Thursday, March 12, 2009

bila Mama memberi ucapan selamat ulang tahun

 

Mama adalah orang yang mengingat ulang tahun.  Percaya nggak, di usianya yang hampir 70 tahun ini beliau masih tetap ingat tanggal-tanggal ulang tahun kakak-kakak dan adik-adiknya, separuh dari empat puluh orang keponakannya, anak-anaknya, dan juga mantu-mantunya.  Setiap kali ada yang ulang tahun selalu beliau menelpon untuk kasih ucapan selamat.

Begitu juga hari minggu kemarin ketika  Wahyudi berulang tahun.  Pagi-pagi saat kita lagi nonton tivi lihat berita, Mama menelpon Wahyudi ke handphonenya.  Sempat irma dengar Wahyudi berkata, 'Amin, ... amin, ...'  Sepertinya Mama membacakan doa untuknya.  Setelah pembicaraan berakhir Wahyudi pun berkata, 'Dari Mama.  Ngucapin selamat ulang tahun.  Beliau ingat aja ya.'  irma tersenyum.  Mama memang selalu begitu.

Sorenya sehabis nonton Seven Pounds di Plaza Semanggi, irma telpon Mama.  'Hai ... kalian lagi makan-makan ya ?  Aduh asiknya.  Kalau makan, ingat-ingat Mama ya,' serunya.  Hahaha, nggak ada acara special kok.  Cuma nonton aja karena irma dah lama banget nggak ke bioskop.

'Eh tapi Mama sedih lah,' ucap Mama kemudian.  'Tadi waktu Mama telpon, kok tanggapan Yudi biasa-biasa aja ?  Kalau kita kan, rameeee.  Kayak irma gini.  Ceria.  Ketawa-ketawa.  Kalau Yudi ...'

Ups, maaf.  Emang bagi Wahyudi yang namanya hari kelahiran nggak beda dengan hari-hari lainnya.  Nggak pernah ada sesuatu yang spesial apalagi sampai dirayakan.  Bahkan kadang ia lupa.  Makanya saat ditelpon Mama itu tanggapannya biasa-biasa aja.  Siapa sangka ternyata sikapnya itu bikin Mama kecewa.

Maaf ya Ma, keluarganya Yudi emang nggak seperti keluarga kita yang selalu merayakan ulang tahun.  Meski cuma dengan makan-makan sederhana di antara keluarga.  Ingat banget kalau irma ulang tahun Mama selalu bikin nasi kuning.  Dan memaksakan diri beli kue tart.  Bahkan saat irma jauh dari Mama pun selalu Mama bikin nasi kuning di hari ulang tahun irma.  Dan berdoa untuk irma.

Maaf kalau Yudi bersikap biasa-biasa aja.  Mari kita buat kehebohan saat ulang tahun irma nanti ya Ma !

 

 

8 comments:

  1. mamanya romantis bgt ya. sama, mama & bapakku juga gitu, sehari sebelum salah satu anaknya ulang tahun, pasti anak2 yg lain di sms ato ditelpon, ngasitau kalo besok si A ulang tahun, hihihi

    ReplyDelete
  2. wow!! hebat yaa mamanya irma...
    selamat ulang tahun buat wahyudi.. semoga selalu dalam lindungan Allah swt amiin...

    ReplyDelete
  3. keluarga Yudi = keluarga gue..
    hihi..

    ReplyDelete
  4. om yudi...maap qta jg lupa om ultah, untung tante ngingetin (bc blog nya) jadi, met ultah ya om... smoga baek-baek slalu, sehat, hepi dan ingetin tante klo bukunya dah slesai dibaca pinjemin dunk ka bandung....ha ha ktauan ada maunya

    ReplyDelete
  5. heh kamuuuuuuuuuuu ............ kabur dari kelas ya ??? jam segini kok online ????

    ReplyDelete
  6. Yudhiiiiiiiiiiiiiiiiiiii....... alias Sutan Sati ..............
    selamat ulang tahun ya - kiranya berkah-NYA selalu berlimpah, diberikan kesehatan dan kebahagiaan berdua bersama isteri tercinta ....
    maafterlambatkarenagakadayangngingetin :D

    ReplyDelete
  7. sama, suamiku juga begitu. waktu jaman pacaran pernah aku beliin cake besar, maksudnya buat dia rayain ama keluarga ato ama temen kantornya. eh malah cuma dimasukin kulkas.. akhirnya dimakan biasa aja.

    ReplyDelete