Wednesday, November 29, 2006

biar miskin asalkan bahagia

ndangdut banget nggak sih judulnya ?


Tadi malam sampai rumah menjelang jam sepuluh malam.  Capeeek banget.  Capek karena kerjaan, capek karena macet-macetan dari Kebun Jeruk sampai Gatotsubroto depan kantor.  Jakarta kemarin hujan deras.  Macet deh.


Pengennya buru-buru mandi dan bobo.  Tapi ternyata di tempat kost lagi ada kehebohan, sampai ibu kost panggil polisi.  Ternyata anak kamar atas kemalingan !  Jam setengah sembilan dia pulang dan waktu buka kamarnya, wuaaaa berantakan banget !  Uang dan barang-barang berharga nya hilang.  Paspor diembat juga !  Apa sih untungnya maling itu ngembat paspor ?  Emang laku ya kalau dijual ??


Jadi polisi dan seorang temannya yang berpakaian sipil sibuk nanya-nanya.  Semuaaaa ditanyain.  Dua orang kakak-adik yang kemalingan itu ditanya apa-apa aja yang hilang.  Mereka hitung total kerugian sekitar 6 juta rupiah.  Terakhir ibu penjaga kost dibawa ke kantor polisi.  "Mbak, ibu saya nggak apa-apa tuh dibawa polisi gitu ?" melas anaknya bertanya.  Kasihan deh, ibu itu sampai ketakutan.  Dia nggak pernah ada urusan sama polisi sebelumnya.  Trus sekarang dia ditanya-tanya, diinterogasi, katanya sih dimintain keterangan.  Tapi kok ya kudu pake digebrak-gebrak gitu sih ?  Ih, serasa lagi nonton Buser Live.


Belum selesai heboh yang satu ini, ada lagi kehebohan berikutnya.  Ada debt collector !  Udah beberapa hari dia ke rumah tapi satu anak kost yang perlu ditemuinya nggak ada mulu.  Tadi malam ditungguinnya sampai anak kost itu pulang.  Begitu ketemu jadi rame lah.  Debt collector itu keukeuh harus dapat apa yang diminta boss nya : bukti bahwa cicilan udah dibayar atau mobil cicilan itu dia bawa.  Wuaaaaa ... rame deh !  Apalagi setelah abang dan kakak pemilik mobil cicilan itu datang.  Mulai saling teriak dan berkata keras.  Hei ngana jangan begitu !  Hei kamu orang jangan berani-berani sentuh itu adik saya punya mobil !  Huah, heboooh beneeeer !!  Menjelang jam dua belas malam rombongan hiruk pikuk itu pergi entah ke mana.  Penyelesaian secara adat kah ??


Hhhhh ... kalau udah gini beruntung beneeeer irma nggak punya apa-apa.  Nggak ada barang berharga (kecuali diri irma sendiri, hehehe).  Nggak ambil cicilan apa-apa.  Jadi nggak ada yang nguber-nguber irma buat bayar tagihan.  irma emang paling nggak mau punya utang.  Takut banget kalau nggak bisa bayar.  Apalagi kalau keburu ajal sementara utang masih menumpuk.  Biar deh, dicap nggak punya apa-apa asalkan hidup tenang.  


Betul apa yang dibilang guru agama, "Orang yang paling kaya adalah orang yang nggak membutuhkan apa-apa. Bukan orang yang memiliki segalanya."

11 comments:

  1. tidak terikat dan terbelenggu juga bahagia loh.

    ReplyDelete
  2. banyak kok yang bisa bikin kita bahagia :D

    ReplyDelete
  3. Apa yg membuat bahagia bagi tiap orang berbeda2.
    Ir, serem amat sih di kos kayak gitu, duuh jgn sampe deh.

    ReplyDelete
  4. biar miskin asal punya temen banyak.. :)
    apalagi kalo punya temen maling, polisi atau debt collector :P

    ReplyDelete
  5. bukannya lebih asik lagi punya temen tukang burger ?? biar bisa makan gratis tis tis tis tis ...

    ReplyDelete
  6. tau nih ni, dulu sih aman-aman aja. yang kemalingan itu udah tujuh tahun lho kost di sana

    ReplyDelete
  7. iya, ma, Allah doesn't give what we want, but Allah always give what we need, so ga perlu kaya, bersyukur aja atas apa yang dikasih-Nya

    ReplyDelete
  8. wahaha.. kalo sama tukang burger, gratis cuma skali.. sampel!
    lebih enak temen yg suka nraktir makan burger.. hahaha..

    ReplyDelete
  9. yak tul ! bersyukur masih dikasih napas buat hidup, bersyukur ada nasi buat dimakan, bersyukur ada kopi di kala suntuk, dan bersyukur capek ngerjain kerjaan karena itu berarti di akhir bulan nanti masih dapat gajian :D

    ReplyDelete
  10. lo temen gw bukan ? perasaan loe cuma manas-manasin doang :p

    ReplyDelete
  11. mudah-mudahan gak ada heboh-heboh lagi. ngebayangin aku ngeri. kalau aku ada disitu pasti sudah 'nggreweli' [ndredheg .... gemetar]...

    ReplyDelete