dijalankan dengan baik.  Awalnya irma masih coba bersabar.  Tapi lama-lama kesal juga.  Apalagi waktu ketahuan di bagian mutu berantakan banget.  Argggghhhh ... kenapa sih gw selalu dapat proyek yang bermasalah ??


Percuma marah-marah.  Inspektor QC itu cuma pelaksana.  Yang kudu irma 'pentung' manajemennya.  Kok bisa-bisanya biarkan sistem berantakan gitu.  Jadi dengan muka tertekuk irma catat aja semuaaaa hasil temuan audit irma.  Ugh, gw kudu nulis apa nih di laporan nanti, keluh irma dalam hati.  Mangkel bin sebel.


'Mmmm Bu, gini lho.  Sebenarnya kita udah tiga bulan dirumahkan.  Baru bulan ini aja mulai ada order produksi lagi,' takut-takut inspektor itu bilang ke irma waktu irma lagi nulis-nulis gitu.  Kayaknya dia shock lihat catatan irma yang berlembar-lembar.  'Kalau sampai pabrik ini ditutup, bakalan banyak pengangguran.'


Bodo.  Emang gw pikirin.  Gitu dalam hati irma bilang.  Tapi trenyuh juga sih dengar kata-kata inspektor itu.  Tau sih, zaman lagi susah.  Tapi kalo dia mau dinyatakan sebagai perusahaan yang sudah menerapkan standar internasional, ya kan irma juga harus pastikan standar itu diterapkan.  Bukan sekedar asal punya sertifikat mejeng di dinding.  Kalau irma biarkan dia lulus dengan sistem tulalit gitu, lalu di kemudian hari ada komplain dari pasar mengenai produk dia, kan irma musti kudu tanggung jawab juga.  Aaahhh ... serba susah deh !


Emang, kalau 'tu sertifikat irma cabut dari dinding dan bawa balik ke kantor, pabrik dia bakalan tutup ya ??  Ih, nggak lageeee ......... !!!  Itu mah urusan manajemen dia mo nutup atau mo buka pabrik.  Kalau lagi audit gini sih, irma tutup mata aja sama urusan internal mereka.

6 comments:

  1. setuju, Ma.. semua udah ada porsinya masing2..
    jadi elo lakukan porsimu dengan yang terbaik lah...
    semangaaattt!!!

    ReplyDelete
  2. tetap semangat ! *niruin gaya sonny tulung di kuis family 100*

    ReplyDelete
  3. he... gue dah ngga inget... :D
    gimana selangnya.. :P

    ReplyDelete
  4. rasa kasihan, ini yg selalu bikin orang indo ga tegas, jd ga disiplin. indonesia emang negara dgn masyarakatnya yg welas asih;)

    ReplyDelete
  5. baek. beberapa hari ini dia duduk manis aja. karena pompa mulai membaik jadi air bisa datang ke kamar irma sendiri :D

    ReplyDelete