Sunday, April 5, 2009

ikutan seminar mini : make money with your journey

 

'Hai, eskrim !'

irma menoleh.  Ih, ternyata Opang  , seorang teman yang irma kenal waktu ikutan  Susur Pantai Garut bersama Nattrek Indonesia.  Masih ingat aja dia.  Eca juga ingat.  Eca malah bertanya, 'Mas Yudi nya mana ?'  Kesannya, ada irma, selalu ada Wahyudi, hihihi.

Beres daftar ulang irma masuk ke dalam ruangan.  Melewati ambang pintu, kayaknya irma kenal deh 'tu cowok yang berdiri di ambang pintu.  Kenal di MP.  Kayaknya dia salah satu contactnya irma.

Ugh, ruangannya penuh !  Susah payah irma jalan ke belakang ruangan, tempat sederetan kursi kosong berada.  Susah payah karena ransel irma nabrak-nabrak kursi.  Nggg ... perasaan irma dah pake ransel yang kecil deh, tapi kenapa masih nyangkut-nyangkut juga ?

Susah payah lagi irma duduk.  Kursi-kursi di ruangan ini kursi buat anak sekolah, yang ada tempat buat nulis.  Paling sedih kalau dapat kursi gituan karena irma susah masuk ke dalamnya.  Ya terus terang aja deh, badan irma nggak ramping lagi dan dari dulu pinggul irma emang lebar.  Sekali waktu pernah buru-buru bangun dari kursi, eh malah nyangkut di papan alas nulis !

Baru aja tarik napas lega karena berhasil duduk, dari depan Nte Nirwana  melambaikan tangan.  Ia menunjuk kursi di sampingnya.  'Sini aja,' irma membaca gerakan bibirnya, 'Kosong kok.'  Hoaaaa ... baru juga berhasil duduk harus bangkit lagi.  Tapi daripada di belakang irma bengong sendirian.  Mending di depan biar bisa nyimak penjelasan dari pembicara lebih jelas.  Setelah kasih tanda kepada Nte Nir untuk menunggu sebentar, irma berusaha bangkit.  Alhamdulillah, kali ini nggak nyangkut di papan alas nulis.

Huehehehe, ternyata enak duduk di depan.  Karena ... sound systemnya beberapa kali mati !  Jadi pembicaranya bicara pake mic tanpa suaranya jadi lebih keras.  Kalau sound systemnya dinyalain, ada suara gaung yang menyakitkan telinga.  Kasihan deh, itu mic akhirnya buat gaya doang.  Mungkin karena itu jadi pembicara kedua, Mas Tirto yang traveler photographer, memutuskan dia nggak usah pake mic.  Lagian suaranya cukup keras terdengar hingga belakang.  Tapi sebenarnya sih, dia nggak usah ngomong-ngomong karena kita pada terkagum-kagum lihat hasil photonya.

Tuuuhh betul kan, cowok yang tadi irma lihat di ambang pintu adalah contact irma di MP.  Namanya Mas Teguh .  Dia seorang traveler writer dan juga senior editor di beberapa majalah.  Dia juga yang jadi pembicara pertama, terangkan kiat-kiat menulis traveler writing biar dimuat di media.  Ternyata yang namanya traveler writing tuh ada yang namanya lead (kalimat pembuka), profil, capture, penutup.  Masing-masing ada fungsi dan ciri khas.  Tapi kayaknya yang paling penting tuh lead deh, karena itu yang bikin pembaca tertarik untuk lanjut baca atau tidak.

Oooohhh ..... gitu ya, irma mengangguk-angguk dengar penjelasan Mas Teguh tersebut.  Jadi ada semacam aturannya kalau menulis traveler writing itu.  Sementara irma kalau nulis, ... ya nulis aja.  Segala macam kejadian dan yang irma temui selama perjalanan irma tulis.  Ditambah catatan tambahan dari referensi.  Makanya catatan perjalanan irma panjang gitu.  Ternyata Mas Teguh tidak merekomendasikan nulis dengan banyak topik begitu.  'Ya boleh aja sih, tapi rugi karena sebenarnya bisa dibikin jadi beberapa tulisan.  Jadi dapat uangnya lebih banyak kan,' demikian penjelasan Mas Teguh.

Hhhhh ... sebenarnya yang kemarin dijelasin tuh baru kulitnya aja tuh.  Kalau mau detil, ikutan Traveler Writing Class aja.  Di akhir seminar mini Opang jelaskan mengenai workshop tersebut.  Ada enam session class training, dan dua kali weekend trip.  Dipandu oleh para traveler writer berpengalaman.  Kalau nggak salah, ada traveler photographer nya juga ya ??  Total biayanya 1,25 juta.  Dooohhh ... harus mengajukan pinjaman lagi nih.  Sementara proposal irma mengenai pinjaman untuk beli notebook mini aja belum disetujui, hiks.

......... I wish someday I'll be a traveler writer too .........

 

 

24 comments:

  1. Hore, jadi sebentar lagi ada buku dari tante Irma

    ReplyDelete
  2. hai irma.. kok aku pangling ya.. :D
    mnaaf kemarin gak nyapa.. rada rada lupa wajah juga soale.. hehehe..

    ReplyDelete
  3. he eh, nggak pa-pa. lha aku juga baru ngeh ada Mas Aji waktu bubaran. tadinya mau kusapa, 'Mas, nggak bawa uler kan ??' tapi Mas Aji lagi serius ngomong sama Mas Tirto sedangkan aku harus buru-buru pergi. abis laper sihh :D

    ReplyDelete
  4. amiiiinnn ............ *berharap tulisanku disukai editor*

    ReplyDelete
  5. Kalo gak diterbitin, aku minta versi digitalnya yah. Ntar ta' transfer buat hak ciptanya deh

    ReplyDelete
  6. mau yang mana, secara aku punya banyak koleksi catatan perjalanan : medan, toraja, cirebon, yogya, solo, surabaya & malang, cepu, atau seputar jakarta ;)

    ReplyDelete
  7. Yang diniatin jadi buku. Biar lebih enak dibaca he he.

    ReplyDelete
  8. hai es krim :D
    makasih ya udah dateng
    ayo dooong...ikutan Travel Writing Class nya....pembayarannya kan diangsur :D

    ReplyDelete
  9. iya pengen. tapi ada nggak pembayaran yang via BCA ? nggak punya rekening Mandiri nih, dan ternyata BCA dengan Mandiri nggak cs-an :(

    ReplyDelete
  10. bisa aja lewat BCA, nanti ku japri ya no rek-nya :D

    ReplyDelete
  11. sayang daku ga bisa ikut yg kemaren :(

    Musti keluar 1,25 jt yah tuk training itu ? hmmmm......*berpikir kerass..

    ReplyDelete
  12. asiiiiiikkkkkkkkkkkkk ....... jadi nggak perlu cari pinjeman yang punya rekening mandiri lagi :D

    ReplyDelete
  13. ni, jangan keras-keras mikirnya. nanti pecah lho kepalanya ;)

    ReplyDelete
  14. nanti kepala nani membeku neh :)))))

    ReplyDelete
  15. oh tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkk ...... nanti nani jadi zombie :((

    ReplyDelete
  16. hai irma, kemarin itu dirimu yang mana siiiy? koq kita gak salam-salaman ya?! :(
    tulisan2mu dah cukup bagus koq, tinggal dipoles dikiit aja (di travel writing class ituh. teteup)
    thanks dah dateng di acara kemarin. mudah2an next time lebih baik. see u in twc ya.

    ReplyDelete
  17. aku yang duduk paling depan, pake kemeja putih totol-totol merah. waktu photo bareng di depan spanduk aku paling kiri. waktu Mas Teguh buka slide pertama bertuliskan, 'If you love me, then write it ...' lalu bertanya, "Ada yang tau artinya nggak ?" , aku yang jawab duluan, "Itu maksudnya yang ngomong begitu kan Indonesia ..."

    ya, kemarin waktu mau pulang aku mau salaman memperkenalkan diri tapi Mas Teguh nya lagi asik ngobrol sama dua orang mbak-mbak sementara aku harus cepat-cepat pergi. nggak enak mau menyela :D

    ReplyDelete
  18. ooohhh, yang itu. iya, inget, inget. yang orangnya kalem banget, hehehe!
    if you love me, then what? hayoo...

    ReplyDelete
  19. do you think so ?? *nyureng mikir*

    ReplyDelete
  20. tukang ngelencer. kadang-kadang tiba-tiba aja pergi seperti sapa tuuuh ... ujug-ujug escape to Bangkok ??

    ReplyDelete
  21. akusenengkokcaraIrmanulis,kayaknyaberceritaberhadapanmuka :D

    ReplyDelete
  22. wah kalau Ir.. bisa "make money with your journey"..aku malah " make journey with my money for the honey... okey".. (wilujeng nyoblos ...ehh nyontreng di pemilu.... aja klalen...coblos sing tengah-tengah pasti kepenak.. pokoke calege.. cewe)

    ReplyDelete