Tuesday, December 16, 2008

calon ibu

 

Hari Minggu kemarin irma dan Wahyudi jalan-jalan ke toko buku.  Ini toko buku baru buka beberapa bulan yang lalu.  Kita belum pernah ke sana sebelumnya.  Waktu kita ke sana toko ini terlihat sepi pembeli.  Entah emang selalu begitu atau karena sore itu hari hujan.  Tapi kalau nggak banyak pembeli gitu kita malah enak melihat-lihat.

 

Sayang, koleksi bukunya tidak banyak.  Tapi dia sedang ada program diskon.  irma mengerutkan kening saat membaca tulisan di kaca depan, ’Clearance Sale, up to 80%’  Maksudnya ini toko mau ditutup ?  Apakah ia tidak mencapai target penjualan ?  Alangkah sedihnya.

 

Kalau lagi ada diskon buku begitu Wahyudi semangat sekali beli.  Sedangkan irma saat itu sedang tidak bernapsu belanja.  Jadi irma duduk saja di salah satu kursi, membaca buku karya Asma Nadia.  Judulnya ’Catatan Hati Bunda’.  Buku tersebut berisi tulisan tentang pengalamannya membesarkan sepasang anak dalam empat belas tahun pernikahannya.  Mulai dari saat mereka harus bolak-balik menggadaikan harta demi kelangsungan hidup, hingga saat hidupnya mapan dan berkecukupan sekarang.

 

Asma Nadia memang seorang penulis yang begitu pandai menggambarkan suasana melalui tulisannya.  irma turut merasakan sedih yang dialaminya saat putranya yang baru berusia dua bulan terkena stroke otak.  Kebayang berat penderitaannya.  Sebaliknya irma tertawa terbahak-bahak membaca cerita tentang kelakuan lucu putri dan putranya.  Petugas kasir sampai terkejut saat irma tiba-tiba tertawa.

 

‘Bukunya bagus ya ?’ Wahyudi menghampiri irma.  ’Iya,’ jawab irma, ’eh, Petty suka baca nggak ?  Kalau iya, beliin buku ini untuk dia.’  Petty adalah sepupunya Wahyudi yang sedang menanti kelahiran anak pertama.  Ia baru aja menikah bulan Juli lalu. 

 

’Aku belum pernah lihat Petty mbaca.  Kayaknya dia nggak gitu suka,’  Wahyudi mengambil buku tersebut dari tangan irma.  Sepintas ia membaca beberapa lembar isinya.  ‘Iya, isinya bagus.  Aku beliin untuk kamu aja.’

 

Haa, irma terkejut.  ‘Hei, tapi ini buku kan …’ irma menunjuk tulisan di bagian bawah sampul depan.  Tertulis di sana, ‘Hadiah terbaik untuk para ibu dan calon ibu.’

 

‘Ya irma, kamu juga kan calon ibu,’ Wahyudi membawa buku tersebut ke kasir bersama setumpuk buku lain yang akan ia bayar.

 

Kata-kata Wahyudi itu membuat irma tertegun.  Aku, calon ibu ???

 

 

 

 

12 comments:

  1. .. ya iyaaa laaahhh...
    kok pake tanya??

    ReplyDelete
  2. iya lah.....
    senengnya dibeliin buku .....

    ReplyDelete
  3. Bagus banget tuh Ma bukunya. Terutama episode Adam sakit. Persisssss banget dengan ponakanku yang sakit. Berkat buku itu, aku optimis Arkan bakal sembuh. Bahkan ortunya nggak seoptimis aku...
    Kadang buku punya kekuatan yg kita ga sadari

    Ngomong2 dibelu nggak tuh bukunya? Apa numpang baca aja?

    ReplyDelete
  4. abis, perasaan masih kepagian mikirin hal itu. terlalu dini.

    ReplyDelete
  5. dibeliin. disuruh baca sampai tuntas. abis gitu bikin summary nya. trus diceritain. gini deh kalau wahyudi lagi males baca tapi pengen tau isi bukunya :D

    ReplyDelete
  6. Udah kelempar belum tuh buku? Udah benjol belum tuh pala nya Wahyudi. Huh, pemaksaan...

    ReplyDelete