Sunday, April 8, 2007

Bila irma mengenakan songket ??


Guru seni rupa irma di SMP namanya Ibu Sutarmi.  Pada suatu hari beliau nerangin tentang aneka ragam hias Indonesia.  Bu Tarmi tunjukkan motif-motif batik dan tenun khas Indonesia.  Batik kawung, parang rusak, sidomukti, jalaprang, singa barong khas Cirebon, dan tenun ikat Nusa Tenggara.  Cantik-cantik semua.  Sejak itu irma suka sekali dengan kain tradisional Indonesia.


 


Awalnya irma cuma beli kain yang sudah diaplikasi jadi dompet, tas kecil, syal, atau pundi-pundi.  Tapi lama kelamaan irma juga mulai ngumpulin kain utuh.  Kalau kain utuh gitu kan bisa irma kreasiin sendiri mo jadi apa.  Beberapa udah irma jahit jadi baju.  Udah jadi baju, trus dipake ke mana ?


 


Nah mungkin ini lah nyeleneh nya irma.  Orang tuh pake batik atau kain tradisional ke kondangan.  Atau ke acara-acara khusus.  Lha irma pake ke … kantor.  Jadi udah biasa irma kerja pake bawahan batik dengan atasan kebaya modern.  Atau atasannya dari kain tradisional, bawahannya celana panjang hitam.  Sampai seorang teman kantor pernah komentar, ‘… irma banyak ya koleksi kain daerahnya ...’  Lalu teman yang lain sambung komentar, ‘… dia emang cinta banget sama Indonesia …’  Sejak itu tiap kali irma pake kain khas daerah tertentu mereka selalu bertanya-tanya itu kain dari mana.  Dengan senang hati irma ceritain asalnya.  Kalau mereka nggak ngeh dengan nama daerah yang irma sebutkan, irma buka peta dan tunjukkan lokasi itu di mana.  Di laci kantor irma simpan satu atlas persada dan nusantara.  Makanya kalau ada order dari daerah yang nggak biasa selalu irma yang ditanyain sama bagian marketing, seperti, ‘Bantul itu di Jawa Tengah atau Timur sih ??’  Jawab irma, ‘Bantul itu di Yogya bu …’


 


Atau, irma pake jalan-jalan.  irma kan bukan istri pejabat yang tiap minggu dapat kondangan.  Sayang banget kalau kain-kain itu cuma mendekam aja di lemari.  Jadi irma pake tuh kain ke mal, ke pameran.  Seperti hari Jumat kemarin lihat SMESCO di JCC, irma pake rok kain tenun dari Singkawang.  Di manakah Singkawang ?  Singkawang itu di Kalimantan Barat, udah dekat ke perbatasan Malaysia Timur.  Empat tahun yang lalu irma ke sana untuk audit satu perusahaan pengelola hutan lestari.  Sempat lewat perkampungan Dayak.  Tapi kain tenun Dayak Singkawang ini irma dapat di Pameran Dikranasda dua tahun yang lalu.  Kalau nggak salah, motif kain yang irma pake itu namanya ‘ikan pasusuran’.  Motif tenun Dayak Singkawang diperoleh dari mimpi.  Waktu pameran Dikranasda itu ibu penenunnya juga turut berpameran.  Dia tunjukkan caranya menenun.  Alatnya sederhana banget.  Tapi nenunnya lumayan rumit makanya perlu waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan sehelai kain.


 


Entah kenapa, tiap kali irma pake kain tenun Singkawang itu, selaluuu ada yang nanya, ‘Kainnya bagus.  Dari mana ya ?’  Maka irma selalu jawab, ‘Ini tenun Dayak Singkawang, Kalimantan Barat.’  Di SMESCO kemarin pun, waktu lagi lihat-lihat di stand Nusa Tenggara Timur, beberapa orang di sana bertanya, ‘Kainnya bagus.  Itu motif mana ya ?’  Di beberapa stand sebelumnya juga irma udah ditanyain hal yang sama.  ‘Singkawang, Kalimantan Barat,’ jawab irma.  Mereka lalu mengangguk-angguk dan merhatiin kain itu lagi.  Mengingat-ingat motif ?  Jangan ditiru lho ya, ingat hak cipta.  Kan batik dan seni rupa lainnya termasuk dalam ciptaan yang dilindungi oleh UU Hak Cipta.  Demikian juga dengan motif kain tradisional …


 


‘Dapat apa aja ?’ tanya Wahyudi waktu ketemu irma sepulang dari SMESCO, ‘Hihi, kamu pastiii beli kain.’  Huehehehe … tau aja.  Kalau ke pameran-pameran kerajinan seperti itu yang selalu irma cari tuh pasti kain tradisional.  Atau kalau jalan-jalan ke daerah, yang irma cari juga kain khas sana.  Seperti waktu ke Padang kemarin, pulang dari sana irma bawa kain songket Pandaisikek.


 


Sebenarnya irma nggak terlalu suka dengan songket.  Kain yang satu itu irma kategorikan ‘kain reseh’.  Abis, nggak boleh dicuci, nggak boleh kena air, nggak boleh kena sinar matahari langsung, kalau disimpan harus digulung.  Pokoknya ribet deh !  Mana harganya mahal lagi.  Trus kalo dipake, gerah banget.  Tapi ingat pesan nenek, ‘Anak gadih (Minang) punyalah kain songket barang sehelai.’  Padahal mama nya irma yang ngerasa orang Padang asli nggak punya songket Padang, huehehehe.  Mama lebih suka songket Palembang.  Memang songket Palembang warnanya lebih cerah dan ngejreng.


 


‘Songketnya kapan mau dipake ?’ tanya Bu Wisda waktu irma dan Wahyudi ke rumahnya minggu lalu.  ‘Oh iya.  Songketnya belum pernah dipake ya,’ kata Wahyudi, ‘Pake lah.’  Haaa, mo pake songket ke mana ?  bingung irma ngeliat ke Wahyudi.  Sementara Bu Wisda di sebelah irma senyum-senyum dan berkata, ‘Yud, songket itu dipake untuk baralek.  Kapan irma baralek, tanya Yudi kan ??


 


Wahyudi pun speechless.  Hihihihi … emang enak, ditanyain gitu ??


 


 


 

7 comments:

  1. kain yg baru beli itu yaaaaa... ;;)
    emang kalo pake kain itu ga panas, Ma?

    ReplyDelete
  2. panas. makanya irma males pake. cuma buat melengkapi persyaratan nenek aja, hehehe

    ReplyDelete
  3. yups klo bukan qt2 yg menggunakan kain2 tradisional sapa lg dunk ... ayu jg udah memenuhi persyaratan sperti yg nenek irma bilang :)

    ReplyDelete
  4. kirain ada photonya Irma pakai songket.....

    ReplyDelete
  5. udah pernah pake songket juga kan ;)

    ReplyDelete
  6. ikuti "saran" bu Wisda, pake songket pada saat baralek. Ayo ah, jangan tunggu lama2 pakenya, keburu tertimbun oleh kain2 tradisional lainnya. Wahyudi???????? speechlessnya jangan lama2

    ReplyDelete
  7. kalau cari songket padang yang ringan, disain up-todate, dan warna eksklusif, silakan kunjungi website http://www.melvacraft.com

    ReplyDelete