Wednesday, April 25, 2007

the gift

 


... ya Allah, jauhkanlah aku dari sifat kikir, iri, dengki, tamak dan loba ....  


 


 


Hidup auditor tidak jauh dari pemberian client.  Ada client yang kasih produk buatannya.  Seperti waktu irma audit pabrik elektronik.  Pulangnya irma dikasih balast produk mereka.  Katanya dengan balast itu bisa hemat energi sampai 40%.  irma dipersilakan coba dan buktikan sendiri.


 


Audit pabrik perlengkapan masak, irma dikasih panci.  Audit pabrik pengolahan crude palm oil, pulangnya bawa minyak goreng 12 kantong.  Masing-masing satu kilogram.  Sampai bandara kena cekal petugas bea cukai di mesin x-ray.  Katanya muatan cairan sebanyak itu membahayakan penerbangan.  Jadi minyak sayur itu kita bagi-bagi sama para porter di sana.  Mereka terbengong-bengong.  Petugas bandaranya gigit jari.  Mereka nggak dapat sama sekali.  Sampai Jakarta client telpon.  Kita kasih tau minyak gorengnya nggak bisa lewat bandara.  Client heran.  Selama ini mereka lancar-lancar aja bawa minyak goreng pake pesawat.


 


Kalau boleh memilih, irma lebih suka pemberian dalam bentuk makanan.  Bika ambon, bolu Meranti, lumpia Semarang, bakpia pathuk, moci, wingko babat, kerupuk kemplang, brownies kukus.  Dibawa ke kantor.  Makan rame-rame sama teman-teman.  Itu lebih menyenangkan daripada pemberian yang disimpan sendiri.


 


Atau nggak usah ada pemberian sama sekali.  Daripada menimbulkan kecemburuan.  Apalagi kalau pemberiannya bernilai tinggi.  Di sini berita menyebar secepat api menyambar bensin.  Wuzzzzz ………….  Tau-tau aja bagian planning dapat permintaan khusus, ‘Eh, nanti-nanti aku aja ya yang audit ke sana …’


 


Sekali waktu irma audit bareng seorang rekan auditor.  Menjelang pulang dia ngomong ke client, ‘Wah, kita pulang nggak bawa apa-apa nih Pak ?’  Duh, irma maluuuu banget.  Dalam hati irma bilang pantesaan auditor tuh sakit kolesterol dan asam uratnya nggak hilang-hilang.  Rupanya kayak gini caranya dia cari makan.  Sejak itu irma nggak mau audit bareng dia lagi.  Sebisa mungkin, hindari deh satu team audit sama dia.


 


Untung client nya cepat tanggap.  Cerdik dia menjawab, ‘Bawa diri kan Pak ?  Syukur Alhamdulillah bisa pulang aman, nyaman diantar mobil kantor.  Selamat sampai di rumah, ketemu keluarga …’  Rekan itu pun speechless.  Mukanya merah.  Entah karena malu atau geram.


 


Jadi teman, kalau ada auditor bertugas ke tempat kalian, please deh jangan kasih dia apa-apa.  Selain makan dan minum yang wajar selama ia bertugas audit.  Itu udah cukup untuknya.  Oh ya, kasih juga ia data yang diperlukan untuk audit.  Biar analisanya objektif.  Kan emang tugas dia untuk mengaudit.  Auditor yang baik seharusnya memberikan masukan bernilai tambah buat clientnya.  Bukan morotin.


 


Bahkan di India, client sama sekali nggak nyediakan makanan buat para auditor.  Di sana udah biasa auditor bawa makan siang sendiri.   Bahu kanan menyandang tas laptop, tangan kiri menjinjing kotak makanan.  Beda banget sama di sini.  Di sini auditor kayak tamu agung aja.  Dijamu makan mewah.  Padahal belum tentu clientnya bisa bayar gaji karyawan sesuai UMK.


 


 


 


 

8 comments:

  1. ... ya Allah, jauhkanlah aku dari sifat kikir, iri, dengki, tamak dan loba ....
    Amiiiin


    ReplyDelete
  2. disini gue jadi auditor ga dikasih apa2 hehehe...lunch sendiri, setir sendiri dll dll...

    ReplyDelete
  3. setuju! iya, indonesia kok suka bgt menjilat, ato ngasih gift biar audit-nya 'diperbagus:)

    ReplyDelete
  4. oh gitu ya ?? pantesan di sini kalau kedatangan auditor dari luar negeri pada reseh, minta dilayanin macem-macem termasuk bir dan karaoke :((

    ReplyDelete
  5. itu auditornya ngelunjak.. laporin aja tuh.. hehehehe.. kan itu against code of conduct.. (itu klo di company gue sih) hehehe..

    ReplyDelete
  6. Kalau client ngasih sesuatu ke auditor kan bisa dianggap menyuap ya?
    Sepupuku juga jadi auditor dan dia justru di larang sama kantornya nerima apapun, bahkan makan siang/malam. Kalau ketauan nerima, sanksinya keras banget.

    ReplyDelete
  7. auditor = extra service, gift???? temen2 gw yg auditor juga mengeluh hal yg sama, mudah2an banyak auditor yg kaya irma ya...hidup auditor *winks*

    ReplyDelete
  8. ada yang bilang gitu. tapi tergantung jenis audit dan code of conduct nya.
    kalau auditor keuangan, mungkin iya emang keras banget aturannya. tapi kantor irma ini bergerak di bidang audit sistem manajemen, ya manajemen mutu (seri ISO 9000), manajemen lingkungan (seri ISO 14000), manajemen keselamatan kerja (OHSAS 18000), dan manajemen lainnya TAPI nggak pernah berhubungan apalagi ngutak-ngatik keuangan client.
    sesuai peraturan perusahaan setiap pemberian dari client (seharusnya) dilaporkan kepada manajemen kantor. manajemen akan menilai apakah pemberian tersebut dalam batas wajar atau tidak. tapi apapun dan berapa pun nilai pemberian tersebut tetap TIDAK boleh mempengaruhi objektifitas auditor. berapa kali ya, kita di sini tidak merekomendasikan client dapat sertifikat meski client marah-marah karena merasa sudah 'kasih' kita macam-macam. ya kalau emang sistem dia nggak layak ngapain dilulusin. kalau mau lulus ya usaha yang bener dong ....

    doooh, panjang banget ya komentar gw. ntar pada bosen lagi ngebacanya ...

    ReplyDelete