Tuesday, September 1, 2009

rindu kaastengels

 

"Oven yang orange ?  ngga tuch kalo mesin jahit iya."

Kemarin bursa pesanan kue kering buat lebaran mulai digelar di kantor.  Sebenarnya bukan bursa sih, cuma seorang teman kantor bikin pengumuman kalau dia menerima pesanan kue-kue kering buat lebaran.  Ada kaastengels, putih salju, nastar, lidah kucing, dll.

Jadi pengen kaastengels, kue keju kegemaran sekeluarga.  Ketiga anak Mama pada suka keju.  Tiap kali kumpul lebaran di rumah Mamak pasti yang dicari adalah kaastengels.  Bukan itik hijau, makanan khas Kotogadang, kampungnya Mintuo.  Kalau udah ketemu kaastengels, bertiga kami akan ngejogrog di satu sudut.  Tau-tau satu toples kaastengels udah habis kami sikat.  Hahaha, Mintuo udah hapal banget sama kebiasaan kami ini. 

Tau kami ini pada jurig kaastengels, maka Mintuo pun kasih tau resepnya.  Bahannya 100 gram keju tua, 100 gram keju muda, 100 gram mentega, 100 gram rhombutter, 4 butir telur, dan 50 gram tepung terigu yang sudah diayak.  Waktu dikasih resep ini sempat bingung keju tua tuh apa sih ?  Keju muda yang gimana sih ?  Apa bedanya mentega sama rhombutter ?

Ternyata keju tua tuh keju yang keras dan asiiiiiinnn sekali, yang dibungkus pake bahan seperti lilin warna merah.  Keju muda, keju yang biasa kami makan dengan roti.  Dan rhombutter ?  Ho ho, ternyata rhombutter ini yang bikin kaastengels renyah.  Seperti mentega tapi teksturnya lebih lembut dan nggak terlalu asin.

Cara bikinnya, mentega dan rhombutter dikocok pake mixer.  Setelah nyampur masukkan keju tua dan keju muda yang udah diiris halus sedikit demi sedikit.  Baru dimasukkin telurnya.  Sambil terus dikocok.  Terakhir masukkan tepung terigu yang udah diayak sedikit demi sedikit juga.  Nggak dikocok pake mixer lagi.  Aduk-aduk pake sendok kayu aja.  Abis itu bakar di dalam oven.  Tentu sebelumnya adonan itu dibentuk dulu.  Bentuk yang standar sih kotak pipih dengan taburan keju muda parut di atasnya.

Gampaaaaangg banget bikinnya.  Hampir tiap bulan puasa irma dan Teteh bikin kaastengels di rumah Mama di Bandung.  Dengan resep yang nggak pernah berubah sejak kita dikasih tau Mintuo tahun 1985.  Dah lama banget ya.  Tapi kita nggak pernah bosan.  Meski tiap kali bikin kaastengels begini semua peralatan listrik di rumah harus dimatiin dulu karena oven Mama menghabiskan kapasitas listrik yang ada.

Sayangnya rutinitas bikin kaastengels ini terhenti sejak Teteh menikah dan nggak tinggal di rumah Mama lagi.  Sejak itu tiap menjelang lebaran Mama selalu memesan kaastengels sama tetangga.  Enak juga sih.  Tapi menurut irma lebih enak kaastengels bikinan sendiri.

Karena kemarin dengar teman-teman pada ngomongin kue-kue kering - termasuk kaastengels - buat lebaran, irma jadi kepikiran untuk bikin kaastengels sendiri lagi.  Kan irma dah punya dapur sendiri ya.  Kapasitas listriknya juga lumayan gede.  Kayaknya bisa deh weekend nanti coba bikin.

Tapi peralatannya ?

irma lalu telpon Mama, 'Ma, masih punya mixer sama oven nggak ?  Mo pinjem dong.'  Jawab Mama, 'Kau mau bikin kue ya ?'  Mama lalu ngublek-ngublek loteng.  Sejak irma sama Teteh nggak pernah bikin kaastengels lagi, peralatan Mama disimpan di gudang di loteng.  Mama sendiri nggak pernah pake.  Tapi Mama suka ngebelinya, buat dipake sama anak-anaknya.

Nggak berapa lama Mama telpon balik.  'Mixernya ada.  Tapi ovennya nggak ada.  Dibawa kakakmu nggak ?'  Rasanya dulu Teteh emang pernah bilang mo pinjam ovennya Mama.  Mungkin emang udah dia angkut ke rumahnya di Cimanggis.  irma lalu sms Teteh (karena nelpon rumahnya nggak ada yang jawab).

Balasannya, 'Oven yang orange ?  ngga tuch kalo mesin jahit iya.'

Yaaaahhh ... kayaknya niat bikin kaastengels kudu ditunda dulu sampai dapat ovennya.  Kan nggak mungkin bikin modal mixer doang.  Ngomong-ngomong itu mixer lebih tua daripada irma lho.  Oleh-oleh Papa pulang sekolah di Belanda.  Nggak heran dulu kalau bikin kue tangan irma atau Teteh pada pegel-pegel.  Mixernya berat bangetttt !!!

 

 

13 comments:

  1. bikin dwonk.. ntar akyu ngicipin :D
    akyu juga sangat sukaaaaaa

    ReplyDelete
  2. kikkikkikikikkk .... kudu cari pinjeman oven dulu niy ;D

    ReplyDelete
  3. buhahauhau mixer kunoo...10 taun lagi bisa di masukin museum ir :D

    ReplyDelete
  4. oh ya sama timbangan juga. dan ayakan. lho kok jadi banyak yang masih kurang ya ???

    ReplyDelete
  5. sekarang aja dah masuk museum tuh. tapi masih bisa dipake. cuma berisik dan berat banget.

    ReplyDelete
  6. parutan keju udah ada lom? akyu pinjemin niy :D

    ReplyDelete
  7. kayaknya itu udah ada deh *mengingatingatisilemaridapur*

    ReplyDelete
  8. mudah2an Irma dapat ovennya cepet supaya bisa bikin kaastengels dan nani bisa ngerasain juga
    *komat kamit doa :D

    ReplyDelete
  9. bantuin boleh, Ma?..
    bantuin ngabisin aja tapinyaa... :D

    ReplyDelete
  10. boleh Pe, bantu ambilin peralatannya di rumah Mama irma di Bandung. trus anter ke Cibubur. trims ;)

    ReplyDelete
  11. jadi pengin kaastengels jugaaaaaaa............

    ReplyDelete
  12. huahahahahahahahahahaaa ..... kan nanti dapet kaastengels ;)

    ReplyDelete