Wednesday, September 26, 2007

ngebis vs nyepedah

 

Hari ini irma nggak pake sepeda.  Karena nanti siang irma mau ke bandara, trus terbang ke Batam.  Jadi tadi berangkat ke kantor pake bis TransJakarta.  Kata Om Luthfi nih, harus dibiasain nyebutnya seperti itu, bukan busway.  Karena busway sebenarnya berarti jalur bis.  Tapi irma pernah dengar di dalam bis itu, menjelang halte Latuharhari rekaman annoucernya bilang, ‘…… busway TransJakarta akan memasuki akhir perjalanan ……’  Nah lo, mana yang bener ??

 

Perasaan udah lamaaaa irma nggak berangkat ke kantor pake TiJe (konon ini nama gaulnya bis TransJakarta).  Dan ternyata sekarang kalau pagi penumpangnya penuuuuhh banget L  Trus lagi karena di Warung Buncit lagi ada perbaikan jalur bis alias busway, jadi perjalanannya tersendat karena TiJe harus lewat jalur regular.  Udah gitu, di pinggir jalan lagi ada galian kabel serat optik.  Wah, makin macet aja tuh jalan ! 

 

Tapi yang paling nyebelin, kendaraan lain ikut-ikutan masuk jalur bis !  Padahal jelas-jelas jalur itu peruntukannya untuk TiJe.  Walhasil, Tije pun jalan merayap yap yap yap yap.  Ih sebel banget !  Karena keegoisan beberapa pengendara mobil dan motor jadi mengorbankan kepentingan banyak orang.

 

Kalau udah begini irma jadi makin kangen sama Mel.  Kita nggak pernah ngebut, santai aja.  Tapi selalu sampai di kantor dengan suasana hati senang.  Ya iya lah, kita nggak terlalu terpengaruh sama macet.  Selama masih ada space selebar 50 cm di tepi jalan, kita tetap bisa melaju.  Meskipun kadang-kadang kita sebel sama motor yang dengan angkuhnya menderu-deru bunyikan suara bising dari knalpot.  Belum lagi asapnya yang bikin mata perih dan batuk-batuk.  Kalau udah ketemu yang kayak gitu mending kita menjauh.

 

Sampai di kantor jam 7.15 dengan kaki pegal.  Pffff, satu jam perjalanan dengan TiJe.  Padahal kalau sama Mel irma cuma menempuh waktu 30 menit.  Lagian kalau sama Mel irma nggak merasa pegal.  Ternyata lebih capek berdiri di dalam bis daripada nggenjot pedal.  Udah gitu, rugi lagi nggak olahraga.  Cuma dapat capeknya doang.  Dan kedinginan kena AC L

 

………… I want to ride my bicycle, I want to ride my bike …………  (‘Bicycle Race’ – the Queen)

 

 

 

 

13 comments:

  1. sesekali pisah sama Mel..gapapa :)

    ReplyDelete
  2. you never have such a feeling like mine so that you can say those words .....

    ReplyDelete
  3. ck..ck ....ck... keliatannya antara dirimu & Mel tak bisa terpisahkan lagi

    ReplyDelete
  4. kalo nggak salah dalam teori merek dikatakan bahwa merek yang sudah generik akan melebur terhadap produknya. contoh misalnya udah bawa kodaknya belum (padahal yang dimaksud kamera), pake rexona donk (padahal maksudnya deodorant), atau bisa minta aqua (padahal yang dimaksud air putih, sehingga dikasih merek lain pun selama air putih tetap diterima)

    nah mungkin busway salah satu kata yang paling cepat melebur ke produknya (bis). ato bisa juga karena ditulisnya busway (nama produk), bukan bus way (jalur bis)

    *ini hasil pemikiranku aja lho, abis dulu sempet juga berusaha untuk selalu menggunakan kata transjakarta

    ReplyDelete
  5. betul, di pelajaran bahasa Indonesia waktu SMP dulu juga bu guru pernah kasih tau jenis gaya bahasa ini. apa ya namanya ?

    ReplyDelete
  6. ha..ha.. wah lupa kalo itu, yang aku paling inget cuma hiperbola, penekanan (salju putih), menyerupai (mobilmobilan) itu aja istilahnya nggak inget :( . abis dulu pelajaran bahasa indonesia sepertinya membosankan sih, seandainya disampaikannya dengan cara menarik mungkin agak susah untuk melupakannya

    ReplyDelete
  7. pleonasme = gaya bahasa berlebih-lebihan, retoris = kalimat tanya yang tidak membutuhkan jawaban, personifikasi = benda mati tapi dianggap memiliki sifat seperti manusia
    ... lokomotif bersiul, tandakan kereta segera berjalan ....... :D

    ReplyDelete
  8. satu jam naik TJ?!!
    waw...
    betul, Ma.. bediri di bis itu emang pegel banget!!

    ReplyDelete
  9. iya itu gara-gara TJ nya dari Pejaten sampai Mampang merayap yap yap yap yap :((

    ReplyDelete
  10. pasti gara2 banyak kenpri (kendaraan pribadi, red.) yang ambil jalur busway ya, Ma?
    gue pernah mau coba brangkat kantor lewat buncit-mampang.. hwrakadah.. naek motor aja 1 jam sampe mampang dari buncit.. itu aja mlipir kiri...

    ReplyDelete
  11. trus terbang ke Batam
    ====
    trus pulangnya kapan..

    ReplyDelete
  12. dhani : iya betul, itu mobil motor pada ngrungsek menuhin jalur busway. motor paling banyak :(
    dyru : pulang Jumat malam

    ReplyDelete
  13. wahhhh... ke batam jadi pisah sama 'mel' dong.

    ReplyDelete