Sunday, April 29, 2007

Jakarta Trail - Jatinegara Meester Cornelis Senen

Link

Jakarta Trail , Minggu 29 April 2007

Jatinegara Meester Cornelis Senen

 

Pagi itu irma bangun terlambat.  Setengah tujuh baru turun dari tempat tidur.  Ih, padahal kan jam setengah delapan udah harus ngumpul di Kantor Pos Jatinegara.  Tapi itu tuh di mana ya ?  irma sms Wahyudi tanya tempatnya.  Wahyudi bilang kantor pos itu dekat gereja, pas seberang Plaza Jatinegara.  Hee, masih ada plazanya ?  Perasaan sejak dijarah massa waktu kerusuhan tahun 1998 plaza itu jadi bangunan nggak jelas peruntukannya.

 

Wahyudi bilang langsung ketemu di Jatinegara aja.  Dari Bekasi dia naik bis Patas AC 63.  Turun di by-pass lalu nyambung pake mikrolet 21.  irma bilang ok aja.  Toh dari Pasar Minggu irma tinggal naik mikrolet 16.  Kan dia muterin Gereja Koinonia.  Ini gereja yang Wahyudi maksud tadi.

 

Menjelang jam delapan Wahyudi sms.  Dia udah di kantor pos.  Lagi daftar ulang.  Jam segitu irma baru masuk jalan Otto Iskandar Dinata.  Sepuluh menit kemudian Wahyudi sms lagi.  Udah pada masuk kantor pos nih, katanya.  Iya, iya, mikroletnya juga baru lewat terminal Kampung Melayu.  Bentar lagi irma sampe.

 

irma turun di depan Gereja Koinonia.  Bareng sepasang opa-oma yang mau berangkat kebaktian.  Dari situ irma jalan kaki ke kantor pos.  Wahyudi berdiri di depan pintu masuk halaman kantor pos, melambaikan tangannya sama irma.  ‘Ada Iye juga,’ katanya setelah irma sampai.  Waktu di dalam kantor pos irma tau ternyata Iye sama Sita.  He eh, seneng deh ada yang kita kenal J

 

Rupanya acara baru aja mulai.  Lagi pembukaan dari … sapa ya, kayaknya aktifis pusaka Indonesia gitu deh !  Abis itu Asep Kambali alias Kang Udjo nerangin tentang Jakarta Trail ini.  irma nggak gitu nyimak karena irma lagi asik ngunyah-ngunyah comro yang dibawain Wahyudi.  Laper ! 

 

Wahyudi kasih aqua dan snack dari panitia.  Hei, dapat roti anak buaya juga !  ‘Jangan bilang-bilang Adep ya,’ canda Wahyudi.  Hueheheheheheheee … emang roti anak buaya dipatenkan juga, seperti Plesiran Tempo Doeloe nya Sahabat Museum ??  Hahahahahaaa, tau deh.  Persaingan bisnis.  Tapi kan kita sebagai pelanggan bisa menilai sendiri, mana yang kita butuhkan.  Kayak hari ini nih, di jam yang sama Batmus ngadain PTD Lapangan Ikada di Monas.  Karena irma merasa tema yang diusung Historia ini lebih menarik, ya nggak salah kan kalau kali ini irma pilih yang ini ??  Kan …

 

Kang Udjo bilang, peserta Jakarta Trail kali ini cuma 35 orang.  Paling sedikit dari semua acara yang pernah diadain Historia.  Umm, mungkin yang biasa ikutan lagi ada acara.  Jadi nggak bisa ikutan.  Tapi terus terang nih, jalan dalam kelompok kecil gini lebih enak buat irma.  Nggak ribet.  Trus lagi, nggak heboh.  Mungkin karena kebanyakan pesertanya cowok ya ?  Kebiasaan ikut PTD nya Batmus, perbandingan peserta cowok sama cewek tuh biasanya 1:7.  Wahyudi seneng banget kali ini dia punya temen sejenis.   Hueheheheheheee … capek ya jalan sama cewek mulu ?  Abis kalo pesertanya kebanyakan cewek nasib dia sebagai cowok jadi tukang angkut-angkut …

 

Usai acara pembukaan kita mulai jalan-jalan.  Peserta dibagi dua kelompok.  Kelompok pertama sama Kang Udjo jalan duluan.  irma dan Wahyudi gabung sama kelompok kedua.  Kelompok ini berkumpul di halaman kantor pos.  Pemandunya bercerita tentang asal mula daerah Jatinegara.

 

Nama Jatinegara berasal dari ‘negara sejati’ yang dipopulerkan Pangeran Ahmad Jayakarta saat beliau mendirikan perkampungan Jatinegara Kaum setelah Belanda menghancurkan keratonnya di Sunda Kelapa.  Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, seorang guru agama Kristen bernama Cornelis Senen mendapat izin membuka lahan di sekitar daerah yang sekarang menjadi Jatinegara.  Lahan yang dia kuasai luas banget, dari Jatinegara sampai Bogor !  Cornelis Senen ini berasal dari Lontor, Pulau Banda (ya, ya, ya, irma pernah ke sana akhir tahun lalu J).  Ia dibawa JP Coen ke Batavia pada tahun 1621.  Itu lho, setelah peristiwa pembantaian 44 Orang Kaya Banda (kalau mo tau detil cerita pembantaian ini baca deh buku ‘Sejarah Maluku’ karangan Des Alwi).

 

Pada tahun 1657 Cornelis Senen ditolak mengikuti ujian menjadi pendeta karena ia bukan orang Belanda.  Dia keturunan Portugis.  Tapi beliau tetap tekun menyampaikan khotbah baik dalam bahasa Portugis maupun Melayu.  Oleh karena itu beliau disebut Meester Cornelis.  Meester artinya ‘Tuan Guru’.  Makanya hutan jati yang ia buka di tepi sungai Ciliwung itu dikenal dengan nama Meester Cornelis. 

 

Di masa pendudukan Jepang tahun 1942, area bernama Meester Cornelis dikembalikan ke nama semula yaitu Jatinegara.  Ada juga yang bilang kata Jatinegara itu karena dulunya di sana memang banyak pohon Jati.  Oh pantesan kali ya, di sekitar Jatinegara banyak pembuat mebel dari kayu Jati.  Tapi sekarang kayu jati untuk mebel itu kebanyakan dikirim dari Jawa Tengah.  Itu pun masih muda L

 

Dari kantor pos kita naik jembatan penyeberangan.  Di seberang sana ada lapangan Urip Sumoharjo.  Katanya nih, Pak Urip dulunya pernah bersekolah di sekolah militer yang ada di Jatinegara.  Namanya selain diabadikan sebagai nama lapangan juga untuk nama komplek militer di sana. 

 

‘Hati-hati !  Yang di seberang sana pegangan tangan di tangganya udah copot !’ seru Wahyudi mengingatkan.  Makanya waktu turun di depan lapangan Urip Sumoharjo itu kita baiknya ambil sisi sebelah kanan.  Boleh aja sih di kiri.  Tapi ngeri terbuka gitu.  irma geleng-geleng kepala ngeliat pegangannya yang copot.  Jelek banget sih las-lasannya ??  ‘Nggak.  Itu pemilihan materialnya yang salah.  Gitu deh kalo pake bahan murah,’ Wahyudi menerangkan.  Euuuughhhh …. mo ngirit malah ko’it !

 

Turun jembatan penyeberangan kita ke SMP Negeri 14.  Di sana ada satu ruang kelas yang peninggalan Belanda.  Langit-langitnya tinggi.  Jendelanya cuma satu tapi besarrr banget.  Makanya kali nggak perlu kipas angin, malah berlebihan angin masuk ke dalamnya.  Tapiii … banyak nyamuk !  Seorang peserta celetuk, ‘Besok pada periksa darah ya !  Hati-hati DBD …’

 

Kang Udjo menunjukkan siku penahan atap kecil di atas jendela.  Siku itu bentuknya melengkung.  Indah.  Ia menyangga kayu yang bentuknya melengkung-lengkung juga.  Tak kalah indahnya.  ‘Seperti di rumahnya Muhamad Husni Thamrin ya,’ kata Kang Udjo.  Haa, di mana tuh rumahnya MH Thamrin ?  Kalau jalan MH Thamrin sih, tau banget …

 

Penjaga sekolah bukakan ruang guru yang ada di balik kelas berlangit-langit tinggi itu.  Begitu pintu terbuka, waaaa …. kita terkagum-kagum lihat lengkungan ambang pintu di dalam ruangan.  Begitu lampu dinyalain, kita lebih kagum lagi.  Ruangan itu cakep banget !  Mana lantainya marmer lagi.  Adeeem.  Beda banget dengan ruang-ruang kelas lain yang merupakan bangunan baru.  Baru tapi sumpek L

 

Di halaman depan gedung SMP Negeri 14 irma lihat seorang pedagang buah.  Buahnya seperti duku.  Tapi bagian dalamnya beda.  Kayaknya kecut rasanya.  Waktu ditanya pedagangnya bilang itu buah Menteng.  Heeee … baru tau ternyata Menteng tuh nama buah !  Kirain cuma nama daerah elit di Jakarta.

 

Begitu keluar dari halaman SMP Negeri 14 kita belok kiri.  ‘Hati-hati tas, dompet, hp, dan barang bawaannya ya,’ seorang panitia mengingatkan.  Kita memasuki daerah rame.  Sepanjang trotoar itu banyak orang jualan kura-kura, labi-labi, hamster, dan binatang peliharaan lainnya.  Kayaknya itu semacam traditional pet shop ya ??  Di seberang jalan irma lihat gapura bertuliskan ‘Pasar Mester’.  Oh itu toh pasarnya.  Sering dengar tapi baru kali ini irma lihat tempatnya.  Katanya di sana tempat orang belanja grosiran.  Belanja barang buat dijual lagi.

 

Kita belok kiri lagi.  Masuk jalan penuh dengan pedagang burung.  ‘Dulu aku kalau beli ayam di sini.  Dari rumah jalan kaki,’ cerita Wahyudi mengenang masa kecil.  Beli ayam, trus sampai rumah dipotong ?  ‘Nggak, buat dipelihara.’

 

Selain burung di jalan itu juga banyak orang jual aneka ikan.  Ikan mas, ikan cupang, ikan koi, lele, dll.  Lihat serombongan orang melintas – pada bawa kamera lagi !  bahkan ada juga cameraman dari televisi swasta – para pedagang itu berseru, ‘Apa-apaan ini ?  Di sini nggak ada flu burung !  Nggak ada flu burung di sini !’  Kasihan, gara-gara kasus flu burung dan perintah gubernur untuk memusnahkan aneka unggas, mereka jadi curigaan dan defensif gitu L

 

irma sempat bingung sebenarnya tujuan kita ke mana.  Seorang peserta bertanya-tanya, ‘Apa nilai sejarahnya tempat ini ?’  Masa’ irma mau jawab, ‘Di sini tempat Wahyudi waktu kecil beli ayam.  Trus dia pulang ke rumahnya jalan kaki.  Sampai rumah ayamnya dia pelihara, nggak dipotong,’ … ??

 

Ternyata, bersama Kang Udjo ada seorang anggota milis komunitas pencinta kereta api.  Adit namanya.  Dia mau kasih tunjuk jalan pintas ke stasiun Jatinegara lewat pasar burung itu.  Sementara nunggu Adit nya yang ketinggalan agak jauh di belakang rombongan, kita sempat foto satu rumah kuno.  Yang lain foto-foto, irma ngeliatin burung.  Baru tau ternyata yang namanya Perkutut itu bentuknya nggak menarik.  Warnanya coklat kusam.  ‘Tapi kelakuannya yang menarik,’ kata Wahyudi.  Lho bukannya suaranya ?  ‘Iya maksudku itu,’ ralat Wahyudi kemudian.

 

Irma lihat satu alat yang biasa dipasang di ekor burung.  Kata Wahyudi, namanya siwingan.  Warna-warni.  Ada yang terbuat dari kayu.  Ada yang dari plastik.  Lalu irma lihat burung Kakaktua jambul kuning.  Gedeee banget.  Itu Kakaktua dibawa dari Maluku ada surat-suratnya nggak  ya ?  Kasihan, dia ditaruh dalam kandang yang kekecilan buat dia.  Kepalanya mentok sampai langit-langit kandang L

 

Terus ada juga burung yang paruhnya bulat warna pink.  Burungnya ada yang berbulu putih, ada yang hitam.  Baru juga mendekati pedagangnya mau nanya itu burung apa, eh baru sadar ternyata kandang di sebelah burung lucu itu berisi … kelelawar !  Hiiii … irma langsung pergi dari sana.  Serem lihat kelelawar gitu !  Mana mereka menjerit-jerit lagi.  irma bilang ‘mereka’ ya, karena emang banyak jumlahnya dalam satu kandang itu …

 

Adit udah datang.  Kita lalu mengikuti dia menerobos satu tenda tempat berjualan yang nggak dipake.  ‘Awas kereta !  Hati-hati !  Lihat kanan kiri !’ seru orang-orang di sana.  Ternyata begitu keluar di belakang tenda itu kita langsung berhadapan dengan rel kereta.  Pas banget ada kereta melintas.  WUZZZZZ …. kenceng banget larinya.  Beberapa cameraman langsung berlari-lari mengabadikan momen itu. 

 

Di belakang tenda itu juga ada lokomotif lagi berhenti.  Beberapa peserta naik ke atasnya dan berfoto.  Setelah melihat kiri kanan memastikan rel aman kita pun jalan melintas.  Di seberang sana Dipo Jatinegara.

 

‘Ini namanya Los,’ kata Adit waktu kita sampai di dipo.  Los adalah bengkel tempat perawatan lokomotif.  Bau oli dan solar menguar di dalam dan sekitar los.  Ugh, baunya nggak enak.  irma keluarkan sapu tangan untuk menutupi hidung.  Wahyudi ketawa, ‘Hehe, kalau aku di pabrik udah biasa dengan bau begini.’  Lha iya, dia kan kerja di pabrik mesin diesel.  Terang aja tiap hari berkecimpung dengan oli dan solar …

 

‘Eh kok ada yang ngerokok sih ?’ Wahyudi baru sadar ada peserta yang masuk los sambil ngerokok.  irma perhatikan peserta itu dari tadi emang nggak berhenti-henti merokok.  Mungkin dia lihat lokomotif keluarkan asap jadi dianggapnya sama aja.  Sama-sama bikin polusi.  ‘Iya tapi kan di area sini potensi kebakaran,’ Wahyudi menunjuk tanah yang menghitam kena tumpahan oli dan solar.  Kata Wahyudi, bahkan pada saat matahari bersinar terik, rumput atau tanah yang kena tumpahan oli dan solar itu bisa terbakar dengan sendirinya.  Hiii … syerem !!

 

Seneng banget di dalam los bisa lihat banyak lokomotif.  Kita juga bisa melihat-lihat ke dalamnya.  Ada yang berfoto dengan pose seolah-olah dia lagi nyetir lokomotif.  irma jadi ingat Maya, si peri loko.  Hihihi, kalau dia ada di sini pasti udah kalap foto berbagai gaya bersama si kepala kereta ini J

 

Di los Dipo Jatinegara itu semua lokomotifnya tipe CC.  Ada CC201 dan CC203, jenis lokomotif yang biasa dipakai kereta-kereta eksekutif seperti Argo dan Parahyangan.  Adit bilang CC itu artinya lokomotif yang digerakkan oleh enam roda penggerak.  Keenam roda itu bergerak bersamaan.   

 

Selain memiliki nomor seri (yang juga menunjukkan jenis mesinnya seperti CC201 dan CC204), lokomotif juga dilengkapi dengan kode stasiun atau kode dipo.  Kode ini menunjukkan bengkel penanggung jawab lokomotif tersebut.  Adit tunjukkan beberapa kode dipo pada beberapa lokomotif di dalam los.   JNG untuk dipo Jatinegara, SMC untuk Semarang Poncol, dan SDT untuk Sidotopo di Surabaya.

 

Keluar dari los kita ketemu alat pemutar lokomotif.  Di tengah-tengah alat itu dipasang peneng bertuliskan, ‘PLETTERY DELFT - HOLLAND 1913’ .  Kebetulan saat itu ada lokomotif yang mau diputar.  Lokomotifnya jalan, naik ke alat itu, trus alatnya diputar dengan cara … didorong manual oleh orang !  Kirain berat.  Abisnya kan yang namanya lokomotif itu beratnya sampai berton-ton.  Besi semua bo’! 

 

Tapi ternyata empat orang yang dorong itu santai-santai aja.  Kang Udjo dan beberapa peserta turut mendorong.  Di belakang mereka anak-anak kecil malah bergelayutan di pegangan untuk mendorong.  Ternyata nggak berat-berat banget ya !  Kata Wahyudi itu karena di tengah-tengah alat pemutar friksinya nol.  Zero friction.  Wah, nggak ngerti deh.  irma percaya aja yang Wahyudi bilang.  Dia kan emang dulu kuliahnya di Teknik Mesin.  Terang aja lebih tau.

 

Di dekat los ada satu bangunan tua.  Tulisan di papan namanya berbunyi, ‘Listrik Aliran Atas’.  Ternyata itu gardu listrik pengatur listrik untuk KRL.  Bapak penjaganya dengan ramah mengajak kita melihat ke dalam.  Begitu masuk langsung terasa adem.  Padahal nggak ada penyejuk ruangan.  Mungkin karena langit-langitnya tinggiii banget.

 

Di sana berderet-deret panel listrik.  Masing-masing dilengkapi nama stasiun.  Jatinegara, Cipinang, Klender, dll.  Bapak penjaga buka pintu ke basement.  Gelap.  Dan tergenang air.  Di bawah sana tempat kabel-kabel.  Katanya tinggi ruangan di basement itu sekitar 3 m.  Huggg, kebayang kalau ke bawah sana bukan cuma musti bawa lampu senter tapi juga perlengkapan selam.  Dalem bangett !

 

Di gardu ini Wahyudi dapat fans karena kepandaiannya.  Cieeee ...  Di langit-langit ada katrol.  Tergantung pada crane.  Jelas itu fungsinya untuk mengangkut alat-alat berat.  Termasuk panel-panel listrik itu.  Tapi seorang peserta nggak bisa ngebayangin cara kerja katrol beserta crane tersebut.  Lamaaa banget Wahyudi nerangin.  Sampai pake peragaan dengan bolpen dan tangannya.  ‘Gimana sih, nggak pernah ke pabrik ya ?’ komentar Wahyudi karena peserta itu belum ngerti juga.  Akhirnya setelah peserta itu paham yang dimaksud ia pun menepuk bahu Wahyudi dan berkata, ‘Oh, you’re the best !’  Pffff … Wahyudi menghembuskan napas lega.  irma ketawa geli.  Hehehehe, kayaknya tadi susah banget ya neranginnya ??

 

Kang Udjo mengingatkan kita untuk segera ke Stasiun Jatinegara.  Kita lalu pamitan sama bapak penjaga gardu listrik.  Di luar, waktu melihat ke puncak bangunan gardu, kita baru lihat ornamen relief bertuliskan ESS.  Katanya itu singkatan dari Electrische Staats Spoorwegen.   Bagian dari Staats Spoorwegen yang menangani sarana dan prasarana kereta listrik.  Staat Spoorwegen (SS) adalah perusahaan kereta api milik negara.

 

Kita jalan sampai ke Pisangan Baru III.  Hihihi, ini kan udah deket banget sama rumah ortunya Wahyudi J  ‘Bentar lagi kita sampai ke sekolahnya aku,’ Wahyudi senang, ‘sekolah Papa nya irma juga.’  Hehehe, tapi ternyata kita nggak sampe ke SD Baluel itu karena keburu belok masuk Stasiun Jatinegara.  ‘Yah, kapan-kapan deh aku usulin PTD ke sana.  Biar aku jadi nara sumbernya,’ kata Wahyudi.  ‘Atau, kita ajak aja Om Eman.’  Hahahaha, kalau Om Eman sih bisa ngecablak dia ngomong tentang Jatinegara.  Nggak ada habis-habisnya.  Om Eman itu adiknya Papa nya irma.  Umurnya kira-kira sama dengan Pak Alwi Shihab yang sering nulis tentang Jakarta Tempo Doeloe.

 

Masuk pelataran Stasiun Jatinegara.  ‘Eh, udah beli peron belum nih ?’ seorang peserta mengingatkan.  Oh iya ya.  Rugi berapa nih Perumka, sekitar empat puluh orang kali peron seribu lima ratus rupiah per orang ?  Hueheheheheeee … lebih banyak lagi ruginya karena banyak orang yang naik kereta nggak bayar.  Atau, bayar ke petugas tanpa tiket.  You know lah …

 

Di Stasiun Jatinegara Kang Udjo nggak banyak cerita (atau irma nya yang nggak nyimak ya ??).  Oh iya, setelah dari SMP Negeri 14 itu kita jalan sama-sama.  Nggak dibagi jadi dua rombongan lagi.  Jadi cukup Kang Udjo aja yang cerita-cerita tentang sejarah tempat-tempat yang kita lewati.  Di stasiun ini Kang Udjo cerita kalau dulu sebelum ada kereta api, di Batavia ada trem yang ditarik oleh kuda.  Kudanya bukan satu-dua tapi banyak.  Kuda-kuda itu nggak boleh jalan keluar jalur.  Kalo nggak, trem nya bisa terguling dari track.

 

Trus kita keluar dari emplasemen (tempat penumpang naik kereta) ke ruang depan stasiun.  Bandel nih, masa’ keluar lewat pintu masuk ??  Petugas yang jaga di pintu masuk, yang biasanya jutek banget ngusirin orang-orang biar keluar lewat pintu keluar, kali itu pasrah aja.  Dengan rasa bersalah irma bilang kepadanya waktu lewat, ‘Maaf ya Pak …’

 

Kita sempat berfoto bareng di depan stasiun.  Saat itu irma udah lari ke loket pemesanan tiket kereta eksekutif, buat beli tiket ke Bandung tanggal 12 Mei nanti.  Eh tapi rombongan udah lanjut jalan lagi.  irma urung beli tiket.  Lari-lari irma nyusul mereka jalan ke gedung eks Kodim.

 

Inget banget nih, beberapa tahun yang lalu kalau lewat gedung eks Kodim 0505 itu serem banget.  Banyak premannya.  Trus gedungnya sendiri tampak suram.  Pelataran halamannya pun gelap.  Tapi kali itu kita ke sana, gedung itu udah dibersihin dari bangunan-bangunan liar yang selama ini memenuhi halaman.  Baik halaman depan maupun belakang.  Konon katanya karena gedung mau dipugar dan dijadikan Gedung Kesenian Jakarta Timur.  Horeeeee ……….. J

 

Di sini kita disambut oleh bapak penjaga gedung, perwakilan dari Kodim, dan bapak dari Dinas Kebudayaan dan Permuseuman yang pake pakaian olah raga.  Tadi waktu di SMP Negeri 14 irma lihat bapak ini naik sepeda ngikutin rombongan.  Jadi kepikiran, jangan-jangan dia ini clientnya Om Alfa dari Pelopor Adventure, yang minta dibikinin rute wisata bersepeda kota tua ??

 

Abis perkenalan dengan bapak-bapak itu, bapak penjaga ajak kita keliling gedung.  Beliau udah lima tahun bertugas di sana.  Katanya dulu di sana tinggal sekitar 29 kepala keluarga.  Sekarang mereka udah diminta pindah.  Cuma tinggal satu.  Yang satu itu lagi beresin barang-barangnya waktu kita ke sana.  Dia lagi nuntaskan pindahan.

 

Sayang kita nggak bisa lihat ke dalam gedung.  Selesai muterin bagian luar kita duduk-duduk di teras depan.  ‘Hati-hati ya, beberapa bagian langit-langitnya udah mau copot,’ bapak penjaga mengingatkan.  Iya, serem banget nih ketimpa.  Pilar nya juga ada yang udah hancur sebagian.  Mungkin karena udah ditanami tumbuhan.  Wahyudi malah sempat minta difoto bareng akar tanaman yang menjalar di tembok gedung.

 

Apa acara kita di teras itu ?  Nggak jelas.  Kang Udjo memperkenalkan bapak dari Dinas Kebudayaan dan Permuseuman.  ‘Silakan kalau ada yang mau nanya-nanya,’ katanya.  Abis itu dia … interview !  Halah, tu orang media apa nggak bisa cari waktu lain, nunggu sampai acara selesai ?  Kasihan peserta jadi terbengkalai gini.  Ada sih yang ngobrol-ngobrol sama bapak Dinas Kebudayaan dan Permuseuman, nanya-nanya tentang pelestarian bangunan-bangunan tua di Jakarta.  Tapi lebih banyak lagi yang duduk bengong nggak tau harus ngapain.  Termasuk irma.  Akhirnya irma balik lagi ke Stasiun Jatinegara.  Beli tiket.  Sebelumnya irma kasih tau Wahyudi untuk telpon irma kalau rombongan mulai lanjut jalan lagi.

 

‘Mbak, rombongan dari mana ?’ tanya mbak-mbak penjaga loket waktu irma beli tiket.  irma bilang kita dari Historia, komunitas peduli sejarah dan budaya Indonesia.  Si mbak itu manggut-manggut.  Hei, kok dia tau ya irma bagian dari rombongan ?  Kan kita nggak dikasih name tag sebagai identitas peserta Jakarta Trail.  Sebagai ganti, kita dikasih pin Historia.  Katanya nih, untuk acara Jakarta Trail berikutnya direncanakan ada pembagian pin gambar bangunan tua atau yang sesuai dengan tema acara.

 

‘Udah ?’ tau-tau Wahyudi berdiri di belakang irma waktu irma selesai beli tiket.  Lho, kok udah di sini ?  ‘Tuh, udah jalan lagi.  Pada di seberang.  Sekarang kita balik ke kantor pos,’ Wahyudi bilang.  Oh gitu.  Kita lalu nyeberang dan gabung dengan rombongan.

 

Nyusurin pertokoan Jatinegara.  Wahyudi tunjukkan toko tempat dia beli baju, beli sepatu, dan beli buku waktu kecil dulu.  Kita lewat jalan dengan papan nama ‘Pasar Lokomotif’.  Yang bikin irma heran, katanya pasar lokomotif tapi kok yang dijual burung ?  Ganti dong namanya …

 

Rombongan berbelok.  Lho, kok kita ke Jatinegara Trade Center sih ?  Oh rupanya di samping bangunan itu kita berbelok.  Masuk Pasar Lama Jatinegara.  Wahyudi mengingat-ingat toko tempat dia biasa disuruh beli obat.  Sementara irma asik lihat barang-barang yang dijual.  Lucu nih, waktu kita lewat kios yang jual aneka perangkap tikus, eh malah ada seekor tikus lari melintas.  Hihihi, ngapain dia di sana ?  Mempelajari perangkap tikus ya, biar nggak terjerat …

 

Di Pasar Lama Jatinegara ini kita bisa lihat bangunan-bangunan lama Cina.  Ciri khasnya pada bubungan atapnya yang berbentuk pelana kuda.  Ini menandakan rumah masyarakat biasa.  Umumnya dipakai sebagai tempat tinggal sekaligus toko.  Sedangkan untuk kaum masyarakat yang status sosialnya lebih tinggi, bubungan atapnya berbentuk ekor walet.  Yang kayak gini bisa kita lihat di Pecinan daerah Kota.

 

Di kawasan Pasar Lama ini juga kita sempat berhenti dan lihat-lihat satu klenteng.  Karena irma nggak tahan dengan bau dupa, irma nggak ikutan masuk.  irma berdiri di seberang klenteng, lihat bapak-bapak servis mesin jahit.  Abis gitu irma lihat-lihat gerobak dorong yang banyak dipake buat ngangkut barang-barang belanjaan dari pasar.  Lucu, ada gerobak pake peneng mobil Kijang …

 

Keluar dari jalan Pasar Lama kita belok kanan lalu jalan teruuuusss sampai Gereja Koinonia.  Di sini kita dipersilakan masuk ke bangunan kantor di belakang gereja.  Karena salah informasi, setelah duduk santai di lantai tiga kita diminta turun ke lantai dua.  Ternyata ruangan di lantai tiga itu mau dipake.  Untuk rombongan kita disediakan ruangan di lantai dua.  Enaknya, ruangan yang di lantai dua ini ada AC nya.  Pada ngadem deh.  Udah gitu disediain donat, arem-arem dan air minum lagi …

 

Seorang pengurus gereja memberikan kata sambutan.  Ia bilang, pihak gereja sendiri tidak mengetahui dengan pasti sejarah bangunan Gereja Koinonia.  Makanya dibentuklah komisi litbang untuk menelusuri dan mencari dokumen-dokumen sejarah.  Untuk periode 2005 – 2007 komisi tersebut dipimpin oleh Pak Moses Manuhutu.

 

Selanjutnya Pak Moses bercerita.  Selama ini dia mencari info dari internet, buku-buku, arsip nasional, perpustakaan DKI, perpustakaan nasional, korespondensi hingga ke Belanda, juga dari seorang pendeta di Gereja Bukit Moria.  Tapi sejauh ini belum ada bukti otentik yang didapat.  Pak Moses menunjukkan dua gambar yang diperoleh dari internet.  Satu, foto gereja Koinonia pada tahun 1923.  Yang kedua foto gereja pada tahun 1942.  Foto yang terakhir menunjukkan bangunan gereja sudah seperti yang sekarang.

 

Dulu, gereja ini namanya Bethel Kerk.  Surat tanahnya bertahun 1811.  Tapi pihak gereja pernah menemukan surat penyerahan lahan gereja tersebut dari pihak Belanda kepada Indonesia tahun 1889.   Tapi kapan sebenarnya Bethel Kerk berdiri, ini yang belum diketahui.  Belum diketahui juga gereja ini peninggalan Belanda atau Portugis.  Pak Moses bilang pihak Katedral saja baru berhasil menemukan sumber otentik mengenai sejarah Katedral setelah penelitian 21 tahun !  Di Indonesia diketahui sejarah gereja tertua adalah Gereja Sion di Kota.  Bagaimana dengan gereja Koinonia ini ya ?  Itulah yang sedang dicari tau oleh Pak Moses dan teman-teman …

 

Pak Moses bilang, selama ini ada anggapan bahwa Gereja Koinonia dibangun pada periode yang sama dengan gedung eks Kodim, yaitu sekitar tahun 1905.  Tapi Kang Udjo menyangsikan.  Karena menurut dia gedung esk Kodim itu dibangunnya pada periode 1850 – 1870, mengingat arsitekturnya yang mirip dengan museum keramik.  Sama-sama bergaya klasik neo-gotik.  Museum keramik itu kan dibangun tahun 1870.  Sedangkan Gereja Koinonia, bisa aja dibangun sekitar tahun 1915.  Karena gereja itu bangunannya bergaya art deco.  Gaya ini mendominasi bangunan di Hindia Belanda saat awal abad ke-20.  irma sendiri, melihat lengkungan Gereja Koinonia jadi ingat Stasiun Kota.  Kalau stasiun itu kan, dibangunnya sekitar tahun 1920 ya ?? 

 

Jadi selama ini, perayaan ulang tahun gereja berdasarkan apa ?  Bapak pengurus gereja bilang, selama ini mereka merayakan berdasarkan perubahan dari Gereja Bethel menjadi Gereja Koinonia.  Sebenarnya perubahan itu sejak tahun 1968.  Tapi aktenya per tanggal 1 Januari 1969.  Oh iya, Koinonia itu artinya ‘Persekutuan’.

 

Bapak pengurus gereja mengajak kita melihat bagian dalam gereja.  Seperti khasnya gereja, di dalamnya ada mimbar, ada kursi jemaat, dan tentunya ada salib.  Di belakang mimbar ada kaca patri gambar sepasang tangan sedang menangkup.  Berdoa. 

 

Di dinding samping pintu masuk gereja ada plakat dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta.  Pada tahun 2005 gereja ini memperoleh penghargaan sadar pelestarian budaya untuk pemeliharaan dan pemugaran lingkungan dan bangunan cagar budaya.  Meskipun belum diperoleh bukti otentik mengenai sejarahnya, gereja ini termasuk bangunan tua yang terdaftar di pemda.  Padahal kata Pak Moses, suatu bangunan bisa masuk dalam kategori bangunan cagar budaya bila diketahui secara otentik sejarahnya.  Waktu di gedung eks Kodim juga bapak dari Dinas Kebudayaan dan Permuseuman bilang suatu bangunan termasuk cagar budaya jika memiliki kaitan dengan sejarah kota.

 

Kang Udjo diingatkan panitia lain udah waktunya kita balik ke kantor pos.  Kita pun pamitan sama Pak Moses dan bapak pengurus gereja.  Mereka berpesan kalau kita ketemu referensi yang berhubungan dengan sejarah Gereja Koinonia agar kasih tau mereka.  Lalu kita jalan ke kantor pos.  seperti halnya kantor pos lain, di depannya ada bis surat.  Atau bahasa Belandanya ‘Brievenbus’.  Brievenbus yang di depan kantor pos Jatinegara ini tua banget.  Buatan tahun 1913.  Duh, kalau ada Ela pasti dia langsung histeris pengen foto narsis bareng bis surat (hehehe, ingat waktu kita jalan-jalan di Solo April tahun lalu  J).  Iseng irma masukin jari ke celah tempat nyemplungin surat.  ‘Pura-puranya masukin surat.  Nggak ada surat, jadi jarinya aja yang dimasukin,’ irma bilang.  Eeeh, nggak taunya di belakang irma masih banyak peserta.  Mereka pada ketawa lihat kelakuan irma.  Ih, malu deh …

 

Di dalam gedung ada yang majang jualan bertema Jakarta.  Ada gelas, lonceng, dan asbak dari keramik.  Ada pin gambar Mesjid Istiqlal, gereja Ayam.  Ada kaos tulisan ‘Sunda Kalapa, Jayakarta, Batavia, Djakarta, Jakarta’ , tulisan kode telpon Jakarta (021), Passer Baroe, Monas, dan lain-lain tentang Jakarta.  Lagi irma lihat-lihat gitu seorang panitia bertanya, ‘Mau sekalian makan ?  Udah siap nih makanannya.’  Ya terang dong mauuu banget.

 

Enak makannya.  Pake capcai, sambel goreng ati dan kentang, semur ayam, dan kerupuk.  Ada pisang juga.  Tapi irma nggak makan.  Pisangnya irma kasih Wahyudi.  Abis makan Iye dan Sita pulang duluan.  Irma dan Wahyudi masih tetap di sana.  Seharusnya sih ada pemutaran tentang kereta api di Indonesia pada tahun 1929.  Udah disiapin filmnya sama Adit dari Komunitas Pencinta Kereta Api.  Eh tapi projektor dan layarnya dipinjam L  Kang Udjo nawarin kalo ada yang bawa laptop, boleh deh ngopi.  Lhaa … siapa juga jalan-jalan gini yang ngegemblok-gemblok laptop ??

 

Lalu Kang Udjo dan seorang pengurus Bandung Trails bercerita tentang acara terdekat yang mo diadakan Bandung Trails.  Tanggal 19 Mei nanti Bandung Trails ada kunjungan ke Gua Pawon di Padalarang.  Itu gua purbakala.  Nanti peserta kumpul di ITB.  Dari situ baru ke Gua Pawon.  Lalu mereka bercerita juga tentang Archipelago Trails.  Katanya untuk acara ini Bandung Trails bakalan bikin acara jalan-jalan seperti Bandung Heritage Walks yang pernah irma dan Wahyudi ikuti tahun lalu.  Tapi ditambah mengunjungi pabrik kopi Aroma.  Pabrik kopi paling ngetop di Bandung sejak zaman dulu.  Dengar itu Wahyudi langsung mengacungkan kedua jempol, ‘Kopi Aroma, mantap !’

 

Tapi irma nggak terlalu nyimak.  Badan irma mulai meriang.  Ugh, gini deh kalau badan kena perubahan temperatur yang ekstrim.   Di luar panas terik.  Begitu masuk ruangan langsung dingin kena AC.  Panas.  Dingin.  Panas.  Dingin.  Badan irma jadi nggak enak.  Wahyudi malah ketawa lihat irma lesu gitu.  ‘Hahaha, badan kamu lagi di heat treatment ya ?’  Iya.  Tapi kalau besi di heat treatment kan jadi harden (makin keras struktur karbonnya), irma malah cracking (retak).   Ugh, nggak enak banget.  Pulang yuk.  irma perlu teh panas …

 

 

(referensi :  dari hand-out Jakarta Trail Jatinegara Meester Cornelis Senen dan Majalah KA, majalah komunitas pencinta kereta api)

 

 

3 comments:

  1. Duuh sayang banget nani ga bisa ikutan keliling kampoeng sendiri :(

    ReplyDelete
  2. ngintil wahyudi aja, dia dengan senang hati jadi narasumber. kan dia juga asli kelahiran jatinegara :D

    ReplyDelete