Friday, January 18, 2008

bersepeda di jalur busway

 

‘Asik ya, kalau naik sepeda kan bisa lewat jalur busway.’

 

irma mengerutkan kening dengar komentar seorang rekan auditor.  Bersepeda di jalur busway ?  Nggak salah tuh ?  Baru beberapa hari yang lalu di milis B2W rame dibahas tentang bersepeda di jalur busway.  Banyak yang tidak setuju karena itu berbahaya.  Gimana nggak bahaya, penyepedah itu bersepeda di jalur yang berlawanan.  Jadi kalau ada busway mau lewat dia harus menyingkir ke separator.

 

‘Lho tapi kan asik,’ kembali rekan itu berkata.  Haaa …… gimana nih, dia seorang auditor safety yang selalu mengingatkan client akan pentingnya memperhatikan keselamatan, ini kok malah ngajarin yang nggak bener ?  irma jadi geleng-geleng kepala.  Ah nggak ikut-ikutan ah.

 

Seingat irma, dulu ada yang ngasih tau kalau kendaraan yang diberi jalur sendiri itu adalah justru untuk keselamatan yang bukan penggunanya.  Contohnya nih, kereta api.  Karena kereta api jalannya kencang sehingga otomatis untuk mengerem perlu waktu lebih lama, maka ia diberi jalur sendiri.  Nekat make jalur kereta, ya itulah makanya kejadian ketabrak, kelindes sampai badan ancur sehancur-hancurnya.

 

Begitu juga sebenarnya dengan busway.  Sering kan dengar kecelakaan ada yang ditabrak busway.  Entah itu penyeberang jalan atau pengendara motor.  Lha emang bukan jalurnya.  Makanya irma sebel banget kalau lihat mobil-motor nyelonong masuk jalur busway.  Hmm yah kalau pakai jalurnya antara jam 22.00 – 05.00 saat busway tidak beroperasi, mungkin masih oke lah.  Lha ini makenya di saat jam-jam busway beroperasi.  Makanya sekarang banyak penumpang busway yang ngeluh kalau pake busway tuh nggak nyaman.  Ya udah penuh desak-desakan, masih juga ditambah perjalanan lama karena macet.  Masa’ Pejaten – Kuningan sekarang ditempuh dalam waktu lebih dari satu jam ?  Padahal dulu waktu awal-awal busway beroperasi paling lama cuma setengah jam.

 

Nggak disangka-sangka, salah satu penyalah guna jalur busway untuk kendaraan pribadi adalah boss irma sendiri.  Herannya, dia malah bangga.  irma yang sebel.  Gimana nih, pemimpin kok nggak kasih contoh yang benar ? 

 

Satu lagi penyalah guna jalur busway adalah teman irma yang B2Wer juga.  Nah, dia ini yang suka make jalur busway di jalur berlawanan.  ‘Ma, elo kalau naek sepeda hati-hati banget ya ?  Gw perhatiin elo selalu di jalur paling kiri.  Gw juga di jalur paling kiri.  Tapi kirinya jalur busway yang dari arah berlawanan.  Hahaha,’ dia tertawa melihat irma menyusuri tepian jalan.

 

Hhh …… terserah deh, elo bilang gw penepi jalan.  Yang penting gw aman, juga nggak membahayakan orang lain.  Kalau emang pengen cepat sampai kantor, gw ngikutin kata-kata orang tua yang nggak pernah basi : bangun lebih pagi dan berangkat sebelum matahari meninggi.  Lagian kalau masih pagi gitu lebih enak nggowesnya.

 

I’d rather play safe, my friend, instead of put my life (or somebody’s life) in jeopardy.

 

 

4 comments:

  1. Setujuuuu... lagian para pemakai jalur busway yag tidak semestinya itu malah bikin TJ jadi macet!
    dah tau jalanan macet malah mo nyerobot jalur busway! kalo gak mau macet ya naik sepeda kaya irma, atau naik busway aja!

    ReplyDelete
  2. pernah juga sih nyerobot masuk ke jalur bus way, tapi kudu sering liat ke belakang, takut juga kalo lg enak genjot trus di kagetin sm bus way dr belakang. mungkin sang sopir mikir juga buat nabrak, tapi yg ga enak kalo orang2 yg duduk di depan bus way pada ngeliatin smua, malu juga, hehehhee...

    ReplyDelete
  3. pernah berpikir kalau jadi pengemudi busway ? sebel nggak jalurnya dipake sama yang bukan haknya ?

    ReplyDelete
  4. iyak.. sebel bgt pastinja..
    rasanya pengen nabrak2in aja pastinja :D

    ReplyDelete