Tuesday, September 18, 2007

My Mel

 

Sabtu malam menjelang Funbike Bike2Work seorang teman akan ambil sepeda lipat yang sudah lama diidam-idamkannya.  Ia cerita siang harinya ia bersihkan sepedanya yang lama.  Entah kenapa sepeda itu tiba-tiba jatuh menimpanya.  Seolah-olah nggak rela ia akan memiliki sepeda baru.  Lalu seorang teman lain berkomentar, ‘Kamu harus adil.  Sepeda itu memiliki jiwa.’

 

Jadi ingat Mel, sepedanya irma.  Bagi irma Mel bukan cuma sepeda, sekedar kendaraan yang irma pakai untuk ke kantor atau jalan-jalan.  Mel tak ubahnya teman.  Penghibur hati di saat sedih, pemberi semangat saat kecewa, kawan bersenang-senang, penampung curhat dan uneg-uneg.  Saat bersamanya kerap kali irma mengajak Mel bicara.  ‘Mel, kita ke … ya,’ kata irma saat akan berangkat.   ‘Alhamdulillah.  Terima kasih ya Allah.  Terima kasih Mel, aku udah sampai dengan selamat,’ kata irma waktu sampai di tujuan.  ‘Mandi ya Mel,’ ujar irma kala menyiapkan air untuk mencuci Mel.  Ketika napas ngos-ngosan sesampai di ujung tanjakan, irma masih sempatkan bilang, ‘Makasih Mel.’ Bahkan saat nyaris terjadi kecelakaan di jalan yang irma cemaskan adalah Mel.  ‘Mel, kamu nggak apa-apa ?’

 

Mungkin aneh untuk orang lain kalau melihat irma perlakukan Mel tak ubahnya manusia.  Tapi bagi irma, Mel itu sahabat.  Mel adalah pelarian irma saat kesal dengan sikap Wahyudi.  Kalau kesal dengan orang lain kan irma curhatnya sama Wahyudi.  Kalau kesalnya sama Wahyudi, yaaa …… irma cari yang lain untuk melupakan kekesalan.  Dan irma akan berlari pada Mel.  Lalu kita pergi jalan-jalan berdua.  Just me and her.

 

Jumat sore tanggal 7 September 2007 saat rekan-rekan B2W menuju Balaikota dalam rangka peringatan Bike2Work Day, irma dan Mel berjalan pulang.  Langit gelap saat itu.  Memasuki Mampang hujan mulai turun.  irma menepi.  Pasang bag cover dan pakai jas hujan, lalu lanjut nggowes lagi.

 

Hujan turun makin deras.  Tapi irma putuskan untuk tetap berjalan.  Melihat genangan air cukup tinggi di samping halte Warung Jati, irma putuskan untuk tidak melewati Warung Buncit.  irma belok masuk Warung Jati.  Jalan di sana tidak terlalu ramai.  Tapi seluruh permukaan jalan tertutup air yang mengalir deras.  Tidak bisa dibedakan mana jalan mana selokan.  irma serasa bersepeda di sungai.

 

Air menghanyutkan sampah dan bebatuan.  Dalam hati irma berdoa semoga tidak ada yang menyangkut di kaki-kaki Mel.  Bergidik irma membayangkan paku atau ujung kayu yang tajam melukai Mel.  Sedih banget kalau lagi hujan deras gini harus pulang nuntun sepeda karena pecah ban.

 

Bahkan saat kondisi normal irma selalu bersepeda perlahan apalagi ini saat melintasi banjir.  irma pasrah saat mobil dan motor yang mendahului cipratkan air ke sekujur tubuh irma dan Mel.  Basah kuyup badan irma.  Jas hujan yang dipakai tidak lagi berarti.  irma hanya berharap dalam tas irma tetap kering terlindung bag cover.  Ada kamera di sana.

 

Alhamdulillah, selamat sampai di rumah.  Begitu letakkan Mel di teras irma langsung ambruk, jatuh terduduk.  Terima kasih Mel, terima kasih, bisik irma membelai-belai Mel.  Menetes air mata irma, bercampur dengan air hujan di wajah.  Andaikan Mel alami gangguan di perjalanan tadi, mungkin saat itu irma masih di jalan hujan-hujanan menuntun sepeda.  Tapi Mel baik-baik saja.  Ia tetap melaju menembus banjir.  Hingga selamat kami sampai di rumah.  Terima kasih Mel.  Terima kasih.

 

Air mata irma mengalir deras.  irma merasa begitu beruntung.  Sampai di rumah irma bisa mandi, irma bisa minum teh hangat.  Sedangkan Mel ?  Seharusnya ia pun mendapat perlakuan yang sama.  Tapi apa yang bisa irma berikan kepada sepeda yang begitu setia mendampingi irma ?  irma terlalu letih untuk memandikannya.  irma hanya melap badannya yang basah.  Lumpur masih menempel di rantai dan kaki-kakinya.

 

Maaf Mel, irma nggak adil sama kamu.  Rasanya irma ingin menangis memeluk Mel.  Saat itu irma merasa Mel begitu berarti.  irma nggak perlu sepeda lain selama masih ada Mel.  irma memupus keinginan beli sepeda lagi, hanya sekedar ‘tuk mengikuti trend punya sepeda lipat.  Bisakah folding bike melalui banjir beraliran deras seperti Mel tadi ??

 

…… irma cinta kamu Mel, meski sekarang pedal kamu kriet-kriet tiap kali dikayuh ……

 

 

25 comments:

  1. memang begitulah seharusnya memperlakukan ...
    klo kt orang jawa.. itu namanya "gemi" (orang yg pandai merawat dan menghargai barang2 yg dipunyai)

    ReplyDelete
  2. gemi ? kalau di bahasa sunda ada istilah rikrik gemi. tapi artinya apa ya ??

    ReplyDelete
  3. hahaha dhani. irma ingatnya kalau jalan kaki dari alun-alun menuju terminal kebon kalapa, lewat jalan kecil ...... apa ya, namanya ? pokoknya di situ lewat angkot-angkot dari kebon kalapa yang mau ke ledeng, dago dan aceh. nah di situ ada dua rumah kembar ibarat pantulan cermin. satu rumah namanya rikrik, satu lagi gemi. tiap kali lewat situ selalu ingat guru bahasa sunda pernah ngajarin istilah 'rikrik gemi' tapi sampai sekarang irma nggak ingat maksudnya apa. dulu emang males banget nyimak pelajaran bahasa sunda.
    nggak tau rumah kembar itu masih ada atau nggak. bagus tuh rumah. model tempo doeloe.

    ReplyDelete
  4. ganti pedalnya donk, biar Mel tambah enak digowes..

    ReplyDelete
  5. iya kayaknya memang harus ganti pedal tapi nunggu duit THR turun, hehehehe

    ReplyDelete
  6. hihihi temennya namanya rifa yak :D ... tau ga irma, bekasnya masih ada lhoh.. goretan crank di paha.. hiks gpp deh.. ci(n)deramata dari pacar pertama. ay lop yuh wiwinkuh...

    ReplyDelete
  7. Irma, aku jadi terharu baca cerita si Mel. Apalagi ngebayangin musti lewat aliran air yang deras gitu. Bener-bener hebat si Mel.

    ReplyDelete
  8. ooh..

    tapi menarik lho, karena kalo di anagramkan maka akan menjadi elm, ato lem

    elm : sebuah pohon yang kayunya cukup tahan terhadap air, sehingga tidak mudah mengalami pembusukkan

    lem : perekat.

    *jadi nggak heran kalo irma merasa dekat dengan mel, dan mel mempunyai daya tahan yang kuat dalam menghadapi hujan.

    ReplyDelete
  9. hahaha, betul juga ya :D
    eh, tapi bagaimana dengan eml ? mle ? lme ? ada artinya juga nggak ?? *ih, maksa banget ya !*

    ReplyDelete
  10. poetic sekali... om ada ide buat nama sepeda lipetku? warnanya abu2 hihihi..

    ReplyDelete
  11. eskrim : :)

    rifailyasa : duh... ngak berani saya, nanya irma aja gimana caranya dia dapat id memberikan nama mel ke sepedanya. perempuan lebih jago kalo ngasih nama ke bendabenda kesayangan. :)

    ReplyDelete
  12. ooo ..si mel itu spedanya toh ?
    kirain ada imel dari taruna ;)

    ReplyDelete
  13. nanti akad nikahnya:
    ....... dengan mas kawin seperangkat aksesories sepeda........... :))

    ReplyDelete
  14. walah lucu amat?! :)
    gue jarang ke daerah sana, Ma..
    dulu gue di Bandung atas sih.. Rincik Bumi itu nama jalan di Komp IKIP.. rumah temen di sana :)
    btw kalo pelajaran basa Sunda gue cuma inget nyanyi pake kecapi sama cerita kabayan.. :P

    ReplyDelete
  15. nggaaaakkk .......... aku maunya, '... kutemani kamu bersepeda ke mana pun kamu mau ...' :)

    ReplyDelete
  16. amiiinnn..... wah ada 2 pasangan dong .. irma dgn wahyudi, mel dgn ******* (siapa ya nama sepedanya wahyudi?)

    ReplyDelete
  17. Tranama. kalau dalam bahasa Banda artinya 'Tanpa Nama' :D

    ReplyDelete
  18. ooh gitu...panggilannya siapa? Tra?Nam? hihihihi...btw, kalo bahasa Aceh Tranama = Hananama

    ReplyDelete
  19. manggilnya, 'Tralala ... Trilili ...' *pake tangan disilang depan dada, niru gaya Agnes Monica waktu kecil*

    ReplyDelete