Tuesday, September 8, 2009

bikin tempe mendoan

 

Langit masih terang waktu kemarin sore irma turun angkot 56 di depan Plaza Cibubur.  Pas banget ada angkot 79 ke Leuwinanggung yang lagi ngetem.  irma langsung naik angkot biru itu.  Nggak usah mampir belanja ah, kata irma dalam hati.  Perasaan di dalam kulkas masih banyak bahan makanan.

Maghrib sampai rumah.  Abis buka dengan teh manis hangat irma buka kulkas.  Ada telur, tahu, tempe, oncom, toge, tauco, daun bawang, wortel, cabe merah.  Hmmm ... bikin tumis toge dan tahu aja.  Sama goreng tempe.  Makan dengan nasi hangat, kayaknya enak deh.  Diakhiri dengan pisang barangan khas Medan.  Menu makan malam yang sederhana. 

Lagi main masak-masakan gitu Wahyudi tiba di rumah.  "Masak apa ?  Wangi sambel," hidungnya mengendus-endus.  Tumis toge dan tahu pake cabe merah dan tauco udah terhidang di meja.  Berikutnya irma mau nggoreng tempe.

"Niatnya sih mo bikin tempe mendoan," irma bilang.  "Tapi nggak tau ntar jadinya apa.  Kan waktu itu pernah nyobain dan nggak sukses.  Yang waktu itu Yudi bilang mendoannya seksi nggak pake baju ."

Wahyudi mengangguk-angguk.  "Kalau gitu baca niatnya dong."

irma memandangnya heran.  Masak pake baca niat ?

"Iya.  Dan karena niatnya mo bikin mendoan, jadi ngucapinnya pake logat Banyumas," kata Yudi lagi.  Lalu dengan suara medok menirukan logat orang Purwokerto Wahyudi pun bilang, "Bismilahirohmannirohiiimmm ... allohumma, inyong niat bikin tempe mendoan buat makan ini malem ..."

Huahahahahaha, kadang-kadang irma pikir Wahyudi tuh kocak bangett !

 

 

5 comments:

  1. abis dia lebih sering serius. waktu nonton wall-e, sepanjang film irma ketawa terngikik-ngikik doi malah heran. dia bilang, di mana letak lucunya itu film ? akhirnya dia tidur di bioskop.

    ReplyDelete
  2. Ir, sekarang kan ada yang jual tempe mendoan plus bumbunya sekalian..... enak kok. kalau kurang asin tinggal tambah garem sendiri......

    ReplyDelete
  3. nah pake yang siap masak gini aku malah gagal :((

    ReplyDelete