Thursday, September 6, 2007

aku nggak mau masuk jalur cepat

 

Kecuali kalau aku mau masuk U-turn.  Tau diri ajalah, aku ini nggowesnya pelan-pelan.  Selaku kendaraan lambat ya bukan tempatnya di jalur cepat.  Biarpun nggowesnya di jalur paling pinggir dari jalur cepat, tetap aja bukan di situ tempatnya.  Daripada aku stress karena swing swing mobil melaju di samping kanan aku, trus aku gemetar lalu panik lalu jatuh gedubrakan, lebih baik aku nggowes santai di jalur lambat.  Bareng sama metro mini, kopaja, dan bis.  Nggak pa-pa.  Aku di pinggir aja.  Kalau mereka mau jalan duluan, ya monggo silakan.  Kalau mereka berhenti ya aku berhenti juga, nunggu mereka jalan lagi.  Lumayan aku bisa rehat.  Kecuali kalau mereka mau ngetem ya aku susul sambil bunyiin bel kring kring kring kring.

 

Memang kelas nyepedahku bareng tukang siomay, tukang sayur, mbok jamu, tukang roti, tukang kerupuk.  Alon alon weton kelakon.  Bukan kelasnya MTB yang bawaannya selalu pengen kenceng.  Makanya aku males ikutan konvoi.  Pernah ikutan konvoi, mereka pada masuk jalur cepat.  Ayo Mbak, cepetan !  Seru mereka.  Sementara aku bergidik ngeri ngeliat mobil-mobil itu melaju kencang.  Mana lampunya bikin mataku silau.  Aku tau, nggowesku yang kagok di pinggir jalur cepat itu sebenarnya bikin nyetir mereka kagok juga.  Bahaya.  Dua kali ikutan konvoi, terus aku bilang sama diriku sendiri, STOP !  Aku nggak mau ikutan lagi kalau begini caranya.  Selap salip di antara mobil.  Bukan cuma berbahaya tapi juga bikin pengendara lain sebel.  Kalau begitu, apa bedanya aku dengan pengendara motor yang aku benci ??

 

Makanya aku nggowes sendiri.  Apa tuh istilah klian, lone rider ??  Tapi aku nggak pernah kesepian.  Di jalan selalu ada yang menyapa aku.  Seperti tadi pagi seorang penyepedah melambaikan tangannya ketika ia mendahuluiku dari kanan.  Atau seperti waktu itu ada yang kring kring kring kring bunyiin bel sepeda saat aku melintas.  Duh senangnya disapa seperti itu J

 

Monggo, kalau kalian mau kenceng.  Aku nggak ikut-ikutan.  Biar aku di sini aja, di jalur lambat.  Aku nyepedah cari selamat kok, bukan cari bahaya.  Aku pengen fun.  Bersepeda untuk hilangkan energi negatif.  Hilangin kesel, sebel dan rasa pengen marah-marah.  Daripada ngomel-ngomel mending energinya aku pake buat nggenjot pedal.  Energinya tersalurkan, akunya olahraga, insya Allah badanku jadi sehat.  Naik sepeda, hatiku senang J

 

 

No comments:

Post a Comment