Wednesday, January 23, 2008

Mati lampu saat audit

 

Tadi siang waktu lagi audit di tempat client tiba-tiba … BLEP !  Gelap gulita !  Ternyata listrik padam.  Bukan cuma di tempat client aja tapi di seluruh kawasan industri Pulogadung.  Client coba telpon PLN tapi telpon di sana mati.  Tunggu, tunggu, sepuluh menit, dua puluh menit, wah kayaknya nggak ada tanda-tanda listrik akan kembali nyala.  Pengalaman client, kalau mati lampu seperti itu bisa sampai sore.  Baru nyala lagi jam tujuh malam.  Rupanya udah sering kejadian gitu.

 

Jadi auditnya gimana ?  irma ingat sekali waktu pernah juga listrik padam saat audit.  Waktu itu audit kontraktor, kantornya di dekat kebun binatang Ragunan.  Sama juga mati lampunya lama.  Tapi audit kan harus jalan terus ya.  Jangan menyerah dengan keadaan.  Jadi irma usulkan auditnya pindah ke …… pekarangan !  Kalau di luar kan ada sinar matahari jadi terang.  Kebetulan juga di sana lumayan teduh karena banyak pohon.  Lalu client rame-rame nggotong meja meeting keluar.  Sambil ketawa-ketawa mereka lakukan itu.  Setelah itu audit lanjut lagi.  Baru kali itu irma audit di bawah pohon.  Hehehe, serasa lagi piknik.

 

Dengar cerita irma itu client tadi nyeletuk, ‘Bu, gimana kalau auditnya pindah ke PTC (Pulogadung Trade Center) ?  Kalau udah lewat jam makan siang gini foodcourtnya sepi lho.’  Trus, dokumen-dokumennya gimana ?  Kan banyak tuh nggak cuma satu lemari.  ‘Eh kita kan punya truk !  Tinggal angkut aja.’ jawab clientnya.  Hahahaha.

 

Ternyata nggak perlu sampai ngungsi jauh gitu.  Audit dilanjutkan di satu ruang yang punya banyak jendela.  Semua jendela dibuka lebar-lebar biar cahaya masuk.  Lumayan lah, meski kadang-kadang irma harus agak geser ke dekat jendela kalau ada dokumen yang kurang jelas terbaca.  Kan ada juga tuh dokumennya yang merupakan carbon copy.

 

Sampai irma pulang dari tempat client jam empat sore, listrik masih juga padam.  Tapi audit hari itu dapat diselesaikan semua.  Senangnya, nggak ada session audit yang tertunda.  Memang benar kita jangan langsung kalah kalau ada masalah.  Malah partner audit irma yang tadi audit di bagian IT jadi bisa langsung memverifikasi bagaimana back-up system saat terjadi gangguan seperti padam listrik gitu.

 

Hmm, jadi mikir kayaknya piranti audit irma musti ditambah nih.  Kalau waktu itu ada client yang berkilah irma nggak bisa masuk ke area produksi karena nggak ada APD (Alat Pelindung Diri), berikutnya saat audit ke sana lagi irma bawa safety shoes, ear plug, masker, dan helm sendiri jadi client nggak bisa nolak lagi.  Nah sekarang piranti auditnya harus ditambah dengan headlamp.  Jadi nanti kalau ada kejadian mati lampu saat audit, irma tinggal pasang di atas kepala, nyalain, lalu lanjut lagi deh auditnya.  Nah, jadi nggak ada alasan kan kalau client berkilah, ‘Bu, lampunya mati.  Auditnya ditunda besok-besok aja ya …’

 

Bawa safety shoes, helm, masker, headlamp.  Busset, ini mau ngaudit atau nyusurin gua sih ??

 

 

1 comment: