Friday, November 16, 2007

Makan enak di Moluccas

 

Bisa dibilang Maluku tuh surga untuk penggemar seafood.  Gimana ya, segala jenis budidaya hasil laut ada di sana.  Waktu makan di RM Tantui Seafood irma lihat berbagai jenis ikan yang hidup di perairan Maluku.  Kebanyakan dari mereka baru kali itu irma lihat.  Selama ini kan yang irma temui di meja makan adalah ikan kembung, tuna, kakap, tongkol, dan yang paling sering ikan sarden.  Di rumah makan tersebut irma bisa lihat gambar ikan tatihu, tuna sirip kuning, kerapu sunu, sikuda, bobara, kawalinga, dan garopa atau kerapu bebek yang sisiknya totol-totol kayak pake baju polkadot. 

 

Seminggu di Ambon - dan Banda Naira – hampir tiap hari kita makan ikan bakar.  Nggak masalah buat irma karena irma memang penggemar ikan.  Kayaknya kampanye ‘Mari makan ikan !’ dari Departemen Kelautan dan Perikanan sukses banget pengaruhnya sama irma.  Kalau disuruh milih antara hidangan daging sapi, ayam, dan ikan, pasti irma pilih ikan.  Meski dulu pernah nggak berani makan ikan laut karena tiap kali makan seafood badan langsung gatal-gatal.  Setelah banyak baca dan cari info, ternyata pemicu alerginya adalah ikan laut yang tidak segar.  Jadi kalau makan seafood di dekat sumbernya seperti Ambon gini ya, ya nggak usah khawatirlah.  Kan pasti masih segar tuh ikannya.  Kalaupun ternyata alerginya kambuh juga, ya minum Incidal aja, hehehehe.

 

Biar nggak bosan tiap hari kita makan di tempat yang beda dan jenis ikan yang beda juga.  Hari pertama di RM New Ratu Gurih kita pesan ikan sikuda.  Besoknya di RM Tantui Seafood kita makan ikan garopa.  Lalu besoknya lagi di RM Dede’s kita pilih ikan bubara.  Karena pelayan di sana merekomendasikan ikan lema – dia bilang ikan itu banyak yang pesan – kita makan itu juga.  Dan ternyata memang enak !  Kesimpulannya cuma ada dua rasa dari makanan yang kita santap tiap hari.  Enak dan enak bangetttt.

 

Makan ikan bakar kalau nggak pake sambal, pasti kurang sedap ya.  Di Ambon ada macam-macam sambal yang disediakan kalau kita pesan ikan bakar.  Ada sambal kacang campur terasi dan kecap, sambal dabu-dabu, dan colo-colo yang suegeerrrr banget.  Pertama kali nyicip sambal colo-colo irma langsung bilang, ‘Wah, sambal ini cocok banget buat ngilangin kantuk !’ 

 

Selain makan ikan kita juga makan hasil laut lainnya seperti cumi dan udang.  Biasanya kita minta cuminya dibakar atau goreng tepung.  Sedangkan udang dimasak pake cabe.  Untuk sayurnya kita selalu pesan tumis bunga pepaya.  Sejak pertama kali nyicip sayur ini irma dan Bing langsung terpikat.  Enak banget sih.  Tiap kali makan kita selalu pesan sayur tumis bunga pepaya.  Dan tiap kali pesan selalu kita berdua rebutan.  ‘Hei, jangan diabisin dong !’ atau ‘Udah tumis bunga pepayanya taruh sini aja ya deket gw,’ gitu irma atau Bing bilang.

 

Tiap hari makan enak tapi makan paling dahsyat yang kita alami adalah waktu di Banda Naira.  Siang kita makan nasi kuning khas Banda yang enaaaaakkkk banget.  Malamnya dihidangkan ikan bakar cakalang, ikan selir, tuna, sup ikan, dulang-dulang (salad khas Banda), terong bumbu kenari, plus sambal bekasang yang juga dibuat dari ikan.  Jangan tanya rasanya kayak apa karena ungkapan ‘Enak bangeeeeetttttt !!!!’ , ‘Nikmat’ , ‘Lezat’ , nggak bisa lagi menggambarkan rasa semua makanan itu.  Benar-benar surga !

 

Usai makan kita disuguhi minuman teh halua.  Terbuat dari campuran jahe, gula merah, sereh, dan kenari.  Rasanya hangat tapi nggak sepanas bandrek.  Pas banget buat irma.  Karena justru irma kurang suka bandrek dan wedang jahe.  Untuk irma, kedua minuman itu terlalu pedas.  Enak banget minum teh halua sambil duduk di tepi laut, dengar suara ombak.  Udah capek jalan seharian, lihat pemandangan, makan kenyang, benar-benar berasa puas.  Pantas Pak Adhi merasa perlu ia menghisap cerutu.  Tapi begitu dia keluarin cerutu irma langsung hengkang dari sana.  Huahh, irma paling nggak suka asap hasil bakar tembakau entah itu rokok atau pun cerutu !

 

 

 

 

 

6 comments:

  1. Ambon sebetulnya enak, didepan teluk luas begitu. Keren...

    ReplyDelete
  2. Berapa biaya cost kesana bolak balik setahun terkahir ini ? (pesawat dan macem 2 nya semua). Kalo ada review nya menarik juga sih.

    ReplyDelete
  3. kemarin rombongan 9 orang, pergi pake Lion Air, balik pake Batavia, di Ambon nginap di hotel Mutiara 6 malam, di hotel Maulana Banda Naira semalam, makan dan donasi tuk tempat-tempat wisata selama di Ambon dan Banda Naira, plus Merpati ke Banda Naira dan KM Bukit Siguntang, jadinya biaya per orang 3.35 juta rupiah. untuk jalan-jalan keliling Ambon kita dapat pinjaman mobil dari teman yang orang sana :)

    ReplyDelete
  4. emang Mbak Irma paling jago kalo ngasih liputan...TOPBGT dch...

    ReplyDelete