Sunday, September 13, 2009

PNS

 

Malam Minggu kemarin diundang buka puasa di rumah Teteh.  Rutin tiap bulan Ramadhan Teteh selalu mengadakan buka puasa bareng bersama sodara-sodara dari pihak suaminya.  Karena Bu Lik cerita anaknya lagi tes jadi pegawai Deplu, kita jadi ngomongin PNS.  Sejak dulu sampai sekarang PNS tuh selalu jadi idaman.  Banyak banget yang pengen jadi PNS.  Apalagi katanya sekarang tunjangan dan fasilitas untuk PNS makin bagus.  Tapi produktifitas dalam bekerja, tetep nggak janji.

"Iya tuh, ada teman aku PNS di Departemen Keuangan.  Pagi-pagi dia ke kantor di Lapangan Banteng buat absen pagi.  Trus dia balik ke Depok.  Nganter anaknya sekolah, belanja, ke mana, ke mana, trus sorenya balik lagi ke Lapangan Banteng buat ... absen pulang.  Lha padahal seharian itu dia nggak ngerjain apa-apa !" putri Bu Lik yang paling tua bercerita.

He, bisa kayak gitu ? 

"Iya.  PNS tuh yang penting absen.  Sehari dua kali.  Pagi dan sore.  Kalau nggak absen nanti gajinya dipotong.  Gede lho potongannya.  Bisa nyampe 10% gaji."

Suaminya Teteh berkomentar, "Emang, atasannya nggak ngawasin ?  Bisa-bisanya dia keluar kantor semudah itu nggak ada yang ngontrol."

"Boro-boro.  Siapa yang mo ngawasin ?  Lha atasannya juga sama aja.  Yang penting, absen !"

irma dan Wahyudi yang sama-sama karyawan swasta tercengang-cengang.  Pantesaaaaannn ... PNS selalu jadi pekerjaan idaman.  Lha bisa makan gaji buta begitu !

Bu Lik turut cerita.  "Huuu ... di departemen aku lebih ngaco lagi.  Di tempatku, yang absen paling pagi, dapat voucher belanja di koperasi.  Ada satu orang karyawan, tiap hari dia datang paling pagi.  Jam enam seperempat udah di kantor.  Masih pake sendal jepit, baju kaos, belum mandi.  Datang pagi-pagi cuma buat absen doang !  Abis gitu dia balik ke tempat kost.  Jam sembilan baru datang buat kerja.  Tiap hari kayak gitu tuh.  Bener-bener nggak tau malu.  Padahal udah kita sindir-sindir."

Astagaaaaaaaa .............. sampai segitunya !  Baik irma maupun Wahyudi nyaris terjengkang dari kursi saking terkejutnya.

 

 

15 comments:

  1. itu pasti pns yang gak punya jabatan dan gak punya kerjaan....
    'setitik nila, rusak susu sebelanga'......

    ReplyDelete
  2. itu lah yg sering nani dengar tentang PNS, tapi bbrp temen kos yg PNS malah sibuknya sm spt yg karyawan swasta. Sabtu minggu ttp aja diganggu untuk urusan kantor.

    ReplyDelete
  3. sibuk gak sibuk, yang pasti sih jangan bawa-bawa idealisme kalo jadi PNS

    ReplyDelete
  4. ditempat saya juga gitu, ir.. walo hanya "setengah PNS"... yang absennya paling pagi selama 3 bulan berturut-turut dapet voucher belanja di hypermarket.. bisa 300rebuan tuh nilainya.. secara saya anak kos, banyak yang ngomporin untuk menjadikan ini sebagai mata pencarian sampingan, hehe.. saya ya disuruh ke kantor jam 6 pagi setiap hari kerja untuk ngabsen.. hwaaaaa ogahh banget!! Milih kos dekat kantor kan supaya punya waktu istirahat yang cukup.. (malah kadang masih kesiangan juga karena nyantai banget bangun dan dandan segala ;p)

    ReplyDelete
  5. huehehehe, jadi tinggal dekat kantor nggak ngaruh terhadap kedatangan ya ;)

    ReplyDelete
  6. hahaha.. iya, pokonya tidur harus 8 jam.. ;p

    ReplyDelete
  7. irma, boleh tau ga yang PNS Depkeu tepatnya di unit mana ya?

    ReplyDelete
  8. dooh, nggak tau ni. hanny mo investigasi ya ??

    ReplyDelete
  9. trus, kalau dah ketemu hanny mo terbitkan sanksi administrasi ;) *ingathannybagiansuratmenyurat*

    ReplyDelete

  10. ga bisa langsung. paling ngingetin bosnya untuk menjatuhkan sanksi ke yang bersangkutan. biasa, masalah hierarki.... :)

    ReplyDelete
  11. oh, kirain mo langsung hanny labrak, huehehehehe

    ReplyDelete