Sunday, September 30, 2007

Oleh-oleh dari Solo

 

Lebaran nanti Mbak Sum akan pulang ke kampungnya di Masaren, Solo.  Lalu lanjut ke tempat mertuanya di Malang.  Malam Minggu kemarin waktu Mbak Sum telpon, mertuanya minta dibawakan teh dari Solo.  ‘Teh Gardoe ya Mbah ?  Nggih,’ santun  Mbak Sum menjawab.

 

Hmm, Teh Gardoe.  Jadi ingat waktu kita ke Solo tahun kemarin, sekali mencicipi teh itu di Roemahkoe, Ela langsung jatuh hati kepadanya.  Balik ke Jakarta Ela bawa berbungkus-bungkus teh Gardoe baik untuk diminum sendiri atau dibagi-bagi.  Baik yang berupa teh celup yang praktis, ataupun teh serbuk.  Yang berbentuk serbuk ada dua jenis kualitas.  Yang bungkus biru kualitet special, yang bungkus hijau super quality. 

 

Emang enak teh itu.  Apalagi kalau dibuat teh poci.  Wuih, ngebayangin teh yang panas, manis dan kental – kalau di Jawa Tengah istilahnya nasgitel – irma jadi kepengan.  Dasar si irma penggemar teh manis panas !

 

Nah, jadi ada satu lagi alternatif oleh-oleh dari Solo.  Teh Gardoe.  Selain serabi Notosuman nan legit dan kue lapis legit dari Toko Roti Orion Mandarijn.  Juga batiknya yang khas.  Doooh, jadi kangen pengen ke Solo lagi !

 

 

3 comments:

  1. serabi kalo klamaan kurang enak.. paling pas makan anget2 di sana hehehe
    tapi kalo ada yg naek pesawat bolehlah nitip hehehe

    ReplyDelete
  2. kalau makan serabi solo emang enaknya di solo, masih panas mengepul baru diangkat dari panggangan :)

    ReplyDelete
  3. iya aku juga pernah mo bungkus eh cuma ada beberapa biji. akhirnya langsung makan beberapa biji itu. enaknya. untuk oleh2 harus pesen dan besoknya di ambil. kangen serabi notosuman jadinya..

    ReplyDelete