Sunday, January 20, 2008

belajar jadi mantri untuk Mel

 

Akhir-akhir ini RD nya Mel sering bermasalah.  Dia nggak mau pindah ke sprocket yang lebih besar.  Kalau ke yang lebih kecil, mau.  Istilahnya irma, teu kuat nanjak.  Karena sprocket yang besar biasanya dipakai untuk di tanjakan.

 

Padahal baru tiga minggu yang lalu diservis.  Masa’ secepat itu harus diservis lagi ?  Nggg …… coba betulin sendiri bisa nggak ya ?  Pernah nanya ke Om Benny ‘Mammoth’ Mamoedi – penulis buku Merakit Sepeda – gimana caranya, beliau kasih petunjuk berikut ini :

  1. Rante di taro di sproket paling kecil (untuk RD& FD). Shifter RD & FD nya juga di taro di posisi itu ya.
  2. Lalu baut RD yang ngikat kabel nya di kendorin.  Peteran kabel (yang ada di pangkal kabel yang masuk ke RD) juga di kendorin, puter kekiri dilihat dari belakang.
  3. Setel lengan RD supaya lurus dengan sproket nya (gigi yang paling kecil). Caranya baut yang ada di RD yang ada huruf "H" puter ke kiri atao ke kanan sampai sejajar. Itu huruf nya kecil banget, tp pasti ada.
  4. Setelah itu tarik kabel RD sampe tegang. Nggak usah kenceng banget, yang penting seluruh panjang kabel tegang aja.
  5. Lalu sambil ditahan kabel nya, kencengin lagi bautnya.
  6. Abis itu coba shifting ke semua sproket nya, naik dan turun.
  7. Klo shifter nya abis dan belum sampe ke gigi paling gede, setel baut RD yang ada huruf "L" kekiri ato kekanan sampe lengan RD nya sejajar dengan gigi nya.
  8. Beres deh...
  9. Nah klo untuk gigi tengah nya (gigi 2-6 klo pake 7speed, 2-7 klo pake 8speed), belum "smooth", setel puteran kabel (yang ada di pangkal kabel yang masuk ke RD) ke kiri ato kanan pelan-pelan sambil dicoba naik turunin gigi.
  10. Tp biasanya ini jarang bener, ampir nggak perlu , di setel.

Jadi hari Minggu kemarin irma coba praktekkan petunjuk tersebut.  Setelah hampir tiga jam berkutat dengan baut, kabel, obeng, tang, dan kunci inggris, akhirnya berhasil juga.  Ya belum mencapai 100% sih, tapi lumayanlah RD nya bisa naik turun dengan lancar.  Meski masih ada satu ganjalannya, yaitu nggak mau naik sampai sprocket yang paling besar.

 

Kenapa ya ?  Perasaan semua petunjuk Om Benni udah irma ikuti dengan benar.  Setelah irma baca lagi petunjuknya dengan seksama, ternyata di akhir petunjuk ada catatannya : ‘… klo msi juga ketemu masalah yg sama, terpaksa Irma musti bawa sepedanya ke bengkel …’

 

Hoaaa …… gimana nih ?  Nyerah ??  Nggaaaakkk.  Sabtu atau Minggu nanti irma akan coba utak-atik lagi.  Cuma belum ketemu kombinasi yang pas antara peteran kabel RD dengan baut L nya.  Jadi tertantang nih.  Kalau udah bisa betulin ndiri, kan nanti kalau Mel agak sakit-sakit dikit bisa irma yang obatin.  Seperti kata  Uda Indra , ‘… harus bisa jadi dokter dadakan untuk first aid …’

 

Jadi untuk beberapa hari ini Mel jalan di gigi 2 – 8 dulu aja.  Sementara untuk mensiasati tanjakan kombinasiin aja antara gigi RD dengan FD.  Lagipula irma kan jarang ngelewatin tanjakan.  Paling cuma tanjakan di Buncit menuju Warung Jati atau di Ketapang. 

 

Ternyata belajar jadi mekanik asik juga.  Hmm … kapan ya Om Inos ngadain pelatihan Bike Clinic lagi ??

 

2 comments:

  1. pertama kali nyetel FD dan RD kalau nggak tahu prinsip dasarnya emang bikin stress...

    ReplyDelete
  2. hueheheheheheee ... stress, tapi challenging juga euy :D

    ReplyDelete