Tuesday, July 27, 2010

sama cerita, beda cetakan, beda sensasi

 

Salah satu buku kesukaan irma adalah serial komik wayang karya RA Kosasih.  Wuiiii ... seneng banget bacanya.  Nggak bosan-bosan.  Dulu buku ini diterbitkan oleh penerbit Maranatha di jalan Ciateul, Bandung.  Masih ada nggak ya ??

Sebenarnya dulu kami punya lengkap.  Tapi karena nggak telaten nyimpannya jadi pada hilang deh entah ke mana.  Kami beberapa kali pindah rumah.  Kayaknya saat pindahan itu ada barang yang berceceran, hilang, atau tertinggal.  Salah satunya adalah koleksi komik wayang tersebut.

Beberapa tahun yang lalu seorang teman di tempat kerja yang lama meminjamkan irma koleksi komik wayang yang sama.  Mulai dari Wayang Purwa, Mahabharata, Bharatayudha, sampai Pandawa Seda.  Cuma Parikesit yang dia nggak punya.  Duh senangnya.  Dibaca lagi, lagi, dan lagi berulang-ulang.  Nggak ada bosan-bosannya.  Tapi namanya juga pinjaman ya, jadi harus dikembalikan setelah usai.  Apalagi teman yang satu ini termasuk rajin menagih.  Nggak enak pinjam lama-lama.

Kemudian di satu toko buku yang khusus menjual komik karya anak negeri (bukan komik Jepang atau manga) irma ketemu koleksi komik wayang karya RA Kosasih ini lagi.  Waaaa ... rupanya dicetak ulang.  Tapi bukan oleh penerbit Maranatha lagi.  Cetakan kali ini ukurannya lebih kecil.  Kertasnya juga lebih bagus pakai HVS putih.  Tapi gambar dan ceritanya tetap sama.  Ya iya lah, karya yang sama dari RA Kosasih.

irma beli satu set.  Pas baca di rumah, kok lain rasanya.  Buku yang sekarang memang lebih bagus.  Namun lebih asik baca buku yang lama meski berbau apak karena dah tua.  Kertasnya juga beda, kertas koran tipis warna kecoklatan.  Tapi sensasi yang dirasakan waktu bacanya, beda banget.  Baca buku baru, irma ngerasa biasa aja.  Baca buku lama, irma serasa hanyut dalam kejadiannya.

Hhhh ... nyesel banget dulu nggak jaga koleksi buku baik-baik.

 

 

 

4 comments:

  1. kalo saya, album cerita ternama. cerita kelas dunia dirangkum dalam 42 hal kalo nggak salah. Udah banyak, dan dijilitin jadi sekitar 12 jilid. satu jilid ada 5 cerita. Trus dikasih ke sepupu yang dulu anaknya baru kelas satu sd. Eh ternyata itu anak nggak suka baca cerita seperti itu, jadilah koleksi buku itu nggak ketahuan rimbanya.

    Pelajaran yang didapat, kalo ingin memberikan benda yang berharga, yakin dulu bahwa yang diberikan juga menghargai benda tersebut, minimal sama seperti kita.

    ReplyDelete
  2. hiyyyaaaa ... aku juga suka banget nihh ! ada cerita old shatterhand dan winnetou juga di dalamnya :D

    iya, emang sakit hati banget kalau kesukaan kita dikasih ke orang, eh orang itu cuek aja nggak menghargai pemberian kita :((

    ReplyDelete
  3. Ir, suatu hari (mungkin 2 tahun lalu) aku jalan-jalan di plaza semanggi dan ketemu toko jual buku-buku djadoel, diantaranya komik wayang. kayaknya pa oen beli parikesit dan arjuna wiwaha deh.... tapi pindahan kemarin lupa naruhnya ..... hahahahah.... sami mawon, pindahan kececer. :(

    ReplyDelete
  4. hiyyaa ... emang ini toko yang aku maksud di atas :D

    ReplyDelete