Friday, November 17, 2006

Batam

It’s always good to come home  J


 


Baru balik dari Batam nih.  Pertama kali irma ke Batam tahun 2001.  Waktu itu nginapnya di hotel di seberang bioskop 21.  Satu-satunya bioskop di sana.  Alamak, pulau sebesar ¾ nya Singapore punya bioskop cuma satu !  irma terbengong-bengong tau begitu.  Kebayang kalau irma tinggal di sana kayaknya bakalan sengsara banget.  Abisnya irma kan suka sekali nonton di bioskop.  Nonton DVD biarpun pake home theatre tetap aja rasanya kurang seru.


 


Yang di Batam bikin irma sengsara juga adalah di sana tuh nggak ada yang namanya kendaraan umum atau angkot.  Jadi kalau mau pergi-pergi, gimana dong ?  Berdiri aja di pinggir jalan.  Nanti pasti ada mobil berhenti menghampiri dan nanya kita mau ke mana.  Kalau tujuan kita sama dengan arah dia pergi – atau penumpang lain dalam mobil itu – silakan naik.  Itulah taksinya Batam.  Pada tahun 2001 gitu ongkosnya paling 2000 – 3000 rupiah sekali jalan.


 


Tapi irma nggak berani naik taksinya Batam itu.  Biarpun client dan teman kantor di sana bilang aman-aman aja pake itu.  Waktu sore cari makan di sekitar hotel, irma jalan kaki sampai ketemu Pizza Hut dekat sana.  Nggak terlalu jauh juga sih.  Paling jaraknya sama dengan kalau irma jalan kaki dari kantor di belakang pom bensin Shell Gatot Subroto ke Gedung Bidakara di Pancoran.


 


Dasar tukang ngelencer, selesai makan pizza irma lanjut jalan kaki ke pusat keramaiannya Batam di Nagoya.  Nggak tau kenapa namanya Nagoya, apa karena pencetusnya orang Jepang ?  Yang jelas yang banyak di Nagoya itu justru orang Medan.  Di sana juga banyak toko.  Teman-teman bilang kalau ke Batam beli parfum atau tas-tas branded.  Murah-murah dibanding Jakarta.  Tapi berhubung irma nggak tau yang gituan – maksudnya yang branded tuh yang mana atau kayak gimana – jadi irma cuma beli snack buatan Malaysia dan coklat dari Thailand yang irma rasa nggak pernah irma lihat di Jakarta.  Sama beli Kahlua titipan seorang teman kantor.  Meskipun dalam hati harap-harap cemas balik ke Jakarta nenteng sebotol minuman keras.  Kalau ditahan petugas bea cukai di bandara gimana ?  Ya udah kasihin aja Kahlua nya …


 


Di Batam irma nemuin beberapa hal yang cuma irma jumpai di sana.  Pertama, arti kata Batam.  Ada yang bilang, Batam itu singkatan dari 'Begitu Anda Tiba Anda Menyesal'.  Tapi yang optimis bilang, 'Batam = Bila Anda Tabah Anda Menang'.  Trus, teh obeng.  Itu sebutan orang Batam untuk es teh manis.  Lalu sup ikan.  Pertama nyobain irma langsung suka.  Teman kantor yang di sana aja heran.  Abisnya dia bilang biasanya selain orang Batam kurang suka dengan sup ikan karena baunya agak amis.  Tapi irma malah lahap menyantapnya.  Jadi tiap kali ke Batam irma selalu pengen ke Yong Kee, restoran sup ikan yang paling terkenal di sana.  Sekarang sih Yong Kee udah buka cabang di Jakarta dengan nama Sup Ikan Batam.  Kalau lagi pengen makan sup ikan, irma tinggal ngelencer aja ke Plaza Semanggi.  Di foodcourtnya ada counter Sup Ikan Batam.  Tapi counter ini nggak jual otak-otak.  Otak-otak Batam lain dengan otak-otak yang biasa irma makan di Jakarta maupun Palembang.  Otak-otak Batam warnanya merah.  Katanya sih bukan cuma ikan tenggiri, tapi di dalam ramuannya juga ada sotong alias cumi. 


 


Kalau audit di Batam client biasanya ngajak makan seafood.  Mereka bilang seafood di sana selain murah ikan nya pun segar-segar.  Seafood di Marina, Bengkong, bahkan Kelong yang terletak di pulau sebelah Batam yang menuju ke Pulau Galang pernah irma kunjungi.  Menuju tempat makan seafood yang terakhir ini kita harus melewati jembatan Barelang.  Jembatan penghubung Batam dengan pulau-pulau di sebelahnya ini jadi ciri khasnya Batam.  Bentuknya seperti Golden Gate di San Francisco.  Tempat makan seafood di pulau sebelah Batam ini terletak di pantai yang airnya biru kehijauan.  Sambil makan kita bisa lihat ikan berenang di bawah kita.  Abis makan, minum air kelapa muda.  Segeeer banget.  Udah kenyang, trus kena angin pantai sepoi-sepoi.  Ngantuk deh.  Jadi males lanjutin audit, hehehe. 


 


Pernah client ajak makan ke satu rumah makan Padang.  Di sana irma lihat ceret atau teko aluminium seperti di gambar ini.  Cantik ya.  Tadinya irma kira itu teko isi air minum.  Ternyata air untuk … cuci tangan !  Cara pakenya teko diangkat, air dituang, lalu basuh tangan kita di atas dudukan teko.  Dudukan itu fungsinya untuk menampung air bekas mencuci tangan.  Teman kantor di Batam bilang, teko air cuci tangan macam ini cuma ada di Batam. 


 


Tiap tahun irma selalu dapat tugas audit di Batam.  Sebenarnya agak malas sih ke sana.  Abisnya selesai audit kan diam aja di kamar, nggak jalan-jalan.  Abisnya … ya itu, irma nggak berani naik taksi Batam.  Ada sih alternatif lain.  Ojek.  Tapi kan irma paling males naik ojek.  Ojek dan Bajaj, itu pilihan terakhir bagi irma dalam berkendaraan umum.


 


Akhir-akhir ini udah mulai ada sih bis umum di Batam.  Tapi trayeknya terbatas dan beroperasi cuma sampai sore.  Rata-rata orang Batam pada punya kendaraan pribadi.  Motor atau mobil.  Dulu waktu Batam masih nampung mobil-mobil bekas dari Singapore – istilah mereka ‘mobil rekon’, diambil dari kata recondition – di Batam banyak bersliweran mobil mewah.  Lexus, Subaru, Land Rover.  Taksi aja ada yang make Jaguar 3200 cc !


 


Pembangunan properti di Batam berjalan pesat.  Tiap kali irma ke sana adaaa aja lahan yang sedang dibangun.  Kebanyakan sih ruko.  Makanya irma bilang Batam tuh ‘Negeri 1000 Ruko’.  Mungkin karena di sana banyak etnis Tionghoa ya.  Mereka kan pada umumnya pedagang.  Jadi pilih rumah pun yang bisa dijadikan lahan usaha.  Di bawah untuk jualan, di atas tempat tinggal.  Tapi akhir-akhir ini Batam mulai banyak membangun mal dan pusat perbelanjaan.


 


Nah, bicara tentang mall nih.  Kemarin client ajak irma ke BCS – Batam City Square.  Di sana ada tempat makan yang asik banget.  Namanya Breeks Café.  Interiornya oke.  Makanan dan minumannya enak-enak.  Kemarin irma makan fish steak yang namanya apaa gitu, pake kata Pacific.  Enaaaak banget.  Bumbunya sedap, ikannya empuk dan segar.  Makannya bukan dengan nasi, tapi sama spagheti.  Abis makan kita ngopi-ngopi, masih di café yang sama.  Sambil bahas makanan yang tadi dimakan.  Ikannya mungkin dari laut Pasifik kali ya, makanya namanya pake Pacific gitu.  Pantes juga dagingnya empuk gitu, kan kena arus laut Pasifik yang deras melulu, hahaha.


 


Breeks Café ini tempatnya asik banget buat nongkrong.  Biarpun sendirian juga OK.  Pantes banget buat ngejogrog leave me alone with my laptop.  Ketika kita datang pelayannya ramah menyapa.  Trus waktu kita pulang – dengan berat hati abis sebenarnya masih pengen ngopi-ngopi di sana apadaya audit harus dilanjut L - seorang pelayan kasih aba-aba, ‘Guest leaving !’  ‘Thank you, please come again !’ teman-temannya yang lain serentak berseru sambil membungkuk kepada tamu.


 


Ah enak banget.  Baru kali ini irma ketemu tempat nongkrong yang asik di Batam.  Tapi pas balik ke hotel jadi sedih.  Abisnya hotel yang ini berisik banget.  Sampai lewat jam dua belas malam aja band yang main di lobby masih kedengaran hingar-bingarnya sampai ke dalam kamar.  Padahal kamar irma di lantai 4 dan letaknya paliiiing ujung, paling jauh dari lobby.  Tetap aja kebrisikan L  Sebel deh.  Mending nginap di hotel yang biasa dibookingin sama teman kantor di sana.  Biarpun hotelnya sederhana tanpa bintang 1-2-3, tapi di sana irma bisa istirahat dengan enak.  Ternyata, tidak selalu yang mahal itu menyenangkan.


 


Dagg Batam, irma balik dulu yaa ke Jakarta.  Minggu depan kita ketemu lagi.  Hiks, tapi kan ... irma jadi nggak bisa ikut Adep pelesir ke Sumedang  L


 


di sana kasihku berdiri menunggu


di batas waktu yang tak menentu


ke Jakarta aku kan kembaliii ….


walaupun apa yang kan terjadi …


(dari lagunya Koes Plus)


 


 


GA 151, 17 November 2006


Dalam perjalanan pulang ke Jakarta


 


Gara-gara selama penerbangan nulis ini, penumpang sebelah nyangka irma tuh jurnalis, hihihi


 

14 comments:

  1. itu namanya hukum karma....bukankah kalo lagi ptd luar kota kamu salah satu perserta yang suka brisikan tamu hotel yang lain ?..................huehehehe

    ReplyDelete
  2. aaah, masa' sih ?? perasaan irma duduk manis aja sambil nyatet-nyatet :((

    ReplyDelete
  3. iya irmanya nyatet tapi temen-temennya yang brisik trus irmanya yang kena 'getah karma'................:D

    *udah jangan ngambek getoh........ntar es krimnya meleleh....*

    ReplyDelete
  4. mbak,
    nyebut diri sendiri pake nama diri sendiri ya....
    ganjil ngebacanya.... soalnya biasa baca orang menyebut diri saya, aku, gue atau gua....

    ReplyDelete
  5. Nani ke Batam cuma numpang lewat, dari bandara terus naik taksi ke pelabuhan Tanjung...( apa ya lupa ) mau naik ferry ke Tj. Pinang, balik juga gitu, jadi gak sempat menikmati kota Batam.
    Kalo sepanjang perjalanan sih nani liat gersang (itu setaun yg lalu) tau deh sekarang.

    ReplyDelete
  6. he eh, iya. kebiasaan dari kecil. buat irma sih nggak ganjil. karena di tempat asal irma di bandung dan keluarga irma banyak yang seperti ini. kalau 'gue' dianggap sama orang-orang yang lebih tua nggak sopan. kalau 'saya' , perasaan kaku banget serasa sedang di kelas pelajaran bahasa Indonesia yang baik dan benar. trus kalau 'aku' kesannya selfish. jadi yang aman pake nama sendiri. selain untuk mengingatkan, kali aja yang diajak bicara tuh lupa sama irma :D

    ReplyDelete
  7. sekarang juga masih tetap gersang, ni :(
    trus kalau hujan banjir. beberapa hari yang lalu malah ada yang meninggal karena hanyut. saking derasnya hujan jalan udah kayak sungai, jadi jalannya air bukan jalannya mobil-motor

    ReplyDelete
  8. yah kalo elo nggak ikut kan nggak rame deh..

    ReplyDelete
  9. Irma, kata teman sih NAGOYA singkatan dr Nasi Goreng Ayam, mungkin disana ada tkg nasgor yg terkenal kali jd, namanya NAGOYA. Yg pasti sy setuju, BATAM ngak enak, panas, kendaraan umum susah, taxi mahal banget, udah gitu BATAM center yg jd harbor feri dr Spore, banyak banget premannya ngeri deh. Pernah ke Batam bbrp kali untuk ketemu teman dan tugas. di BCS ada Breeks Cafe ya, bs OnLine ngakk Ir............? lam kenal ya

    ReplyDelete
  10. haa, djendral penggemar kahlua ? glek !

    ReplyDelete
  11. nggak rame karena nggak ada korban buat dicela-cela ? hahahaha

    ReplyDelete
  12. kayaknya sih bisa, abisnya mereka tulis 'Breeks - internet cafe'
    lam kenal juga ... :)

    ReplyDelete