Sunday, January 20, 2008

Carrefour akan meniadakan kantong plastik ?

 

Mungkin Alice atau Olive yang bisa menjawab.  Kabar itu irma dapat dari kasir Carrefour di ITC Ambassador tadi siang waktu irma belanja ke sana.  Dari sekarang aja mereka sudah kesulitan kantong plastik.  Belanjaan para pelanggan dikemas dalam dus-dus.  Akibatnya waktu transaksi di kasir jadi lebih lama.  Akibatnya lagi, antrian panjang terjadi di setiap kasir.

 

Sebenarnya merupakan suatu hal yang baik jika toko-toko mengurangi penggunaan kantong plastik apalagi kalau sampai meniadakannya.  Tapi hendaknya hal tersebut dikomunikasikan dengan pelanggan.  Misalnya nih, pada langit-langit di atas kasir-kasir Carrefour ITC Ambassador kan terpasang LCD tempat promosi atau penayangan iklan.  Nah di situ kan bisa diumumkan, misalnya, ‘Pelanggan yang terhormat, mulai tanggal … kami tidak lagi menggunakan kantong plastik untuk membungkus belanjaan.  Demi kelancaran transaksi di kasir, sebaiknya anda membawa kantong untuk membungkus belanjaan anda.’  Lalu dikasih contoh kantong belanja yang bisa dipakai, misalnya kantong dari kain blacu atau kanvas yang kuat dan bisa dipakai berkali-kali.  Atau keranjang belanjaan seperti dulu yang biasa dipakai ibu-ibu belanja ke pasar tradisional (hihihi, jadi ingat dulu kalau ikut Mama ke pasar, irma paling suka pegangin keranjang belanjanya.  Serasa seperti Upik yang ngintil Emak di majalah Bobo).

 

Asal jangan program peniadaan kantong plastik ini menjadi semacam ‘pemaksaan’ bagi para pelanggan untuk membeli kantong yang dijual toko tersebut.  Pemaksaan, maksudnya tiap kali belanja pelanggan harus membeli kantong belanja yang dijual toko meski pelanggan telah membawa sendiri kantong dari rumah.  Kalau gitu sih, niat bersikap environmental friendly jadi pocket unfriendly.  Pernah tuh, irma ditolak pake kantong kain blacu yang irma bawa karena kantong tersebut keluaran toko pesaing.  Gimana nih, yang perlu dilihat kan tujuannya bukan sumber kantongnya.

 

Memang perlu waktu untuk mendidik konsumen untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.  Kadang-kadang perlu juga dibuat konsumen harus ‘keluar uang’ untuk menggunakan kantong plastik.  Misalnya nih, dulu sepuluh tahun yang lalu waktu irma belanja di Makro Cibitung, Makro tidak pernah menyediakan kantong plastik pembungkus belanjaan.  irma harus bayar kalau irma mau pakai kantong plastik.  Lumayan harganya, kalau nggak salah sama dengan ongkos ojek dari Makro itu ke pabrik tempat kerja.  Karena kudu keluar duit gitu makanya tiap kali belanja ke sana irma bawa kantong belanjaan sendiri.  Pengemasan belanjaan dengan kantong belanja sendiri dilakukan setelah traksaksi pembayaran di kasir.

 

Mudah-mudahan makin banyak toko yang mengurangi penggunaan kantong plastik.  Biar nggak banyak sampah, dan bumi nggak makin hancur.  Kalau bukan kita, siapa lagi yang menyelamatkan bumi.  Kalau nggak dari sekarang, kapan lagi bertindak.

 

Hm, kayaknya mulai sekarang kantong kain blacu irma harus selalu tersedia di dalam tas tiap kali bepergian.  Kadang-kadang kan belanja nggak diniatin, ujug-ujug aja nyelonong ke pasar swalayan.

 

 

25 comments:

  1. waah bener nih musti nyiapin kantong sendiri,
    tapi...jgn sampe ditolak kek cerita irma itu ya :)

    ReplyDelete
  2. hmmm senangnya dah mulai sadar utk mengurangi limbah plastik

    ReplyDelete
  3. ehheemmm...
    irma, bukan meniadakan...tapi mengurangi....
    si shoppingbag yang putih yang seperti biasa, masih tetap ada, tapi dikurangi jumlahnya.
    Carrefour menjual "green bag" dengan bahan plastik yang kuat & kantong kain juga.
    Jadi diawal memang beli, dan diharapkan customer memakai kantong yang sama ketika berbelanja di Carrefour lagi.
    Apabila kantong2 itu rusak, bisa ditukarkan dgn yang baru di customer service for free.
    program ini baru mulai kok...
    mudah2an aja bisa di terima oleh customer indonesia.. :p

    iya, sekarang di tas ku, selalu nangkring tuch si greenbag...
    kadang2 kalo blanjanya sangat sedikit, aku dah ga minta kantong lagi...

    ReplyDelete
  4. irma, alice.. thanks for sharing
    jadi kudu nyiapin tas blacuuuu yg udah lama disimpen ... ^_^

    ReplyDelete
  5. bukan cuma dikurangi konsumsi plastik nya, tapi bagaimana cara membuangnya, mengolah limbahnya, dan penggunaanya. apa kembali ke masyarakat. dan harus di netralisir lagi guna mencegah racun-racun berbahaya dari olahan limbah plastik. bisa mengacu ke sertificate Green peace semua bahan olahan harus bersih dari kuman atau bakteri berbahaya untuk manusia.

    have a nice day

    ReplyDelete
  6. tapi kalau bawa kantong kain yang bukan cap carrefour, bakalan dijutekin petugasnya nggak lice ? (kalo nggak boleh pake kantong sendiri gw belanja di toko sebelah aja ah ...)

    ReplyDelete
  7. hehehehehe...
    ga kok...gw juga kadang bawa kantong yg aneh2....
    dilipet dulu aja di tas...pas di kasir baru dikluarin... :)

    ReplyDelete
  8. oke deh. tas kain gw bisa dilipet-lipet jadi cuma seukuran dompet. jadi bisa disakuin dulu sebelum bayar ke kasir. thanks ya :D

    ReplyDelete
  9. bagus juga idenya.. mesti nyiapin kantong nih..

    ReplyDelete
  10. wah ...ngalamin ya ma,
    mo nambahin aza ...ini salah satu program cinta lingkungannya C4, tahap awal kita mengurangi pemakaian shopping bag dan mensosialisasikan green bag seperti yg dijelasin sama Alice.di atas. ke depannya plastik putih itu akan ditiadakan sehingga suatu saat setiap yg datang belanja ke C4 akan membawa kantongan sendiri. (paling dikomplein sama ibu² RT yg kehabisan kantong plastik buat kantong sampah :p)

    beberapa minggu lalu saya juga sempatkan belanja ke Ambas (toko tempat Alice & gw "bertumbuh"), gw akuin sebagian besar kasir yg bertugas belum membiasakan diri untuk menawarkan green bag yg tersedia di meja² kasir kepada pelanggan...sehingga pelanggan pada bingung ketika jatah plastiknya berkurang (fyi, setiap kasir yg bertugas juga dijatah lho berapa kantong plastik yg dia habiskan selama bertugas), gw aza gak ditawarin berhubung gw tahu soal ini maka gw minta ke kasir untuk memasukkan belanjaan ke dalam green bag dan dengan sengaja mengeraskan suara saat ngomong dengan si kasir biar yg ngantri di belakang juga dengar.

    intinya memang di komunikasi sih, blom nyampe he ..he..thx for sharing ma, ini masukan yg bagus.boleh gw forward ke customer service di Ambas gak ?

    ReplyDelete
  11. ehem juga!!..
    dah lama gue selalu menolak di kasih plastik kalo pas belanjaannya kira2 muat dimasukin ke tas *tas kantor, tas sekolah, tas jalan, halah*.. mangkanya gue gag pernah punya tas kecil *kecuali tas kondangan*
    Jadi kalo belanja, mo di warung, di mini market, sampe ke toko2 gede *c4 misalnya* gue akan bilang "gag usah diplastikin mba!!" hehee..
    mari mengurangi plastiiik... ;)

    ReplyDelete
  12. boleh, boleh banget. semoga bisa segera ditindaklanjuti :D

    ReplyDelete
  13. yak betul ! mereka malah nawarin beli pulsa isi ulang, hehehe

    ReplyDelete
  14. gw pernah nerapin ini di salah satu toko. eh dengan memelas petugasnya bilang, 'Mbak, kalau nggak diplastikin kita yang kena tegur. Nanti disangkanya customer belum bayar.' Dibungkus plastik sebagai tanda udah bayar ?? Hm, kebijakan yang aneh. kenapa nggak sekalian pake segel untuk nyegel paket yang dipake kantor pos ??!

    ReplyDelete
  15. bener tuh, gw dah bilang gak pake pucer tetep aza kekeuh sumerekeuh nawarin beli pulsa he ..he..

    ReplyDelete
  16. :))
    itulah ma.. emang masyarakat kita dah terlalu biasa make kantong plastik sih.. *sigh*

    ReplyDelete
  17. nggg .... alice, ternyata kenyataannya nggak gitu :( barusan nih temen kantor irma cerita waktu di Carrefour ITC Ambassador dia mau pake kantongannya sendiri, nggak boleh sama kasirnya. harus kantong yang ada tulisan Carrefournya. kalau aku ngalamin kayak gitu juga, boleh aku bilang ke kasirnya, 'Tapi kata Alice boleh kok !'
    (lalu kata kasirnya, 'Alice ? Alice who ?' . ngggg ... )

    ReplyDelete
  18. kenapa nggak diganti sama kantong kertas aja yah ?
    biar kayak di luar negri itu looohh :-P

    ReplyDelete
  19. yang di luar negeri bukannya kertas hasil recycle ?

    ReplyDelete
  20. aku udah ngalami penggunaan greenbag di C4 setahun (dec. 2007..huahahaha) ..di my home town..(Medan..manalagi.:) )
    pake kantong laundry..keren euy..

    ReplyDelete
  21. hhmmmm...boleh gw forward khan ke customer service di ambas???
    mustinya mah boleh2 aja....HUH!!!
    bilang aja, Alice marketing di head office!!! :P ;)

    ReplyDelete
  22. iya, forward aja. nanti kalau masih nggak boleh juga, aku akan bilang 'Nanti aku bilangin ke Alice lho ! Alice yang dulu sama-sama Olive tumbuh di sini. Yang sekarang di marketing head office.'

    ReplyDelete
  23. be my friend
    di multiply gw juga
    ada tentang kantong kereser carrefour !
    bye
    NJIL

    ReplyDelete