Monday, July 12, 2010

Song Put - asli Depok, bukan dari Thailand

"Iiih, irma !  Itu ada mpus di jalan !"

Demikian seru Wahyudi tadi pagi waktu kita berangkat kerja lewat komplek sebelah.  Di tengah jalan dua ekor anak kucing sedang menyeberang.  Dooohhh ... irma takut mereka ketabrak !  Makanya irma lega banget waktu lihat mereka berhasil sampai ke seberang jalan dengan selamat.  Pffff ...

Dalam hati irma bertanya-tanya, ke mana induknya ya ?  Jangan-jangan mereka berdua dibuang orang.  Kasihan.  Masih kecil begitu.  Perkiraan irma usia mereka baru dua bulanan dan masih menyusu.

Kedua anak kucing itu berjalan beriring-iringan.  Yang putih di depan, yang loreng lari-lari kecil di belakangnya.

Jadi ingat ucil di rumah.

Di rumah tinggal 2 ucil.  Ucil Putih dan Ucil Loreng.  Karena udah besar sekarang mereka berdua suka jalan-jalan menjelajahi komplek.  Nggak berdiam di kolong mobil lagi.  Mereka juga punya tempat persembunyian baru.  Di pipa pralon pengalir air dari jalan ke saluran air.  Tempat itu memang tersembunyi banget.  Nggak terlihat oleh anak-anak yang suka menjahili mereka.  Tapi kalau hujan mereka harus pindah dari sana.

Ucil Putih tubuhnya lebih besar daripada Ucil Loreng.  Ia juga bertindak seperti pemimpin.  irma perhatikan kalau kedua ucil itu jalan-jalan, selalu Ucil Putih memimpin di depan.  Dia juga lebih galak daripada Ucil Loreng.  Kalau Ucil Loreng kelakuannya manja.  Dia suka meluk-meluk induk atau saudaranya.

Wahyudi bilang, Ucil Putih paling lama kalau lagi menyusu.  "Pantas, badannya gede gitu."  Tapi Wahyudi bilang juga dia paling cantik.  Bulunya selalu bersih.  Beda banget sama induknya yang dekil.  "Mungkin dia belajar dari neneknya," komentar Wahyudi.  Neneknya ucil adalah si Mpus.  Mpus tuh cantiiiiikkk sekali.  Wahyudi bilang lebih cantik Mpus daripada Shasha, kucing anggora himalaya peliharaannya Bu Lek Amin.  Shasha tampangnya jutek abizzz.  Cemberut mulu.

Akhir-akhir ini irma sering memanggil Ucil Putih dengan Ciput.  Kependekan dari Ucil Putih.  Wahyudi protes, "Badan gede gitu kok dibilang kecil ?"  Ternyata Wahyudi kira Ciput itu kependekan dari Kecil Putih.

"Dinamain Song Put aja," Wahyudi memberi usul.  "Song Put = Bongsor Putih."

Hahahahaha, Song Put.  Kesannya kayak nama orang Thailand.

 

 

 

 

2 comments:

  1. sekarang ini ada berapa kucing dirumah Irma sih? awas bulunya lhooooo!!!

    ReplyDelete
  2. banyak. yang ngendon di halaman depan : maggie, charlie, obbie, kelly, nJengkelin, song put, coreng (ucil loreng). yang nggak tetap tapi sering berkunjung : pacarnya maggie, pacarnya kelly, hatchi, mpus.

    kalau bulu kucing, itu urusannya om bewok secara tugasnya bersih-bersih. aku kan nggak boleh deket-deket sama dia, jadi ngliatin si mpus dari balik kaca jendela aja.

    ReplyDelete