Thursday, November 15, 2007

KM Bukit Siguntang

 

 

 

'Arghh gilaaa ........... kapalnya gede baaanget ya !’

 

Seruan Bing membangunkan irma.  duh, pusing nih.  Baru tidur jam dua belas malam.  Setelah Ela dan Dianty masuk kamar mereka, irma nggak langsung tidur.  irma masih duduk di depan kamar, mengingat-ingat kejadian yang kita alami sejak datang ke Ambon lima hari sebelumnya.  Biasalah, untuk bahan tulisan.

 

Terhuyung-huyung irma berjalan keluar kamar.  Tepat di hadapan irma KM Bukit Siguntang sedang berlabuh di pelabuhan sebelah hotel.  Hujan turun lumayan deras.  Tapi itu tidak mengendurkan aktifitas orang naik-turun ke atas kapal dan bongkar muat barang.  Cahaya lampu membiaskan titik hujan.  Indah sebenarnya.  Tapi irma lagi dalam kondisi nggak bisa menikmatinya.  Ya baru tidur satu jam gimana irma nggak kleyengan ??!

 

Lenny sang Ibu Komandan memerintahkan kita untuk segera siap-siap naik ke atas kapal.  ‘Lebih baik kita menunggu di atas kapal daripada nanti terburu-buru naik,’ ujarnya.  Mungkin dia agak cemas.  Barusan terdengar pengumuman bahwa kapal akan berlayar satu jam lagi. 

 

Woi, sabar Len.  Tiket kita masih dipegang Pak Umar.  Semalam waktu kasihkan tiket ke Ela, Pak Umar tanya apakah kita mau urus sendiri kunci kamar di atas kapal nanti atau dibantuin Pak Umar.  Ya jelas kita pilih yang terakhir.  Baik irma maupun Ela belum pernah naik kapal penumpang.

 

Setengah jam menjelang keberangkatan.  Pak Umar datang membawa tiga anak kunci.  Kita lalu ngekor di belakangnya, naik ke atas kapal.  Agak susah naiknya.  Kenapa sih anak tangganya harus cembung begitu ?  Kan pijakannya jadi nggak berasa pasti gitu.  Mana masih hujan lagi.  Untung kita nggak banyak bawa barang.  Masing-masing cuma bawa satu ransel.

 

Kita dapat kamar di dek 6.  Kamar pertama untuk Ela, Lenny, Dianty, dan Bing.  Abis gitu kita pindah ke koridor lain.  Berikutnya kamar untuk Arini, irma, Wahyudi, dan Mas Fahmi.  Abis naruh tas di kamar irma mengikuti Pak Umar mengantar Pak Adhi ke kamarnya di koridor yang lain lagi.  ‘Kenapa sih kok saya dipisahin terus ?’ protes Pak Adhi.  Lho, bukannya dapat perlakukan eksklusif ?  Di hotel Mutiara di Ambon dan hotel Maulana di Banda Naira juga kan Pak Adhi dapat satu kamar sendiri.

 

Beres urusan kamar kita Pak Umar pamitan.  Makasih ya.  irma lalu kembali ke kamar yang pertama.  Ngajakin Bing ke kamar irma, biar dia tau.  Jadi kalau ada apa-apa kita bisa saling mengunjungi.  irma juga nunjukin kamar Pak Adhi ke Bing.

 

Abis gitu irma balik ke kamar.  ‘irma tidur di mana ? Atas, bawah ?’ tanya Wahyudi.  Arini udah pilih tempat di atas.  Mas Fahmi jelaslah di bawah.  Ngg ... baiknya gimana ya ?  ‘irma kan suka terantuk-antuk kalau jalan.  Kalau gitu di bawah aja ya,’ kata Wahyudi.  Ah tapi kalau di bawah irma males kena hilir mudik orang jalan.  Jadi irma pilih di atas.  Tepatnya di atas tempat tidurnya Mas Fahmi.  Dengan demikian berarti Wahyudi tidur di tempat tidur di bawah Arini.

 

irma langsung tidur.  Terbangun karena dengar pengumuman waktu Subuh dan ajakan sholat Subuh berjamaah di mushola di dek 7.  Ah irma sholat di kamar aja ah.  Selesai sholat irma tidur lagi.  Terbangun karena Mas Fahmi masuk.  Rupanya tadi ia sholat di mushola.

 

‘Mau lihat sunrise ?’ tanya Mas Fahmi.  Mau !  Mau !  Mas Fahmi mengajak irma dan Wahyudi ke geladak.  Wuih, untung ada Mas Fahmi yang udah biasa naik kapal.  Bingung nih nyari jalannya.  Masa kita di dek 6 mau ke dek 7 harus turun dulu ke dek 5, terus keluar, dua kali naik tangga, baru deh nyampe di luar dek 7 !

 

Kita berdiri di buritan.  Matahari baru mulai muncul.  Ternyata di udara yang bersih tanpa polusi gitu matahari malah nggak kelihatan jelas.  ‘Kalau di Jakarta, kamu justru bisa melihat matahari berbentuk bulat sempurna,’ papar Mas Fahmi.  ‘Itu akibat partikel polusi di udara.’  Oh gitu.

 

Mas Fahmi mengajak ke haluan.  Wuih, di sini anginnya kenceng banget !  Ya iya lah, kita kan di kapal bagian depan.  Nggak banyak orang di sini.  Kita berdiri di bagian tepi biar nggak kena angin terlalu keras.

 

irma berharap ada Lumba-Lumba berenang melompat-lompat di samping kapal.  Mama bilang Lumba-Lumba sering begitu.  Tapi kali itu nggak ada Lumba-Lumba mengiringi kita.  Kita malah sering melihat ikan terbang muncul dari dalam air.  Terbang sebentar di permukaan, lalu masuk kembali ke dalam air.  ‘Itu ikan Indosiar,’ kata Mas Fahmi.  Hahaha, gara-gara jadi simbol satu TV swasta, orang malah jadi lupa nama asli ikan terbang.

 

Mas Fahmi kembali ke kamar.  irma dan Wahyudi masih menikmati sunrise.  Eh, ada pelangi !  Meski cuma sepotong – bagian kakinya aja – tapi jelas ia terlihat.  Senang sekali irma melihatnya.  Geee .......... perjalanan ke Ambon kali ini irma banyak dapat pemandangan indah.  Lihat ikan paus menyemburkan air di Pantai Kota, lihat sekawanan Lumba-Lumba berenang melompat-lompat di Banda, dan kini irma melihat pelangi J

 

Abis itu kita kembali ke kamar.  Mas Fahmi tidur.  Demikian juga Arini.  irma mandi.  Tadi irma sempat tanya ke Mas Fahmi, betul nggak sih kalau di kapal tuh air tuk mandi dijatah hanya ada pada jam-jam tertentu ?  Mas Fahmi bilang kalau dulu zamannya KM Tampomas emang begitu.  Kalau sekarang sih, air terus ada.

 

Selesai mandi irma nggeletak di tempat tidur.  Wahyudi di tempat tidur bawah asik baca.  Sekitar jam tujuh diumumkan para penumpang kelas 1 dan 2 untuk ke kantin buat sarapan.  Wah, pas banget nih.  Udah kelaparan dari tadi.  irma lalu mengajak Wahyudi, Arini dan Mas Fahmi siap-siap sarapan.

 

‘Nggak boleh pake sandal lho,’ Mas Fahmi melirik Arini yang pakai sandal jepit.  Haa, beneran nih ?  irma juga panik.  irma nggak pake sandal jepit, tapi irma pakai sandal gunung.  Kalau kayak gitu boleh nggak masuk ke kantin dan sarapan ?

 

‘Aku nggak tau.  Kita coba aja,’ santai Mas Fahmi menjawab.  Akhirnya biar terlihat agak rapi irma pakai kaus kaki.  Deg-degan juga waktu masuk kantin.  Khawatir nggak dikasih masuk.  Kan nggak lucu kalau nanti kita ‘diusir’ hanya karena pakai sandal !

 

Ternyata nggak apa-apa !  irma menghela napas lega.  ‘Tadi diumuminnya cuma berpakaian rapi, nggak ada perintah harus pake sepatu,’ Wahyudi bilang.  Yah untung sekarang nggak apa-apa.  Tapi kan nggak tau nanti-nanti gimana.  Betul juga ajarannya Papa, lebih baik kita selalu tampil rapi.  Biar orang pun segan sama kita.

 

Pelayan mengangsurkan tempat nasi.  Kita dipersilakan mengambil sendiri porsi nasi yang diinginkan.  Seorang pelayan lain menuangkan teh atau kopi.  Setelah itu mereka pergi meninggalkan kita di meja makan.  irma dan Arini terbengong-bengong.  Haa, udah nih, cuma segitu aja ?  Lauknya cuma empat butir telur balado yang di meja itu ??

 

‘I’ve told you,’ Mas Fahmi mulai menyendokkan nasi ke dalam mulut.  Hoaa ...... kirain ada lauk lain.  irma berharap ada sup panas.  Ternyata ... hiks L

 

Selesai makan kita kembali ke kamar.  irma lanjut tidur.  Terbangun karena ada pengumuman bahwa kapal telah memasuki Teluk Ambon.  Diperkirakan kita akan berlabuh di Pelabuhan Yos Sudarso jam 11 siang.  Nggak berapa lama pintu kamar kita diketok.  Ternyata Ela, Bing, Lenny dan Dianty datang berkunjung.  Sejak masuk kamar mereka tiduuuur terus.  Jadi mereka melewatkan sarapan.  Haha, untung deh nggak ikut sarapan.  Daripada sakit hati !

 

Berempat mereka naik ke geladak.  Wahyudi turut dengan mereka.  Mas Fahmi abis makan tadi nemenin Pak Adhi keliling-keliling kapal.  irma dan Arini tinggal di kamar.  Tidur lagi.  Kemudian terbangun karena ada pengumuman satu jam lagi kita akan berlabuh.  Para penumpang kelas 1 dan 2 diminta untuk mengembalikan kunci kamar.  irma bergegas telpon Wahyudi, kasih tau yang lain untuk kembali ke kamar.  Begitu memasuki Teluk Ambon tadi handphone kita langsung pada aktif.  Udah dapat sinyal.

 

Ealah, ternyata mereka pada makan bakso di dek 5 !  Tadinya irma dan Arini mau nyusul ke sana.  Tapi kita malah kesasar-sasar.  Ya udah, irma telpon Wahyudi aja.  Kasih tau dia kalau kita nunggu di kamar.  Nggak berapa lama Wahyudi datang.  Juga Mas Fahmi.

 

Beneran, jam 11 kita berlabuh.  ‘Perhatian, kapal siap sandar kanan,’ terdengar pengumuman itu.  ‘Kapal memang selalu sandar kanan.  Nggak ada tangganya dia di kiri,’ papar Mas Fahmi.  Oh gitu ya.  Pantas tahun lalu waktu melihat KM Bukit Siguntang ini akan berlabuh di pelabuhan Banda Naira, ia harus berputar dulu.  Rupanya karena sandar kanan itu ya.

 

Seorang kuli mengetuk kamar kita, tawarkan jasa.  Nggak usah.  Bawaan kita nggak banyak kok.  Kita bisa angkut sendiri.  Sesuai kesepakatan kita bersembilan ketemu di dekat pintu dek 5.  Lalu bersama-sama turun dari kapal.  Di luar langit terang benderang.  Horeee ...... hari cerah !  Tapi kayaknya males banget hari ini tuk jalan-jalan.  Pengen segera ke hotel, check-in, lalu lanjut tidur.

 

 

 

 

2 comments:

  1. duh..dah lama banget ga pernah naek Bukit Siguntang. padahal dulu kalo libur kuliah selalu naek ini kapal, ga pernah mo naek pesawat karena kalo di Kapal pasti ketemu teman-2 entah itu sewaktu di SD-SMA atau teman-2 nongkrong waktu masih di Ambon. Sekarang bahkan ke Tj. Priok /pelabuhan kapal aja udah ga pernah he..he..

    ReplyDelete
  2. paling seru emang kalo naek kapal ... terakhir gw naek kapal th 93-an (kalo gak salah) waktu itu rombongan sama keluarga besar dan kita nge-block area depan klinik karena kapal penuh.
    paling seru kalo mau mandi dan ngantri, biasanya 'nebeng mandi di kamar orang lain ato di kabin awak kapal ;)

    ReplyDelete