Tuesday, November 7, 2006

kutubuku

irma sukaaaa sekali baca.  Buku apaaa aja yang menarik hati dan minat irma baca.  Novel, chicklit, teenlit, budaya, sejarah sampai antropologi juga irma baca.  Makanya kemarin ada temen kantor yang heran lihat irma baca 'Struktur Sosial dan Sistem Politik Batak Toba hingga 1945'.  'Kok baca itu sih ?' komentarnya.  Ya biar aja atuh, masa' irma baca standar audit mulu ??  Pusyiiiiingggg eta mah ... !


Nah kadang demi kepuasan membaca, irma nggak peduli berapa pun uang yang dikeluarkan untuk itu.  Pas tagihan kartu kredit datang, baru ngeh ternyata bulan kemarin tuh irma ngabisin sampe 700 ribu buat beli buku doang !  Trus minggu kemarin waktu sama Wahyudi ke Gramedia Metropolitan Mall Bekasi, belanja buku lagi 500 ribu.  Belanja dua orang sih, tapi tetep aja irma yang lebih banyak belinya.  Temen-temen kantor udah biasa lihat irma balik dari Gramedia depan kantor, pasti nenteng plastik isi buku.  Kata mereka uang yang irma habisin buat beli buku selama ini bisa buat beli handphone terbaru yang bisa macem-macem termasuk nginternet yang kuenceeeeng banget.  Tapi handphone kan nggak kasih kepuasan seperti irma baca buku.  Tiap orang beda-beda lah kesukaannya.  Mereka suka gonta-ganti handphone, irma sukanya beli dan baca buku.


'Emang abis ya, buku segitu banyak lo baca ?' tanya admin di kantor waktu lihat irma nyampulin setumpuk buku.  Kebiasaan irma kalau beli buku langsung disampul plastik biar nggak lecek.  Nyampulnya di kantor waktu jam istirahat atau waktu irma ngantuk.  Kok di kantor sih ?  Alasannya sederhana aja, abis admin sini punya selotip yang enakeun banget karena irma nggak perlu pake gunting.


Abis ?  Abis dibaca, iya.  Abis dimakan, ya nggak lah.  Nggak tau kenapa akhir-akhir ini semangat irma buat baca menggebu-gebuuu banget.  Mungkin karena sejak cuti B2W sehabis operasi usus buntu bulan Juni lalu, tiap hari irma ke kantor naik angkot.  Ngapain di angkot bengong aja.  Denger musik juga nggak bisa abisnya mesin metro mini berisik banget, mungkin lebih dari 80 desibel, standar yang diperbolehkan Depnaker.  Tidur juga rasanya sayang banget waktunya.  Jadi ya baca aja.  Makanya hampir tiap minggu butuh bacaan baru.  Abisnya jarak Pasar Minggu - Pancoran yang sebenarnya deket ditempuh sampai 1 jam tiap pagi.  Satu jam, bisa berapa lembar halaman yang irma baca ?  Banyak.


Biasanya irma baca di angkot cuma kalau berangkat kerja aja.  Abisnya kan terang.  Kalau pulang biasanya malam.  Jarang dapet metro mini yang terang lampu di dalamnya.  Jadi jarang baca dalam perjalanan pulang kerja.  Tapi kalau dapat metro mini yang lampunya teraaang banget, wah pasti baca.  Nggak peduli dikomentarin temen kalau naik metro mini terang benderang gitu kayak ikan dalam akuarium.  Bodo, yang penting irma bisa baca.


Naaah, hari Minggu kemarin waktu sama Wahyudi jalan-jalan ke Ace Hardware - di Metropolitan Mall Bekasi juga - dapat lampu senter kecil, yang bisa dipake nempel di telinga !  Itu tuh, kaya' piranti wireless nya bluetooth.  Seneng banget dapet senter itu.  Langsung irma beli nggak peduli harganya nyampe seratus ribu.  Tadi malam di metro mini senternya mulai irma pake.  Temen kantor yang pulang bareng irma komentar, '..kayak makhluk planet lu !'   Hehe, planet of bookworm kali ... alias kutubuku !



 

4 comments:

  1. waaa..... mesti join ke kutukutubuku.com, Maaa... hehehehe...
    **Reading Is Sexy**
    **Taking picture is more sexy**
    kghkhkhgkhgkhkghg

    ReplyDelete
  2. mmmm... irma aku boleh pinjem gak yah buku-buku kamu negh tentang sejarah ama novel :)

    ReplyDelete
  3. well, I'm too sexy for ... ??? *inget lagu waktu SMA dulu*

    ReplyDelete
  4. boleeeh ... asal dijaga baek-baek ya. jangan sampai kotor, sobek, apalagi rusak. dan yang penting dikembaliin lagi. utuh. owkeeeyyyy ... :)

    ReplyDelete