Sunday, April 19, 2009

virus !

 

‘irma, kamu harus dipisah dari orang lain.’

 

 

Sejak hari Sabtu kemarin irma merasa gatal di kaki dan tangan.  irma kira gatal karena kotor kena debu.  Jadi untuk sementara ganti sabun dengan sabun antiseptic.  Ih, ternyata gatalnya nggak hilang juga.  Dan setelah diperhatikan lebih seksama ternyata ada bercak-bercak merah.  Doooh kenapa nih ?

 

Lalu tadi malam Wahyudi bilang badan irma panas sekali.  Berhubung udah sering temperatur badan irma lebih tinggi daripada orang lain jadi irma nggak terlalu memperhatikan.  Tapi kemudian nyimak berita di tv bahwa flu Singapore sedang berjangkit di Depok dan sekitarnya, irma jadi agak-agak was-was juga.  Gejala-gejala penyakit itu seperti yang sedang irma alami sekarang.  Apalagi kemudian gatalnya merambat ke punggung.  irma pun menelpon Teteh.

 

Tanggapan Teteh santai aja.  ‘Itu sih penyakit lama.  Dulu orang nyebutnya penyakit mulut kaki tangan,’ ceritanya.  Penyebabnya virus.  Tapi penyakit ini bisa disembuhkan.  Yang namanya flu, pengobatannya cuma dengan meningkatkan daya tahan tubuh.  Dengan kata lain, minum vitamin dan banyak istirahat.  Kalau perlu dokter akan memberikan antibiotik. 

 

Berdasarkan gejala yang irma alami, menurut Teteh sakitnya irma ini masih stadium awal.  Jadi bisa lebih cepat disembuhkan.  Yang susah kalau udah sampai terjadi sariawan di mulut.  Karena sariawannya bisa sampai ke tenggorokan juga.  Bikin orang males makan dan minum.  Padahal yang namanya orang sakit kan perlu asupan gizi.

 

‘Berarti daya tahan tubuh irma lagi drop banget tuh,’ komentar Teteh.  ‘Kemarin baru dari Medan kan ?  Nah kayaknya dari situ deh kena virusnya.’  irma tertegun.  Iya ya, gejala sakit ini irma rasakan sepulang dari Medan.  Tapi kan katanya virus ini dari Singapore, makanya sekarang di bandara dipasang alat pendeteksi temperatur badan untuk para penumpang dari Singapore.  Atau penerbangan yang transit di Singapore.  Kalau ada yang terdeteksi temperatur badannya lebih dari 38 derajat Celcius, langsung diperiksa.

 

‘Ya di Medan juga kan ramai orang transit, ir.  Lagian yang lebih dekat dengan Singapore kan Medan,’ ucap Teteh.  Selain Medan, kota yang harus diwaspadai akan penyebaran penyakit ini adalah Batam.  Ih, nyebelin.  Dari Medan kemarin kan irma cuma bawa bolu Meranti.  Kenapa juga ‘ni virus ikutan ?

 

‘Seharusnya irma dipisah dari orang lain nih.  Alat makannya juga jangan dicampur.  Abis irma pake, harus direbus.  Oh iya, irma jangan deket-deket anak kecil !  Mereka rentan sekali,’ nasehat Teteh.

 

Nah ini yang susah.  Di rumah Bekasi lagi ada adek bayi.  Di rumah Pisangan juga.  Jadi irma ngungsi ke mana ?  Ke rumah Mama di Bandung aja ya ?  Di sana kan keponakannya dah pada gede-gede.  Lagian kayaknya kedua keponakan di sana kebal segala macam penyakit.  Kecuali penyakit lapar, hahahaha

 

 

 

 

 

4 comments:

  1. yaudaah istirahat di bandung aja, supaya lbh cepat penyembuhannya, kan deket mama :)

    ReplyDelete
  2. iya ke bandung aja.. pasti didopping makanan enak terus sama mama Ir ;)
    cepet sehat yaa...

    ReplyDelete
  3. memang di rumah Mama paling bagus .... pasti enak deh - dibelai-belai, ditungguin .... tapi .... Yudhi di kemanain? cepet sembuh ya Ir....

    ReplyDelete
  4. Ya.... kasyian, alhamdulillah baru stadium permulaan. Cepat berobat supaya cepat sembuh. Kalau saya tidak ada cucu yang dibawah 2 tahun dan ibunya sedang hamil lagi, saya tawarkan rumah saya untuk di isolasi.

    ReplyDelete