Sunday, September 13, 2009

kodok mojok

 

Weekend adalah waktunya merumput.

Maksudnya, beres-beres halaman.  Sabtu pagi sesudah sholat Subuh irma bawa gunting rumput ke halaman depan.  Wahyudi dah beliin gunting rumput yang baru, yang sama seperti Mama biasa pake di Bandung.  Cekris, cekris, cekris, suara gunting memangkas rumput.  Cepat sekali rumput jarum ini tumbuh.  Baru juga 2 minggu yang lalu irma trim, eh sekarang dah panjang lagi.

Sunyi sekali pagi itu.  Jam setengah delapan Wahyudi bangun lalu bergabung ke halaman depan.  Udah banyak guntingan rumput bertebaran.  Hasil potongannya irma.  Wahyudi mengambil sapu.  Srek, srek, srek, ia mengumpulkan potongan-potongan rumput menjadi satu gundukan.  irma duduk rehat di teras.  Hmm, enaknya berbagi tugas begini.

Oh iya, masih ada satu pojokan yang belum dirapihkan.  Sudut halaman di depan kamar.  Bagian itu nggak pernah kena matahari.  Jadi rumput di sana pendek-pendek malah ada yang kering.  irma bergegas ke sana.  Baru juga tangan irma meraup sejumput rumput, irma langsung meloncat lari tunggang langgang lompat tembok pembatas halaman menyelamatkan diri ke jalan seraya berseru, "Wuaaaaaaaaaaaaaaa ..... !!!"

Wahyudi terheran-heran.  "Kenapa ir ?"

irma menunjuk ke sudut halaman tadi.  "Ituuu ... ada kodok !"

irma tuh, paling takut sama kodok.  Jadi nggak heran kalau ketemu kodok irma langsung panik begitu.

Wahyudi ke sudut halaman tersebut.  Matanya mencari-cari kodok yang bikin irma tunggang langgang.  "Mana ?  Nggak ada," katanya.  irma balik lagi ke halaman.  Mengintip dari balik punggung Wahyudi, irma menunjuk ke satu gundukan rumput, "Itu, di deket rumput situ.  Ada dua."

Akhirnya Wahyudi melihat kodok yang irma maksud.  Memang betul, ada dua.  Mereka duduk berdampingan di balik rumput.  Rumput yang kering membuat mereka tersamarkan.  Karena warna kodok dan rumput sama-sama coklat.

Wahyudi menggebah kedua kodok tersebut.  Mereka lalu melompat ... ke arah irma.  Tunggang langgang lagi irma berlari menjauh.  Kali ini ke carport.  Herannya, kodok-kodok itu malah mengikuti irma.  I-ih, kenapa sih ??

"irma nih, ngegangguin aja," terkekeh Wahyudi melihat irma ketakutan menghindari kodok.  "Lagi asik berduaan begitu, malah dilihatin."

Dih, siapa juga yang ngeliatin kodok mojok gitu ?  Lha irma malah langsung angkat kaki begitu melihat mereka.  Dalam hati irma bilang seharusnya Dhani ke rumah hari Sabtu pagi itu, biar dia macro kedua kodok tersebut.  Nah kalo begitu baru bener namanya "dilihatin".

 

 

1 comment:

  1. hahahha.... yg punya rumah berduaan, masak kodoknya gak boleh dua-duaan juga .... curangggg.....

    ReplyDelete