Monday, April 27, 2009

mabuk pempek

 

Dari semua makanan khas Indonesia, irma paling suka dengan pempek.  Pempek yang enak, ya di Palembang lah.  Tapi sayang waktu ke Palembang kemarin di sana irma malah nggak sempat makan pempek.

Beruntung di Palembang ada Ibu Yati, bibinya irma.  Beliau istrinya Manda.  Manda adalah adik laki-lakinya Mama.  Manda yang mendampingi Mama saat irma dan Wahyudi bersanding di pelaminan.

Ibu Yati ini tante yang paling irma sukai.  Orangnya baik banget.  Nggak pernah marah-marah.  Dan dia bisa dekat dengan semua orang, dari berbagai kalangan, berbagai usia.  Nggak canggung bergaul sama keponakan-keponakannya yang berisik.  Makanya dia jadi tante favorit.  Favorit.  Pake Ef dan Ve.  Bukan Ep dan Pe. 

Tau irma lagi di Palembang, Ibu Yati segera memesan pempek untuk dibawa pulang.  Orang boleh bilang pempek yang enak tuh pempeknya Pak Raden, pempek Candy, tapi irma sukanya pempek yang dibeliin Ibu.  Ini pempek bikinan tetangganya.  Meski tetangganya ini tutup setiap hari Minggu namun demi keponakannya maka Ibu Yati pun merayu agar ia mau buatkan pempek di hari liburnya itu.

Jadilah saat kita el el di Pasar 16 Ilir melihat-lihat kain dan songket, Wahyudi ngacir ke rumah Ibu Yati untuk mengambil pempek.  Balik dari sana ia bawa tentengan beraroma ikan.  Aromanya keras sekali.  Langsung terbayang di benak irma isinya pempek yang kental sekali rasa ikannya.  Berikut cukanya yang pedas.  Iya, cukanya ini lebih pedas dari pempek lainnya. 

Sampai di rumah Bekasi, kemasan pempek tersebut segera irma buka.  Isinya pempek telur kecil dan lenjer kecil.  Yah, nggak ada adaan.  irma paling suka dengan pempek bulat itu.  Tapi yang ada pun tak apalah.  Ibu Yati pesankan banyaaaaaaaaaaaaakkkk sekali.  Bahkan setelah dibagi dua untuk Teteh pun pempeknya masih banyak.

'Kok, pempeknya nggak digoreng sih ?' Wahyudi terheran-heran lihat irma langsung menyantap pempek dari kotak yang baru dibuka.  Eh, kalau di Palembang memang begini lagi !  Pempek itu udah matang.  Kan masaknya direbus trus dikukus.  Makanya bisa langsung dimakan.

irma mengajari Wahyudi makan pempek seperti umumnya orang Palembang lakukan.  Gigit pempeknya, lalu seruput cukanya.  Kunyah dalam mulut, hmmmmm ... enaaaakkkk. 

Tapi rupanya Wahyudi tidak bisa menikmat pempek dengan cara seperti itu.  Juga pempek yang tidak digoreng.  Beserta cukanya yang pedes banget.  Buat dia, pempek yang enak adalah pempek bikinan ibunya.  Kalau menurut irma, itu bukan pempek.  Tapi adonan sagu berkuah kolak.  Habis, cukanya manis.  Yah, emang kita seleranya beda.

'Pempeknya buat kamu aja ya,' Wahyudi menunjuk sekotak pempek dari Ibu Yati tersebut.

Jadilah irma sejak Minggu malam menunya pempek mulu.  Makan malam, sarapan, makan siang, makan malam hari Senin, dan sarapan tadi pagi.  Habis sudah.  Sampai mabuk irma makan pempek.  Lega sekali irma saat menggigit butir pempek terakhir.  Hhhhhh ...... kayaknya beberapa hari ini bakalan nggak pengen makan pempek deh.

Eh baruuuuu aja hati irma bilang gitu, technical support assistance di kantor datang menghampiri dan bilang, 'Buuuuu ... minggu depan Ibu ke Palembang ya.  Tiga hari.  Gantiin auditor ....'

Walah, bakalan mabuk pempek lagi nih !

 

 

 

18 comments:

  1. MAU MAU MAUUUUU
    aku lagi pengen banget makan pempek
    tapi di jakarta kyknya gak nendang ya ir rasana

    ReplyDelete
  2. haduuuhh klo wahyudi gk suka ....pempeknya ada yg bersedia nampung nih Ma :D

    ReplyDelete
  3. hehehe.. mabok Martabak HAR aja dwonk 'kali ini

    *yang dah lama gak pulang kampung ke Palembang

    ReplyDelete
  4. nyobain dwonk... ini juga dah jadi ciri khas makanan Palembang logh!

    ReplyDelete
  5. emang deket ya dr pasar itu ?

    ReplyDelete
  6. nggak sih. dan dia kan nggak tau jalan. tapi Elin bersedia mengantarkan. makasih ya Elin :D

    ReplyDelete
  7. Kalo di Bandung, ke rumah tante gue aja. Dulu jualan di Balubur. Skrg di rumah, Sederhana 22.

    ReplyDelete
  8. dhan patokannya deket mana sederhana 22.. tuh ?
    ada judulnya gak ?

    ReplyDelete
  9. sebelah mananya pasar sederhana ? eh itu tantenya jualan pempek atau bikin pempek buat dibagi-bagi gratisan ;)

    ReplyDelete
  10. berharap tantenya dhani bikin pempek buat dibagi2 aja ha ha

    ReplyDelete
  11. haha.. kalo gitu mah gue jg antrii..
    jualan, ma..
    biasanya dulu di garasi.. skrg mungkin masuk dari depan.. krn sekalian ada rental & warnet sodara gue di sana..

    kalo dari jalan jurang / cemara.. ke arah pasar.. terus lagi.. rumahnya di pojokan belokan Jl. waspada.. ada tulisannya gede.. di pager :P

    ReplyDelete
  12. siiiippp deh.....klo pas mudik dijajal..
    jual nama dhani laku jadi voucher discount gk yaa kira2 :P?

    ReplyDelete
  13. padahal aku mauuuuu lho kalau dikasih .... :)

    ReplyDelete
  14. di kawinan gw kemaren banjir pempek.... secara istri asli palembang,pempeknya muantabs bangeeeet....udah nyobain belom ???

    ReplyDelete
  15. Irma, pempeknya buang kesini aja deh biar gak mabuk...
    Aku jemput deh...
    :-D

    ReplyDelete
  16. yup, pempek (asli) palembang emang toppp abizzzzz. btw, aku kan nggak datang ke kawinanmu kemarin secara di saat bersamaan aku lagi di Palembang. selamat yaaaa ... semoga bahagia selalu berdua :D

    ReplyDelete