Wednesday, November 8, 2006

Luka di wajah Lilian

Wadugh, judulnya dramatis banget ya.  Padahal irma cuma mau cerita tentang Lilian.  Lilian tuh nama laptop irma.  Laptop yang (barangkali) udah ketinggalan zaman banget.  Toshiba Dynabook SS Portégé 3020.  Masih diproduksi nggak ya tu laptop ?  Kayaknya nggak deh.


 


Lilian ini oleh-oleh dari boss irma yang dulu, waktu dia pulang dari Jepang buat menghadiri regional meeting.  ‘Irma, this is a Christmas present for you,’ katanya waktu ngasihin kardus coklat sebesar majalah.  Nggak salah nih Pak, irma kan nggak merayakan Natal ?  Tapi dia bilang memang itu buat irma.  Ya sudahlah, irma terima saja.  Ternyata isinya ya si Lilian itu.  Tapi … yang dikasih cuma CPU nya doang !  Sementara ‘dudukan’ nya yang terdiri dari batere, disc drive, CD ROM, dan koneksi lain-lainnya nggak ada.  Yaaa masih untung ada koneksi buat ke printer dan projector.  Juga USB.  Dan tentu adaptornya.  Lumayan lah.  Namanya juga laptop lungsuran.  Sebenarnya di regional office di Jepang Lilian ini udah mau dibuang.  Baek banget si boss mungut buat irma.


 


Kapasitas harddisk Lilian cuma 1 GB.  Hihihi sama flashdisk aja kalah, sekarang kan udah banyak flashdisk kapasitas 1 sampai 2 GB.  Prosesor Lilian juga masih Pentium II.  Sementara laptop dan kompi sekarang berapa …, minimal Pentium IV ya ??  Windows nya juga masih Windows 98.  Nggak bisa di upgrade ke versi yang lebih baru.  Bener-bener deh Lilian ini ketinggalan zaman.


 


Karena itu Lilian cuma irma pake buat ngetik.  Sambil denger lagu-lagu Queen.  Satu MP3 isi lagu Queen lengkap irma masukin dalam harddisk nya Lilian.  Jadi sambil nulis irma bisa nyanyi-nyanyi, ‘… don’t stop me now, I’m having such a good time …  Gimana nggak good time, tiap kali ngetik sama Lilian irma pasti kesetrum jadi rada ajrut-ajrutan.


 


Sejak dapat jatah laptop dari kantor Lilian jarang irma pake.  Kecuali kalau irma jalan-jalan kayak PTD an bareng Batmus.  Jadi malam sebelum tidur irma sempat nulis catatan perjalanan. Lilian begitu mungil – makanya irma kasih nama ‘Lilian’, mengingatkan irma akan liliput - bisa diselipin di antara barang bawaan lainnya.  Lagian bawa laptop kantor kan riskan.  Kalau hilang atau ada apa-apa gimana ?  Sedih banget kalau sampai nggak bisa beli tapi harus sanggup ganti.  Potong gaji deh tiap bulan L


 


Terakhir Lilian irma bawa jalan-jalan waktu PTD Medan – Danau Toba di bulan Agustus.  Itupun nggak sempat dipake karena ternyata pelesirannya capek banget jadi tiap kali masuk kamar hotel maunya langsung nggeletak.  Nggak sempat nyentuh Lilian apalagi ngajak dia menulis.


 


Minggu lalu irma baru nengok Lilian lagi.  Waktu dia mulai nyala, ternyata di layarnya ada garis vertikal warna merah memanjang dari atas sampai bawah.  Irma matiin, nyalain lagi, garis merah itu tetap ada.  Tanya ke IT kantor, kesimpulan LCD nya ada yang rusak.  Istilahnya, ada yang bocor.  Daripada benerin LCD Lilian mending beli laptop second aja, mereka bilang gitu.  Yang bagusan dan serinya lebih up-date daripada Lilian.


 


Yah, sedih deh.  Tapi mau diapain.  Secara teknologi sih dibilangnya kebocoran itu karena Lilian terbentur atau tertimpa benda berat.  Ada juga yang bilang karena memang udah umurnya.  Lilian seumur dengan masa kerja irma di kantor yang sekarang.  Enam tahun.  Ibaratnya kalau disamain dengan manusia, Lilian itu udah uzur.  Kalau manusia uzur udah bau tanah, maka Lilian berbau junkyard.  Maksudnya siap-siap dibuang, gitu.


 


Tapi kalau irma bilang, Lilian gitu karena sakit hati.  Selama ini irma selalu ngeledekin dia, ‘Lu tuh bukan laptop. Tapi mesin tik kerenan dikit. Bisa ngedit-ngedit.’  Dan sejak ada laptop kantor irma jarang banget nyentuh dia.  Ya abis gimana, dengan laptop kantor irma bisa bikin tulisan yang lebih bervariasi.  Diselipin foto dan gambar-gambar.


 


Lilian sedih karena selama ini irma mengabaikannya.  Sedih, sampai wajahnya terluka begitu.  Hiks hik, maapin irma Lilian …

4 comments: