Tuesday, December 9, 2008

belanja kain

 

‘ir, gimana kalau hari ini kita cuti setengah hari ? kita ke pasar baru.’

 

Henny keukeuh sekali mengajak irma belanja kain ke Pasar Baru.  Dia bilang kain di sana bagus-bagus.  Beda dengan di tempat-tempat lain.  Termasuk Pasar Sunan Giri tempat irma biasa belanja kain dan perlengkapan menjahit lainnya.  Iya sih, tapi setahu irma harga kain di sana juga mahal-mahal.  ‘Tapi emang bagus ir,’ gitu Henny membujuk.

 

Jadi hari Jumat dua minggu yang lalu ketika tau jadwal audit irma di hari itu batal, Henny pun mengirim sms tersebut saat ia lagi ngantri di halte busway.  Ia mengajak irma untuk ambil cuti setengah hari sesudah istirahat siang.  Hhhhh … iya deh, kebetulan irma juga lagi agak suntuk di kantor.  Nggak ada apa-apa sih.  Cuma capek aja sepulang dari Batam malam sebelumnya.  Kayaknya jalan-jalan enak juga.  Apalagi sambil lihat-lihat kain.  Selain buku, kain adalah benda yang paling irma sukai.  Senang aja rasanya melihat dan menyentuhnya.

 

Setelah menyerahkan satu berkas laporan yang udah menjelang deadline kepada Mbak Atin – Technical Support Officer di kantor – irma pun menghadap GMO dengan membawa formulir permohonan cuti.  Berhubung atasan langsung irma lagi keluar kantor (beliau kan harus audit juga), jadi GMO yang akan menandatangani form cuti tersebut.  Biasanya sih selama nggak mengganggu kerjaan kantor, nggak pernah permohonan cuti irma ditolak meskipun mintanya mendadak gitu.  Paling cuma ditanya-tanya aja.

 

‘Mau ke mana Bu ?’ tanya GMO saat irma mengangsurkan form tersebut.  Dengan polosnya irma menjawab, ‘Diajak Henny jalan-jalan, Pak.’  Sedangkan Henny saat ditanya bossnya ngapain ngambil cuti setengah hari padahal besoknya kan libur (boss nya Henny adalah PresDir kami), Henny ngakunya, ‘Mau ngurus KTP.’  Halaaaahhh, sejak kapan kantor kelurahan masih ada yang buka setelah sholat Jumat ? 

 

Teman-teman kantor memandang iri waktu irma dan Henny berjalan keluar kantor sambil dadah-dadah.  Kita berdua lalu ke halte busway di depan kantor.  Dari sana naik bis Transjakarta ke Dukuh Atas, terus ganti naik yang ke Pulogadung dan turun di halte Matraman.  Keluar halte, nyeberang, kemudian naik mikrolet 01 jurusan Kampung Melayu – Senen.  Henny bilang mikrolet itu lewat pas depan Pasar Baru.  Tapi ternyata nggak !  Dan kita baru ngehnya waktu mikrolet dah masuk terminal Senen.

 

Ya sudah, terpaksa kita turun lalu jalan kaki ke Pasar Baru.  Abisnya orang-orang yang kita tanyain di sekitar situ nggak ada yang tau naik apa kalau mau ke Pasar Baru.  Langit mulai mendung waktu kita menyusuri jalan Gunung Sahari.  Dalam hati irma mulai merasa panik.  Bukan panik takut hujan.  Tapi irma panik kalau nggak bisa menahan kandung kemih yang mulai terasa sesak.  Duh, kebelet nih pengen pipis !

 

Makanya irma lega banget waktu lihat ada mesjid di balik SPBU yang kita lewati.  Ada mesjid berarti ada tempat wudhu.  Biasanya dekat tempat wudhu ada toilet.  irma pun mengajak Henny ke sana.  Sekalian untuk menunaikan sholat Ashar.  Waktu kita turun di terminal Senen tadi bersamaan dengan kumandang adzan Ashar entah dari mesjid mana.

 

Awalnya lega, tapi saat mendekati mesjid tersebut irma jadi ragu-ragu.  Abisnya di teras mesjid tersebut tertulis, ‘Sholat lewat penjagaan.’  Beberapa pria dan wanita berpakaian dinas lapangan loreng-loreng hilir mudik di depannya.  Mesjid itu berada di halaman satu kantor instalasi militer.  Tapi masa’ sih mau sholat harus lapor ke pos jaga yang letaknya jauh di ujung halaman berseberangan dengan lokasi mesjid ?  Kan mesjid itu rumah Allah, (seharusnya) siapa saja boleh datang dan masuk ke dalamnya untuk beribadah.

 

‘Halah, cuek aja,’ Henny ngeloyor memasuki halaman kantor instalasi militer tersebut, pede berjalan menuju mesjid.  ‘Masa’ mau sholat aja kudu lapor dulu.  Lapor !  Saya mau sholat Pak !  Tapi sebenarnya teman saya ini yang kebelet pipis !’  irma jadi pengen ketawa dengar kata-kata Henny.

 

irma pun lalu mengikuti Henny.  Sempat irma mencuri-curi pandang ke arah pos jaga, bersiap-siap diteriakin oleh penjaga.  Tidak ada kejadian apa-apa.  Dengan perasaan senang irma memasuki toilet di samping tempat wudhu.  Asiiiikkkk … toiletnya bersih.  Lega sekali rasanya saat keluar dari sana.  irma bergegas wudhu lalu sholat Ashar.

 

Beneran deh, baru kali itu irma sholat dengan perasaan was-was.  Gimana nggak, dari sudut mata irma lihat beberapa orang berseragam loreng-loreng bolak-balik di samping mesjid.  Dooohhh … ngapain sih ?  Bikin serem aja.  Makanya irma buru-buru menyelesaikan sholat dan mengajak Henny pergi dari sana.

 

Langit makin gelap saat irma dan Henny sampai di Pasar Baru.  Kami mulai memasuki toko-toko kain.  Toko yang pertama, pelayannya agak-agak memaksa.  ‘Ini bagus.  Ini juga bagus.  Atau yang ini aja,’ katanya bertubi-tubi.  Gimana bisa memilih dengan enak kalau dicecar begitu.  Kami pun meninggalkan toko tersebut.  ‘Maunya beli yang harga berapa sih,’ pelayan tersebut menggerutu di belakang kami.  Dih, bukan cuma harga yang dilihat.  Tapi yang utama adalah irma suka nggak dengan kain tersebut.  Ya motifnya, ya warnanya, ya teksturnya.  Cara pelayan melayani juga ngaruh sama mood irma memilih.

 

Toko kedua, pelayannya cuek-cuek.  Toko ketiga, pelayannya melayani dengan malas-malasan.  Toko keempat, baru ketemu pelayan yang enak.  ‘Cari kain yang bagaimana ?’ sapanya ramah.  ‘Ini Mas, teman saya mau nikah,’ Henny menunjuk irma, ‘dia mau bikin kebaya.’  irma mendelikkan mata dengan sebal kepada Henny.  Penting ya, bilang begitu ?  Mo’ bikin pengumuman ke seluruh dunia apa ?

 

Pelayan tersebut tersenyum.  ‘Wah, beneran nih mau nikah ?  Udah siap belum ?’  Sebal ditanya begitu, irma pun merengut.  Mungkin pelayan itu pun tau irma nggak suka ditanya-tanya begitu.  Ia lalu berbalik ke rak dan menurunkan beberapa kain untuk digelar di hadapan kami.  ‘Santai aja,’ pelayan itu bilang.  ‘Kalau milih kain tuh jangan terburu-buru.’  Ia pun memilihkan kain-kain furing yang sesuai.  Tapi ia juga nggak keberatan kita milih sendiri.  Bereksperimen dengan warna-warna kontras antara kain luar dengan lapisan dalamnya.  Sementara di luar air hujan mengucur deras.

 

Akhirnya irma dapat pasangan yang pas dengan brokat hijau kembang-kembang.  Sejak masuk toko itu brokat tersebut telah memikat irma.  Meski mas-mas pelayan tadi menunjukkan berbagai kain brokat lainnya, hati irma tetap cenderung memilih brokat hijau itu.  Dan waktu irma berhasil temukan furing yang pas dengannya, hati irma pun merasa puas.

 

‘Yah, jadi elo ambil ya ??’ seru Henny saat irma dan pemilik toko mencapai kesepakatan harga.  Iya.  Emang kenapa ?  ‘Nggg, tadinya gw berharap elo nggak pilih yang itu.  Karena … gw juga pengen ambil !’ kata Henny kemudian.

 

Hahahahaha, ternyata kita satu selera.  Menyukai kain yang sama.  Karena brokat hijau itu nggak ada lagi (tadi sisa di gulungan cuma tinggal 2.90 meter dan irma ambil semua), jadi mas-mas pelayan tawarkan Henny motif yang sama tapi beda warna.  ‘Masa’ entar gw kembaran sama pengantennya ?  Nggak ah,’ tolak Henny.

 

irma menyelesaikan urusan pembayaran dengan pemilik toko, seorang perempuan India berkulit putih hidung mancung.  Lalu kita berjalan keluar toko.  ‘Nah urusan elo dah beres, sekarang nyari kain buat gw,’ Henny bilang.  ‘Elo mau bikin baju buat acara kawinan gw ?’ irma tercengang.  ‘Ya iya lah, emang elo pikir gw ke sini ngapain ?’  jawab Henny kemudian.  Nah, kan jadi sebenarnya yang berkepentingan ke Pasar Baru ini adalah Henny.  Dia yang sebenarnya mau belanja kain.  Sementara irma adalah korban.

 

‘Elo nyari kain yang gimana ?’ tanya irma.

‘Gw lagi suka warna ijo botol,’ jawab Henny.

‘Ijo botol ?  Tuuuh, ada ijo botol yang bagus.’

‘Mana ?’ Henny menoleh kiri-kanan, mencari-cari.

‘Ituuuuu,’ irma menunjuk poster iklan Heineken.

Henny melengos.  ‘Sialan lo.  Emang lo kira gw tukang mabok ?’

Huehehehehehe.

 

Ternyata nggak perlu lama mencari kain untuk Henny.  Di toko kain berikutnya yang kita masuki, Henny terpikat dengan brokat biru muda kembang-kembang pink.  Furingnya ia pilih biru muda metalik.  Selain itu Henny juga membeli kain katun kembang-kembang.  irma juga membeli dua helai kain katun warna hijau muda dan peach meski belum tau kapan akan menjahitnya.  Seneng aja.  Padahal di lemari irma masih banyak kain yang belum dijahit sejak tahun kapaaan gitu.

 

Hujan sudah berhenti waktu kita selesai belanja kain.  Kita menuju AW untuk makan siang yang kesorean banget.  Ya iyalah, itu kan udah jam lima sore.  Lagi jalan ke AW gitu Henny melihat salah satu manekin di satu toko kain pada bahunya tersampir pashmina yang serasi dengan kain yang dikenakannya.  Henny pun bertanya ke irma, ‘Eh, elo ada kerudung putih kan ?  Atau selendang putih ?’

 

’Nggak,’ irma menggeleng.  ’Emang buat apaan ?’

’Ya buat akad nikah lah.  Waktu kawinan adek gw, nyokap kelupaan nyediain.  Untung ada tetangga yang punya.  Jadinya minjem deh,’ papar Henny.

’Oh, buat yang dikerudungin di atas kepala kedua mempelai itu ya.  Emang harus putih ?’

’Ya iya lah.  Elo udah punya kebaya putih kan ?’

’Kebaya putih ?  Buat apaan ?’

‘Ya buat akad nikah, irmaaaaaaaaaaaaaaaa ……… !  Elo gimana sihh ??’ 

’Yaaaa ... gw nggak punya.  Emang akad nikah tuh harus pake kebaya putih ?’

’Ya iya lah.  Elo tuh gimana sih.  Niat nggak mo’ nikah ?’

 

Ya niat lah.  Tapi, emang kalo akad nikah tuh harus pake kebaya putih ???!  Kalo irma nggak suka warna putih, gimana ??  Kan kalo niat mah, nggak harus ditunjukkan dari warna bajunya.  Betul nggak ??

 

 

14 comments:

  1. Hehehe.. Iya yah.. Kenapa harus putih?
    Meniru baju pengantin a la barat mungkin ya..
    Tapi memang bagus sih liyat pengantin pakai putih-putih..
    *jadi pengen tau sejak kapan trend ini mulai*

    ReplyDelete
  2. kok ga lanjut naik Transjakarta aja sampe deket Pasar Baru? :D

    ReplyDelete
  3. dipilih, dipilih ... udah kepilih kan?
    sisa kain kebaya dibikin selop aja sekalian, biar match.
    masih banyak yang musti di hunting lho Ir - selamat berhunting ria yaaaaaaa.....

    ReplyDelete
  4. waktu akad nikah diriku pake kebaya ijo army ... ga mesti putih kaliii :)

    ReplyDelete
  5. aku pake putih, tapi mbakku akad biru tua

    ReplyDelete
  6. kayaknya gak ada peraturan akad mesti pake putih, anak2ku off white. Baju adat padangnya warna apa?

    ReplyDelete
  7. bener kata Jendral tuh Irma, napa ga naik TJ yg Blok M - Kota ?
    Nanti turun di halte Olimo atau apa ya, trus nyambung Mikrolet M12.

    dr Senen Irma naik M12 juga bisa :)

    ReplyDelete
  8. karena ... bis nya penuh mulu ! sedangkan kami diburu waktu. konon katanya toko kain tutup jam 5 sore. ternyata ada juga yang sampai malam. tapi emang bagusnya belanja kain saat masih ada matahari. cahaya lampu bisa menipu.

    ReplyDelete
  9. guess what, Wahyudi pengennya warna oranyeeeeee !!!!!!!!!!!!!!!!
    weeeiii .......... ini mo kawinan atau ikut arak-arakan the Jak nonton Persija ?? atau supporternya Belanda ???

    ReplyDelete
  10. Jangan bawa2 persija pas di bandung ir.. Tar bobotoh persib pada ngamuk :p

    Orange kan bagus.. Jadi cerah kayak sunshine..

    ReplyDelete
  11. wow ijo army...:O *terinspirasi*

    ReplyDelete